Tumor Jinak Dan Pengobatannya

Tumor Jinak Dan Pengobatannya

Tumor jinak sering dikatakan tidak berbahaya karena tidak sampai berkembang menjadi kanker. Namun demikian, penyakit ini tetap tidak bisa dianggap enteng karena dapat berakibat fatal pada kesehatan tubuh.

Sifatnya yang jinak membuat penderitanya acap kali kurang tanggap melakukan pengobatan. Padahal semakin cepat penyakit tumor jinak diobati, akan semakin baik hasilnya.

tumor jinak dan pengobatannya

tumor jinak dan pengobatannya

Tumor jinak biasanya dikelilingi oleh permukaan luar yang menghambat pertumbuhannya sehingga tak sampai berkembang menjadi tumor ganas. Namun pada beberapa kasus, tumor jinak dapat berkembang menjadi tumor yang ganas.

Perubahan tersebut ada yang disebut dengan tubular adenoma, yaitu jenis umum dari polip kolon yang merupakan tanda timbulnya kanker kolon. Sel pada adenoma, seperti pada umumnya tumor yang berkembang menjadi kanker, menunjukkan secara jelas tidak normalnya bentuk perkembangan sel. Hal seperti ini lah yang dimaksud dengan displasia.

Ketidaknormalan sel tersebut tidak ditemukan pada tumor yang tidak potensial berkembang menjadi kanker (tumor jinak). Sebaliknya, fenomena tersebut kerap ditemui pada kasus tumor yang meningkat menjadi kanker.

Sifatnya yang jinak membuat penderitanya acap kurang tanggap melakukan pengobatan, terutama kaum hawa. Padahal tumor jinak banyak tumbuh di kelenjar susu perempuan.

Baik jinak atau ganas, penyakit tumor tidak dapat diremehkan. Ini adalah tanda bahwa tubuh mengalami perubahan patologis. Jika didiamkan sel-sel yang mengalami perubahan ini akan terus berkembang biak sehingga merusak semua jaringan tubuh, dan berujung pada kanker, seperti yang ditulis Genius Beauty.

Yang membedakan tumor jinak dengan ganas adalah, tumor jinak tidak menyebar ke organ tubuh lainnya. Meski begitu, dalam dunia medis, tumor jinak dianggap sebagai kondisi prakanker.

Penyakit ini biasanya disebabkan karena adanya perubahan genetik dalam tubuh. Seperti paparan bahan kimia di lingkungan rumah atau tempat kerja (rokok, asap dan polusi udara), dan virus bisa memicu seseorang menderita tumor jinak.

Perkembangan dari sel tumor relatif sangat lambat dan tidak berpindah-pindah ke tempat yang lain. Dengan kata lain, tumor hanya berdiam diri di satu tempat saja dan tidak bisa pindah keman-mana. Oleh karena itu, tumor termasuk tidak begitu berbahaya jika dibandingkan dengan penyakit kanker.

Meskipun demikian penyakit tumor jinak tidak bisa dianggap remeh begitu saja oleh seseorang. Seseorang yang terlalu menganggap remeh sesuatu pasti akan menuai hasil yang tidak diinginkannya.

Ada sebuah perbedaan yang cukup mendasar antara penyakit tumor ganas dan tumor jinak. Tumor ganas berkembang dengan sangat cepat dan menyebar kemana-mana. Tumor ganas biasa disebut juga dengan penyakit kanker. Sedangkan tumor jinak hanya pada satu tempat dan berkembang dengan sangat lambat.

Tumor jinak pun perlu diwaspadai jika area yang digunakan untuk tumbuh berada di bagian yang vital bagi manusia. Sebagai contoh adalah bagian leher yang merupakan bagian penting untuk bernapas dan masuknya asupan makanan. Oleh karena itu, ketika muncul sebuah benjolan di daerah berbahaya atau tidak segera lakukan pemeriksaan ke tenaga medis.

Gejala dan Tanda Tumor Jinak

Tumor jinak biasanya diawali oleh hal-hal yang dianggap sepele seperti rasa gatal-gatal dan susah buang air. Gejala-gejala sepele tersebut jika tak diwaspadai bisa jadi menjadi isyarat munculnya tumor jinak.

Tanda lainnya adalah sakit pada bagian yang ditekan. Ketika suatu bagian tubuh yang diduga terserang kanker ditekan dan menimbulkan sakit, hal ini perlu juga dicurigai.

Semua tanda dan gejala di atas bisa jadi ada kaitannya dengan tumor jinak. Namun tidak perlu terlalu takut. Asalkan Anda mengobati tumor jinak secepat mungkin, penyakit tersebut dapat sembuh.

Pengobatan Tumor Jinak

Seperti disebutkan di awal, sebaiknya pengobatan dilakukan sedini mungkin. Saat seseorang merasakan gejala-gejala di atas, sebaiknya segera memeriksakan diri dan melakukan pengobatan.

Tindakan medis yang dilakukan untuk menyembuhkan tumor jinak biasanya hanya sampai operasi. Jadi tidak sampai pada tindakan kemoterapi dan radioterapi. Jika operasi berhasil, tumor yang telah berhasil diangkat biasanya tidak akan kembali lagi jika penderita menerapkan pola hidup sehat.

Tumor Jinak Dan Pengobatannya

This entry was posted in Obat Kanker Tradisional and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*