Penyebab Kanker Jaringan Lunak

Penyebab Kanker Jaringan Lunak

Penyebab Kanker Jaringan Lunak – Kanker jaringan lunak adalah kanker yang terjadi pada jaringan lunak tubuh yang terdiri dari jaringan otot, tendon dan connective tissue, dan dapat terjadi diseluruh bagian tubuh mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki. Kanker ini membuat sel normal pada jaringan tubuh berubah menjadi ganas dan abnormal. Kanker jaringan lunak terbagi menjadi kanker jaringan lunak ganas dan kanker jaringan lunak jinak. Kanker jaringan lunakĀ  termasuk kanker yang jarang ditemukan.Penyebab Kanker Jaringan Lunak

Biasanya penyakit kanker jaringan lunak lebih sering menimpa anak-anak. Anak-anak yang berumur sekitar 4 tahun beresiko untuk terkena penyakit ini, sedangkan pada orang dewasa, yang beresiko untuk terkena kanker jaringan lunak adalah seseorang yang berusia sekitar 45 hingga 50 tahun. Epithelioid tumor prognosis kanker jaringan lunak lebih baik dari semua tingkat dan kelangsungan hidup 5 tahun sebesar 50%, prognosis tergantung pada invasi tumor dan organ sekitarnya pada tungkai. Jika ditemukan adanya penyebaran dan dengan cepat melakukan pengobatan yang efektif,makaakan dapat memperpanjang kelangsungan hidup pasien sekitar 1 tahun.

 

Penyebab Kanker Jaringan Lunak

Sejauh ini, dunia kedokteran masih belum dapat jelas memastikan apa yang menjadi Penyebab Kanker Jaringan Lunak, tetapi umumnya para ahli dokter semua sepakat bahwa faktor Penyebab Kanker Jaringan Lunak tidak hanya oleh satu faktor saja tetapi ada beberapa, diantaranya :

  1. Faktor Penyebab Kanker Jaringan Lunak akibat kelainan bawaan. Hemangioma lebih sering terjadi pada bayi dan anak. Sebagian besar lesi tersebut ditemukan pada saat lahir. Dengan pertumbuhan lesi vaskular pediatrik secara proporsional dan tidak ada riwayat dari pertumbuhan yang cepat.
  2. Faktor Penyebab Kanker Jaringan Lunak akibat genetik familial. Hasil penelitian menemukan bahwa, banyak sel tumor menunjukkan kelainan kromosom. Kelainan kromosom pada kejadian kanker manusia lebih tinggi dari orang normal, serta adanya faktor Penyebab Kanker Jaringan Lunak turunan.
  3. Faktor Penyebab Kanker Jaringan Lunak Tubuh akibat stimulasi asing. Berdasarkan hewan percobaan dan pengamatan klinis, benda asing dalam jangka panjang dapat memberikan rangsangan fisik tubuh yang menjadi salah satu Penyebab Kanker Jaringan Lunak.
  4. Faktor Penyebab Kanker Jaringan Lunak akibat rangsangan zat kimia. Dari survei epidemiologi menemukan bahwa sejumlah kecil dari paparan jangka panjang untuk pekerja polyvinyl chloride, akan mengakibatkan angiosarcoma hati.
  5. Faktor Penyebab Kanker Jaringan Lunak karena trauma Luka. Sebagian besar dari Penyebab Kanker Jaringan Lunak memiliki sejarah yang jelas akibat trauma luka.

 

Gejala Kanker Jaringan Lunak

Gejala yang paling umum adalah suatu massa atau pembengkakan, pembengkakan yang paling umum tanpa rasa sakit atau massa, atau invasi tumor tulang atau nyeri sendi, nyeri pada malam hari. Demam, malaise, penurunan berat badan umum atau pendarahan, seperti gejala pada umumnya, tetapi sangatlah jarang terlihat.

 

Pertumbuhan kanker jaringan lunak sangat pesat,ukurannya besar,dan dapat menghancurkan jaringan normal di sekitarnya. Tumor itu sendiri mungkin memiliki nekrosis, perdarahan dan infeksi sekunder, dan sering melalui penyebaran hematogen atau dengan metastasis ke paru-paru, tulang, kulit, otak, adrenal, pankreas dan organ lainnya. Para pasien sering meninggal karena cachexia, pendarahan parah dan metastasis yang luas.

 

Cara mendiagnosis Kanker Jaringan Lunak

  • Pemeriksaan Lab

Tes darah: periksa indikator biokimia,LDH, protein, elektrolit, kalsium dan asam serta kadar fosfatase alkali, yang berguna mendiagnosis secara diferensial.

  • Pemeriksaan Photo

X-ray : X-ray radiografi dapat membantu untuk lebih memahami berbagai tumor jaringan lunak, transparansi, dan melihat sejauh mana pertumbuhan tumor tersebut dengan tulang yang berdekatan.

CT/MRI : pemeriksaan CT/MRI ini dapat menemukan massa sarkoma jaringan lunak, dan menentukan ukuran serta pertumbuhan dengan struktur sekitarnya.

USG : ruang lingkupnya dapat memeriksa ukuran tumor, perbatasan dan gema kapsul tumor internal, untuk membedakan antara jinak atau ganas.

Bone Scan : dapat memberikan informasi lebih lanjut mengenai jenis dan ruang lingkup sarkoma.

Angiografi arteri : untuk menampilkan tepi perkiraan tumor.

 

Cara Pengobatan Kanker Jaringan Lunak

  1. Operasi/Pembedahan :
  • radikal operasi : reseksi tumor dan lebar tertentu dari jaringan di sekitar tumor.
  • pengurangan volume operasi : metode yang digunakan untuk beberapa tumor jaringan lunak yang tidak bisa sepenuhnya resected, pasca operasi non-bedah untuk meningkatkan kualitas hidup pasien dan memperpanjang usia.
  • amputasi : cocok untuk pasien dengan stadium lanjut, tumor besar yang terkait dan sebelum adanya penyebaran lebih serius.
  1. Radiotherapy : radioterapi untuk mencegah kekambuhan lokal dari sinar-sensitif tumor, bisa pra operasi dan pasca operasi.
  2. Kemotherapy : menggunakan obat untuk membasmi sel tumor,akan tetapi karena inginnya mendapatkan hasil yang maksimal maka penggunaannya pun dapat berulang kali sehingga menghasilkan efek samping yang sangat besar.

 

Penyebab Kanker Jaringan Lunak

This entry was posted in Obat Kanker Tradisional. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*