Tumor Ganas Dan Cirinya

Tumor Ganas Dan Cirinya

Mendengar nama “Ganas”nya saja sudah membuat kita merinding. Ya, penyakit tumor ganas memang sangat ditakuti semua orang. Tumor ganas adalah benjolan yang sifatnya ganas, merusak, pertumbuhan selnya sangat cepat dan dapat berpindah tempat (metastasis). Sel kanker disebut ganas karena sifatnya yang merusak jaringan dan organ disekitarnya sehingga menimbulkan rasa nyeri bagi penderita. Tumor ganas dapat menyerang hampir ke seluruh bagian tubuh misalnya payudara, rahim, prostat, wajah, mulut, dll.

tumor ganas dan Cirinya

tumor ganas dan Cirinya

Penyakit Tumor ganas disebut kanker. Kanker memiliki potensi untuk menyerang dan merusak jaringan yang berdekatan dan menciptakan metastasis. Tumor jinak tidak menyerang tissue berdekatan dan tidak menyebarkan benih (metastasis), tetapi dapat tumbuh secara lokal menjadi besar. Mereka biasanya tidak muncul kembali setelah penyingkiran melalui operasi.

Sel-sel yang seharusnya sudah menjalani masa “pensiun” dan digantikan sel baru, menolak melakukannya dan justru menyerang sel-sel normal tersebut.

Akibatnya, terjadi ketidaknormalan dalam organ karena sel-sel kanker tersebut menimbulkan kerusakan dalam tubuh. Untuk mengenal kanker dengan baik, sebaiknya Anda mengenali ciri-ciri kanker agar Anda dapat memahami bagaimana mekanisme dan cara kerja sel kanker dalam mempertahankan diri dan menyerang sel lainnya. Berikut ciri-ciri kanker yang sangat ganas itu.

Normalnya, dalam tubuh kita ada sebuah sinyal anti-pertumbuhan. Sinyal anti-pertumbuhan tersebut memberikan tanda pada sel yang sudah waktunya berhenti untuk tumbuh, akan tetapi sinyal tersebut tidak dipedulikan oleh sel kanker.

Tumor Ganas– Sel kanker terus tumbuh secara tidak terkendali yang membuat kesehatan dan keseimbangan organ menjadi terancam. Inilah ciri-ciri kanker yang pertama. Ketidakpedulian sel kanker terhadap sinyal anti-pertumbuhan telah membuatnya sangat berbahaya dan mengancam stabilitas tubuh.

Tumor Ganas- Di samping tidak peduli terhadap sinyal anti pertumbuhan, sel kanker juga mampu membuat hormon pertumbuhan sendiri. Ini yang membuat sel kanker begitu angkuh sehingga sulit dikendalikan dan tidak mempedulikan aturan dalam tubuh.

Tumor Ganas- Kemampuan sel kanker untuk membuat sinyal pertumbuhan sendiri merupakan ciri-ciri kanker yang kedua. Ciri kanker ini menunjukkan bagaimana otonomi sebuah sel dalam berbuat seenaknya sendiri, tanpa mengindahkan sistem dan mekanisme dalam tubuh manusia.

Tumor Ganas- Ciri-ciri kanker yang ketiga yaitu sel kanker tidak peduli pada apoptosis.  Apoptosis adalah mekanisme alami dalam tubuh agar sel mati pada waktunya. Tapi hal itu tidak dipatuhi oleh sel kanker. Sel kanker membangkang dan tidak mematuhi mekanisme apoptosis. Sel kanker terus membelah dan tumbuh.

Untuk tumbuh, sebuah sel membutuhkan asupan nutrisi. Pada sel normal, mekanisme itu berlangsung secara wajar melalui saluran yang ada. Tetapi tidak demikian halnya dengan sel kanker yang mampu mendapatkan nutrisi sendiri demi menjamin pertumbuhannya.

Tumor Ganas- Cara menyimpang yang dilakukan sel kanker ini telah merusak sistem dalam tubuh. Ketidakwajaran yang dilakukan sel kanker telah membuat tubuh dalam kondisi yang berbahaya karena banyak asupan nutrisi yang diambil alih oleh sel kanker secara brutal. Inilah ciri-ciri kanker yang ke-empat.

Ciri-ciri kanker ke-lima adalah kemampuannya untuk terus tumbuh tanpa batas. Inilah bentuk keganasan yang dimiliki sel kanker. Jika pada sel normal terdapat masa waktu tertentu sampai akhirnya sel kanker berhenti membelah, hal ini tidak berlaku bagi sel kanker.

Sel kanker terus bernafsu untuk menyebar dan berkembang tanpa batasan. Karakter pemberontak yang dimiliki sel kanker karena terus menyebar tanpa mengikuti mekanisme tubuh inilah yang membuatnya sangat berbahaya.

Sel kanker memiliki daya survival yang sangat tinggi. Sel normal sangat bergantung pada mekanisme dan sistem dalam tubuh, lain halnya dengan sel kanker. Mereka punya mekanisme sendiri dan tidak peduli dengan mekanisme tubuh yang ada. Daya survive yang tinggi pada sel kanker merupakan ciri-ciri kanker yang ke-enam.Kalau dalam sel normal, pertumbuhannya mampu dikendalikan, pada sel kanker, pertumbuhannya menyebar tanpa kendali. Sel kanker terus menyerang dan tumbuh di organ atau jaringan sekitarnya. Ciri-ciri kanker yang ke-tujuh ini yang membuat kanker menyebar dengan sangat dahsyat.

Penyebab Tumor Ganas

Mutasi DNA yang terakumulasi dalam tubuh merupakan penyebab utama terjadinya penyakit tumor ganas ini. Akan tetapi ada beberapa faktor yang dapat memicu timbulnya sel tumor ganas tersebut antara lain :

  • Ketergantungan pada rokok
  • Mengkonsumsi minuman beralkohol
  • Kegemukan/obesiatas
  • Gaya hidup yang tidak sehat
  • Zat kimia yang berbahaya yang terdapat pada lingkungan sekitar yang diserap oleh tubuh
  • Sinar radiasi matahari yang tidak kuat ditahan oleh jaringan kulit
  • Faktor keturunan atau genetik
  • Bisa juga oleh radiasi berbahaya seperti radiasi nuklir

Tumor Ganas Dan Cirinya

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*