Penyebab Kanker Lambung

Penyebab Kanker Lambung

MENYEPELEKAN sakit maag dapat berakibat fatal. Salah satunya penyebab kanker lambung. Seperti apa kanker lambung?

Pada dasarnya, penyebab kanker lambung lebih sering dialami orang yang berusia di atas 50 tahun dan dua kali lebih sering dialami oleh pria. Di seluruh dunia, penyakit kanker lambung adalah kanker terbanyak kedua setelah kanker paru-paru.

Penyebab kanker lambung Sebagian besar kasus, penyakit kanker lambung timbul di lapisan lambung. Kanker menyebar dengan cepat ke bagian tubuh lain. Diagnosis awal jarang dapat dilakukan karena gejala biasanya ringan atau tidak terasa dan saat penderita mencari bantuan medis, kanker seringkali menyebar.

Kanker lambung adalah penyakit kanker yang ada di perut, berasal dari sel epitel dinding perut, dapat terjadi berbagai bagian perut (daerah antral pylorus paling banyak, diikuti oleh daerah fundic lambung kardia, lambung sedikit lebih kecil), invasi ke dalam dan berbagai bagian lambung.

Penyebab Kanker Lambung

Penyebab Kanker Lambung

Penyebab kanker lambung- Penyakit kanker lambung merupakan penyakit yang terjadi pada lambung. Penyakit ini termasuk penyakit yang umum terjadi dibeberapa negara, salah satunya di Amerika. Usia rata-rata penderita penyakit kanker lambung adalah 45 tahun ke atas. Walaupun begitu ada kasus-kasus dimana penderita penyakit ini dibawah umur 45 tahun.

Sejauh ini, penderita kanker lambung di Indonesia kebanyakan orang-orang yang berusia di atas 45 tahun dan lebih sering terjadi pada kaum laki-laki. Seperti kebanyakan jenis kanker lainnya, penyebab kanker lambung belum diketahui secara pasti.

Namun menurut beberapa pakar, penyebab kanker lambung diduga karena adanya bakteri helicobacter pylori, pola makan yang kurang sehat, kurang mengkonsumsi serat sayur atau buah dan pola hidup yang tidak sehat, seperti merokok, mengkonsumsi alkohol serta makan makanan yang dibakar.

Akan tetapi hal tersebut merupakan faktor-faktor penyebab kanker lambung dan tidak bisa disebutkan hanya salah satu karena untuk menyebabkan terjadinya kanker dibutuhkan banyak faktor yang terlibat.

Kanker lambung merupakan salah satu jenis kanker yang selama ini sulit didiagonosis secara efektif. Namun, sebuah studi baru menunjukkan, bau mulut dapat menjadi salah satu indikator dari penyakit ini.

Apa resiko yang paling umum dari kanker lambung?

a)      Penyebab kanker lambung dari faktor lingkungan: di berbagai wilayah, tingkat kejadian kanker lambung berbeda.

b)      Penyebab kanker lambung dari faktor makanan: kadaluarsa makanan, makanan yang tidak baik, sayur asin, ikan dan daging yang diawetkan, konsumsi garam yang terlalu banyak, dapat meningkatkan resiko terkena kanker lambung.

c)      Penyebab kanker lambung dari faktor genetik: menurut survei epidemiologi kanker lambung lebih cenderung disebabkan oleh faktor genetik.

d)    Penyebab kanker lambung dari faktor kekebalan tubuh, pada kanker lambung, fungsi kekebalan tubuh memiliki prevelansi lebih tinggi.

Gejala awal kanker lambung?

  1. sakit perut: merupakan gejala kanker lambung yang paling umum. Diawali dengan sakit yang berselang, biasanya terdiagnosis sakit maag.
  2. bagian atas perut terasa tiddak nyaman: terasa penuh atau terasa terbakar. Untuk sementara waktu bisa ilang, lalu berulang lagi.
  3. nafsu makan menurun, bersendawa dan gangguan pencernaan: merasa kenyang dan menurunkan asupan makanan, biasanya disertai dengan sendawa berulang-ulang.
  4. kotoran berwarna hitam atau positif okultisme kotoran yang berdarah: jika tidak mengkonsumsi darah babi yang dibentuk seperti tahu, makanan yang mengandung bismuth, tapi mengeluarkan kotoran yang berwarna hitam, segera lakukan pemeriksaan di rumah sakit.
  5. kelelahan, penurunan berat badan dan anemia: ini adalah gejala umum kanker lambung. Pasien sering mengalami anoreksia, kehilangan darah di saluran pencernaan, mudah lelah dan lemas.

 

Bagaimana cara mendiagnosa kanker lambung?

1. pemeriksaan secara fisik

2. pemeriksaan laboratorium

3. pemeriksaan pencitraan medis

a)      sinar X barium pada saluran pencernaan bagian atas

b)      menigkatkan CT

c)      MRI

d)     PET-CT scanning

e)      USG

4. Endoskopi

a)      gastroskopi

b)      laparoskopi

 

Selama ini, kanker lambung biasanya baru terdeteksi ketika sudah mencapai stadium lanjut sehingga terlambat untuk mendapatkan pengobatan yang efektif. Hal ini disebabkan gejala awal dari kanker jenis ini hampir mirip dengan gejala sakit pencernaan lainnya, misalnya sakit perut atau mulas. “Hanya satu dari lima orang (penderita kanker lambung) yang dapat melakukan operasi sebagai bagian dari pengobatan. Sisanya biasanya sudah terlambat,” ujar Kate Law, direktur penelitian klinis di Cancer Research.

 

Penyebab Kanker Lambung

 

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*