Tanda-Tanda Kanker Usus Besar

Tanda-Tanda Kanker Usus Besar

Tanda-Tanda Kanker Usus Besar

Kanker usus besar dimulai dalam sistem pencernaan, juga disebut GI (gastrointestinal).  Sistem pencernaan memproses makanan untuk menghasilkan energi dan bagian terakhir dari system ini (yaitu di kolon/usus besar) menyerap cairan dan membentuk limbah padat (tinja) yang kemudian dikeluarkan dari tubuh.   – Tanda-Tanda Kanker Usus Besar

Setelah makanan dikunyah dan ditelan, makanan berpindah ke perut. Sebagian makanan dipecah ke dalam bagian-bagian kecil untuk dikirim ke usus halus. Usus halus adalah bagian terpanjang dari sistem pencernaan sekitar 20 meter.

Usus halus juga menguraikan makanan dan menyerap sebagian besar nutrisi. Usus halus berujung pada usus besar yang panjangnya sekitar 5 meter. Usus besar menyerap air dan nutrisi dari makanan dan juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan limbah (tinja). Tinja ini selanjutnya bergerak dari usus besar ke dalam anus 6 inci terakhir dari sistem pencernaan. Dari sana limbah keluar dari tubuh melalui lubang yang disebut anus.

Kanker usus disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak normal di area usus besar, kecil, buntu, atau bahkan anus. Kanker usus muncul di sepanjang jaringan tipis di sepanjang usus dan biasanya didiagnosis dengan metode kolonoskop. Beberapa faktor risiko dari penyakit ini adalah usia, sejarah keluarga, dan kebiasaan merokok. Obesitas dan jarang makan sayur atau buah pun terkadang disebutkan sebagai pemicu kanker usus.

 

Tanda-Tanda Kanker Usus Besar

Kanker usus besar pada stadium awal umumnya tak menimbulkan keluhan berarti. Karena itu deteksi dini penyakit itu perlu dilakukan. Waspadai beberapa tanda-tanda kanker usus besar yang dijelaskan berikut ini:

 

  1. Darah pada tinja

Ini adalah tanda-tanda kanker usus besar yang utama maupun kanker lainnya. Para penderita kanker usus dapat pada umumnya mengeluarkan feses yang bentuknya menjadi lebih tipis dan panjang bersama dengan darah.

 

  1. Anemia

Ketika penderita buang air besar yang terlalu sering dan disertai dengan keluarnya darah, maka otomatis banyak darah yang akan keluar sehingga penyakit kekurangan darah atau anemia dapat terjadi. Tanda-tanda kanker usus besar inilah yang membuat penderita memiliki kulit yang pucat serta merasa lemas setiap saat, tentu dikarenakan banyaknya darah yang keluar dari tubuh.  – Tanda-Tanda Kanker Usus Besar

 

  1. Kelelahan

Wajar saja sebenarnya jika Anda kelelahan setelah beraktivitas. Tetapi jika rasa lelah itu disertai dengan tanda-tanda kanker usus besar yang lain, sebaiknya Anda waspada. Sebab seperti yang sudah disebutkan, lelah biasanya dipicu dari anemia.

 

  1. Penurunan berat badan

Turunnya berat badan yang terjadi secara drastis akan cukup mengejutkan, khususnya jika penderita tidak dalam program diet. Apabila nafsu makannya terbilang besar dan baik sebelum-sebelumnya, maka patut dicurigai mengapa berat badannya bisa berangsur menurun dengan cepat.   – Tanda-Tanda Kanker Usus Besar

 

  1. Masalah buang air besar

Diare, sembelit, atau yang lain adalah hal-hal yang membuat jadwal buang air besar bermasalah. Tetapi jangan sepelekan kondisi itu jika Anda mengalaminya disertai dengan tanda-tanda kanker usus besar yang lain.

 

  1. Perut tidak nyaman

Seseorang dapat dikatakan positif menderita kanker usus apabila perut senantiasa tidak merasa nyaman. Contoh rasa tidak nyaman yang dapat dirasakan adalah kembung, inflamasi, sakit dan nyeri di bagian perut. Tanda-tanda kanker usus besar ini dapat dipicu oleh invasi yang dilakukan oleh sel kanker sehingga rasa tidak nyaman bukan hanya akan timbul sesekali melainkan berkali-kali dan frekuensi yang sering.

 

  1. Disentri

Disentri terkadang sering dikira penyakit biasa, padahal kondisi penyakit ini bisa menjadi tanda-tanda kanker usus besar dan adanya kondisi penyakit lainnya yang lebih serius. Adanya darah dan bahkan nanah ketika buang air juga dimiliki oleh kanker usus dubur dan sigmoid yang kerap dianggap sepele karena dikira hanya penyakit disentri biasa.

 

Penderita kanker usus besar memiliki peluang hidup yang sangat beragam tergantung tingkatan penyakit yang telah menyebar ke tubuh. Namun, penderita kanker usus besar kurang lebih 80% masih berpeluang untuk hidup. Tentunya hal itu pun masih perlu pengobatan secara terus-menerus. Hal yang paling penting kita lakukan untuk mencegah kanker usus ini adalah memperbaiki pola makan kita, kembali ke pola hidup sehat perbanyak makan buah dan sayuran. Itulah beberapa tanda-tanda kanker usus besar yang bisa dijelaskan di atas. Jika belum yakin, segera hubungi dokter untuk mendengarkan diagnosis yang lebih pasti. Semoga bermanfaat… 🙂

 

 

Tanda-Tanda Kanker Usus Besar

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*