Penyebab Kanker Serviks

Penyebab Kanker Serviks

 

Penyebab Kanker Serviks – Kanker serviks atau disebut juga kanker leher rahim adalah sejenis kanker yang 99% disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik, yang menyerang leher rahim. Kanker serviks ini dapat hadir dengan pendarahan Mrs. V, tetapi gejala kanker serviks ini tidak terlihat sampai kanker memasuki stadium yang lebih jauh, yang membuat kanker leher rahim fokus pengamatan menggunakan Pap smear. Di negara berkembang, penggunaan secara luas program pengamatan leher rahim mengurangi insiden kanker leher rahim yang invasif sebesar 50% atau lebih.

Kanker serviks merupakan salah satu penyakit kanker yang paling banyak ditakuti kaum wanita. Berdasarkan data yang ada, dari sekian banyak penderita kanker di Indonesia, penderita kanker serviks mencapai sepertiga nya. Dan dari data WHO tercatat, setiap tahun ribuan wanita meninggal karena penyakit kanker serviks ini dan merupakan jenis kanker yang menempati peringkat teratas sebagai penyebab kematian wanita dunia. Kanker serviks menyerang pada bagian organ reproduksi kaum wanita, tepatnya di daerah leher rahim atau pintu masuk ke daerah rahim yaitu bagian yang sempit di bagian bawah antara kemaluan wanita dan rahim.

 

Penyebab Kanker Serviks

Penyebab Kanker Serviks

Berikut ini adalah penyebab kanker serviks lainnya :

1. Rokok Penyebab Kanker Serviks

Penyebab kanker serviks adalah rokok. Wanita yang merokok memiliki resiko tinggi terhadap terjadinya kanker serviks. Sel mulut rahim yang teracuni oleh nikotin dalam peredaran darah dapat mempengaruhi selaput lendir mulut rahim. Sehingga, hal itu memicu terjadinya abnormalitas sel di bagian mulut dan leher rahim.

2. Pemakaian Pembersih Vagina

Penyebab kanker serviks adalah terlalu sering memakai pembersih vagina. Penggunaan pembersih vagina dapat menjadi penyebab kanker seriks karena jika terlalu sering digunakan, bakteri dalam vagina yang bertugas membunuh bakteri dalam tubuh akan mati. Di samping itu, dapat terjadi iritasi pada vagina yang memicu abnormalitas sel.

3. Virus HPV

Penyebab kanker serviks adalah karna terjangkit Human Papilloma Virus (HPV) sebagai penyebab kanker serviks. Virus HPV berpindah dan menyebar bisalewat cairan dan sentuhan kulit. Usahakan membasuh alat kelamin dengan air yang langsung dari keran jika berada dalam toilet umum.

4. Kurangnya Asupan Vitamin

Penyebab kanker serviks adalah kurangnya asupan vitamin. Penyakit kanker serviks dan penyebab kanker serviks juga bisa dipicu karena kurangnya asupan vitamin dan asam folat pada wanita.

5. Penggunaan Alat Kontrasepsi

Penyebab kanker serviks adalah penggunaan alat kontrasepsi oral dalam jangka waktu panjang. Penggunaan kontrasepsi oral yang dipakai dalam jangka lama dapat menjadi penyebab kanker serviks 1,5-2,5 kali. Kontrasepsi oral mungkin dapat meningkatkan risiko kanker leher rahim karena jaringan leher rahim merupakan salah satu sasaran yang disukai oleh hormon steroid perempuan.

6. Hubungan Seksual Dibawah Umur

Penyebab kanker serviks adalah hubungan seks diabawah umur. Hubungan seksual sebelum berusia 20 tahun dapat menjadi pemicu kanker serviks. Pada umur 12-20 tahun, organ reproduksi waita sedang aktif berkembang. Idealnya, ketika sel sedang membelah secara aktif, tidak terjadi kontak atau rangsangan apapun dari luar. Kontak atau rangsangan dari luar, seperti penis atau sperma, dapat memicu perubahan sifat sel menjadi tidak normal. Sel yang tidak normal inilah yang kemungkinan besar bertambah banyak jika terdapat luka saat terjadi hubungan seksual. Sel abnormal inilah yang berpotensi tinggi menjadi penyebab kanker serviks.

7. Nikotin Penyebab Kanker Serviks

Penyebab kanker serviks adalah nikotin. Sel-sel mulut rahim yang teracuni oleh nikotin dalam darah juga memiliki kecenderungan mempengaruhi selaput lendir dalam tubuh, termasuk selaput lendir mulut rahim. Hal ini juga dapat menjadi penyebab kanker serviks.

 

Penyebab Kanker Serviks

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*