Penyebab Kanker Paru-Paru Dan Gejalanya

Penyebab Kanker Paru-Paru Dan Gejalanya

Penyebab Kanker Paru-Paru – Kanker paru-paru sedang meluas dewasa ini. Pada hakikatnya, penyakit ini berkembang/bertambah lebih cepat daripada jenis kanker lainnya. Bila didefinisikan, kanker paru-paru adalah pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali di dalam jaringan paru. Kanker paru-paru utama yang dikenal juga sebagai bronchogenic carcinoma, yang tumbuh di dalam paru-paru atau salah satu cabang tenggorok.

Kanker paru-paru tumbuh di dalam selaput lendir atau jaringan-jaringan cabang tenggorok. Dewasa ini, orang yang meninggal karena kanker paru-paru lebih banyak daripada jenis kanker lainnya. Biasanya, sebelum si penderita sadar akan keadaan yang sebenarnya, penyakit itu sudah masuk ke stadium yang lebih lanjut. Ketidaktahuan inilah yang menjadikan kanker paru-paru amat berbahaya.

Penyebab Kanker Paru-Paru Dan GejalanyaGejala Kanker Paru-Paru

Gejala yang biasanya di rasakan oleh penderita adalah sebagai berikut :

  • Sesak Nafas dan bahkan bisa sampai bengek
  • Nyeri dada yang tak kunjung sembuh
  • Suara parau dan serak
  • Warna dahak berubah dan berdarah
  • Batuk yang terus menerus
  • Pembengkakan pada leher dan bagian wajah
  • Mudah Lelah
  • Cepat marah dan mudah tersinggung
  • Ujung jari menebal
  • Berat badan yan turun drastis

Apa Penyebab Kanker Paru-Paru?

Para dokter tidak selalu dapat menjelaskan mengapa seseorang dapat terkena kanker paru-paru sedangkan orang lain tidak. Akan tetapi, kita mengetahui bahwa seseorang yang memiliki faktor resiko tertentu bisa saja dan kemungkinan besar akan terkena kanker paru-paru. Berikut penyebab kanker paru-paru :

Faktor Keturunan

Salah satu penyebab kanker paru-paru adalah faktor keturunan atau faktor genetis. Jika salah satu anggota keluarga Anda memiliki riwayat penyakit kanker paru-paru maka Anda memiliki resiko terkena penyakit tersebut. Namun penyakit tersebut bisa dicegah dengan menjaga kesehatan dan pola makan dan pola hidup yang sehat.

Asap Rokok

Berdasarkan hasil penelitian, salah satu penyebab kanker paru-paru yang utama adalah adalah asap rokok. Tidak hanya perokok aktif yang beresiko terkena penyakit kanker paru-paru, para perokok pasifpun memiliki resiko yang sama bahkan lebih tinggi dibandingkan perokok aktif untuk terkena serangan penyakit kanker paru-paru. Asap rokok yang terhirup akan mengendap di paru-paru dan memicu munculnya sel kanker pada paru-paru.

Rokok/Tembakau

Rokok tembakau adalah hal yang paling penting dan merupakan penyebab kanker paru-paru/ faktor resiko utama dari kanker paru-paru. Tembakau bertanggung jawab atas lebih dari 80% penyebab kanker paru-paru di seluruh dunia. Bahan-bahan berbahaya dalam rokok merusak sel paru-paru. Lama kelamaan, sel yang rusak tersebut bisa menjadi kanker. Inilah sebabnya merokok, rokok pipa, atau cerutu dapat menjadi penyebab kanker paru-paru. Menjadi perokok pasif pun bisa menyebabkan kanker paru-paru bagi orang yang tidak merokok. Semakin banyak seseorang terpapar asap rokok, semakin besar resiko terkena kanker paru-paru.

Gas Radon

Gas radon merupakan penyebab kanker paru-paru. Gas radon merupakan gas dari golongan gas mulia, yang mana gas ini merupakan gas yang dihasilkan dari pemecahan uranium alami. Berdasarkan hasil penelitian, sekitar 12% tingkat kematian karena kanker paru-paru diakibatkan oleh terlalu banyak menghirup gas radon. Gas radon ini merupakan faktor utama kedua setelah asap rokok yang memicu munculnya sel kanker.

Faktor resiko lain penyebab kanker paru-paru termasuk : asbestos, arsenik, kromium, nikel, dan polusi udara. Mereka dengan anggota keluarga yang pernah mengidap kanker paru-paru kemungkinan memiliki peningkatan resiko terkena kanker. Mereka yang terkena kanker paru-paru juga memiliki peningkatan resiko untuk terkena tumor paru yang kedua. Kebanyakan orang berusia lebih dari 65 tahun saat terdiagnosa kanker paru-paru.

Penyebab Kanker Paru-Paru Dan Gejalanya

This entry was posted in Obat Kanker Tradisional. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*