Tumor Paru Dan Gejalanya

Tumor Paru Dan Gejalanya

Tumor paru-paru atau dalam stadium ganas biasa disebut kanker paru-paru adalah sebuah penyakit dimana terjadi pertumbuhan sel kanker yang tak terkendali dalam paru-paru.

Penyakit tumor paru ini tergolong penyakit yang sangat mematikan dan dapat menjangkiti pria maupun wanita.  Mengenali gejala atau tanda-tanda seseorang diduga terkena tumor paru sangat penting sebab hal ini bisa menjadi indikasi awal apakah seseorang benar terkena tumor paru-paru atau tidak.Yang perlu diketahui juga, penderita tumor paru umumnya adalah perokok.

Tumor Paru berasal dan terjadi pada satu atau kedua paru. Umumnya bermula di satu paru kemudian melakukan penyebaran ke kelenjar limfa serta jaringan paru lain misalnyaPlera bahkan paru yang satunya Penyebaran(Metastase) sering dan cepat mengenai tulang, otak, hati, serta jaringan lain karena paru memiliki akses langsung kesirkulasi besar/Sistemik

Tumor paru jinak bisa disebabkan karena infeksi, cairan terlokalisir, keradangan. Dengan pengobatan yang tepat, beberapa tumor paru jinak bisa hilang dengan sempurna. Oleh sebab itu, sering disebut sebagai pseudotumor. Pada kasus yang lain, tumor paru jinak bisa menetap  dan tidak menimbulkan gejala apapun.

Tumor paru ganas, biasa disebut Broncogenic Carcinoma, secara umum dibagi menjadi dua yaitu Non-small Cell Carcinoma dan Small Cell Carcinoma. Pembagian ini penting, karena kelompok Non-Small Cell Carcinoma pada stadium awal, intervensi pembedahan masih dapat dilakukan. Non-Small Cell Broncogenic Carcinoma sendiri dibagi menjadi  sembilan jenis berdasarkan jenis sel ganas penyusunnya.

tumor paru dan gejalanya

tumor paru dan gejalanya

 

Masyarakat awam, menyebut tumor paru ganas sebagai kanker paru.

Tanda-Tanda Tumor Paru

Gejala kanker paru bervariasi, tergantung pada beberapa hal seperti besar-kecilnya tumor paru, letak tumor paru dalam sistem pernapasan dan komplikasi akibat adanya tumor paru seperti adanya cairan  dalam rongga dada atau penekanan struktur organ dalam rongga dada.

Gejala bisa tidak spesifik yang akhirnya memperlambat diagnostik. Gejala bisa berupa batuk, penurunan berat badan, sesak, batuk darah, nyeri dada dan suara serak.

Pengidap tumor paru biasanya mengalami sesak nafas saat beraktivitas. Jika seseorang mengalami gejala sesak nafas yang tak kunjung sembuh, bisa jadi orang tersebut terindikasi mengidap tumor paru-paru.

Tanda lainnya seseorang terkena jenis penyakit tumor ini adalah ketika seseorang sakit batuk yang tak segera sembuh. Jika seseorang mengalami batuk secara terus-menerus sampai lebih dari seminggu, hal ini perlu diwaspadai.

Sebab tak menutup kemungkinan orang tersebut terkena tumor paru-paru. Batuk yang berkepanjangan merupakan indikasi awal yang bisa mengarah pada terjadinya tumor jenis ini. Gejala awal lainnya seseorang mengidap tumor paru adalah ketika sering merasakan nyeri di dada.

Menurut penelitian, pada umumnya orang yang terkena tumor ini diawali dengan keadaaan tersebut. Di samping itu, gejala lainnya adalah mudah merasa lelah dan nafsu makan yang menurun.

Jika Anda, sahabat Anda atau anggota keluarga Anda mengalami gejala-gejala di atas, kemungkinan mereka sedang terkena penyakit tumor paru. Segera memeriksakan diri pada dokter dan cepat mengambil langkah-langkah penyembuhan adalah solusi yang harus segera ditempuh agar penyakit ini bisa diobati sejak dini.

Pengobatan Tumor Paru

Secara medis, langkah pengobatan pada penderita tumor paru biasanya mempertimbangkan seberapa tumor paru yang sedang menjangkiti dan kondisi pasien. Jika tumor tersebut baru menyerang pada bagian paru saja, biasanya dokter akan melakukan operasi untuk mengangkat tumor yang ada di organ tersebut.

Operasi pada tumor paru ada banyak macamnya. Ada yang dinamakan thoracotomy yaitu operasi pengangkatan tumor melalui dinding dada. Jenis operasi tumor paru lainnya adalah sternotomy, yaitu proses penghilangan tumor melalui dada.

Di samping itu, dokter juga bisa melakukan operasi yang disebut Anterioaxillary Thoracotomy (AAT) atau Posterolater Thoracotomy (PLT). AAT merupakan operasi melalui dada depan.

Sedang PLT merupakan operasi lewat dada bagian belakang. Dokter akan memilih jenis operasi yang dilakukan tergantung kebutuhan dan kondisi dari pasien penderita tumor paru.

Penanganan medis lainnya terhadap penyakit tumor atau kanker paru ini adalah dengan menggunakan operasi sinar X. Pada operasi ini, sinar laser akan ditembakkan pada bagian paru yang terkena tumor. Dengan demikian diharapkan tumor tersebut dapat disembuhkan.

Namun demikian, operasi medis tersebut memiliki kelemahan. Menurut sebuah penelitian, penderita kanker paru yang bisa disembuhkan lewat operasi biasanya hanya akan mampu bertahan dalam lima tahun. Sehingga, tetap dibutuhkan upaya alternatif untuk mengobati tumor paru ini.

 

Tumor Paru Dan Gejalanya

This entry was posted in Obat Kanker Tradisional and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*