Penyebab Kanker , Apa Saja ?

Penyebab Kanker , Apa Saja ?

Penyebab Kanker -Penyebab kanker biasanya tidak dapat diketahui secara pasti karena penyebab kanker dapat merupakan gabungan dari sekumpulan faktor, genetik dan lingkungan. Namun ada beberapa faktor yang diduga meningkatkan resiko terjadinya kanker. Sel normal yang menjadi tua seperti sebuah barang, yang jika tak lagi diperlukan akan kita buang. Sel normal yang mati, seharusnya digantikan oleh yang baru. Namun dalam kasus kanker, sel yang sudah waktunya mati tersebut enggan melakukannya. Justru yang terjadi, sel terus membelah diri sehingga menjadi banyak. Ini jelas akan menyebabkan gangguan sistem dalam tubuh atau organ tertentu. Inilah yang menjadi penyebab kanker. Coba bayangkan sendiri bagaimana jadinya jika ada seratus keranjang sampah busuk ada di depan rumah. Pasti kehidupan Anda akan terganggu.

Penyebab Kanker , Apa Saja ?

Penyebab Kanker

Demikian yang terjadi pada kanker. Penyebab kanker tak lain disebabkan oleh sel-sel nakal yang sebenarnya sudah waktunya untuk “pensiun”, namun tidak mau melakukannya dan malah memperbanyak diri sehingga merusak organ dan tubuh. Ketidaknormalan tersebut membuat fungsi organ menjadi tidak berjalan sebagaimana mestinya dan bahaya kanker mulai muncul di sana. Itulah penyebab kanker dari kacamata medis.

Tapi, berikut faktor penyebab kanker :

  1. Faktor Genetik

Penyebab kanker bisa terjadi karena faktor keturunan. Faktor genetik menyebabkan beberapa keluarga memiliki resiko lebih tinggi untuk menderita kanker tertentu bila dibandingkan dengan keluarga lainnya. Jenis kanker yang cenderung diturunkan dalam keluarga adalah kanker payudara, kanker indung telur, kanker kulit dan kanker usus besar. Sebagai contoh, risiko wanita untuk menderita kanker meningkat 1,5 s/d 3 kali jika ibunya atau saudara perempuannya menderita kanker payudara.

  1. Lokasi geografis

Negara-negara industri memiliki tingkat resiko terkena kanker tertentu yang lebih tinggi dibandingkan negara berkembang. Namun, diyakini bahwa faktor lingkungan seperti gaya hidup, budaya, diet, air, dan kualitas udara memainkan peranan dalam penyebab kanker sehubungan dengan wilayah geografis.

  1. Gangguan Keseimbangan Hormonal

Hormon estrogen berfungsi merangsang pertumbuhan sel yang cenderung mendorong terjadinya kanker, sedangkan progesteron melindungi terjadinya pertumbuhan sel yang berlebihan. Ada kecenderungan bahwa kelebihan hormon estrogen dan kekurangan progesteron menyebabkan meningkatnya risiko kanker payudara, kanker leher rahim, kanker rahim dan kanker prostat dan buah zakar pada pria.

  1. Kurang olahraga.

Penyebab kanker juga dapat terjadi karena kurang olahraga. Waktu yang sebagian besar dihabiskan di atas tempat duduk dihubungkan dengan peningkatan resiko terkena berbagai macam kanker. Untungnya, menjadi lebih aktif adalah perbaikan yang bisa dengan mudah dilakukan oleh kebanyakan orang.

  1. Faktor Makanan yang mengandung bahan kimia.

Makanan juga dapat menjadi faktor risiko penting lain penyebab kanker, terutama kanker pada saluran pencernaan. Contoh jenis makanan yang dapat menyebabkan kanker adalah :

  • Makanan yang diasap dan diasamkan (dalam bentuk acar) meningkatkan resiko terjadinya kanker lambung
  • Minuman yang mengandung alkohol menyebabkan berisiko lebih tinggi terhadap kanker kerongkongan.
  • Zat pewarna makanan
  • Logam berat seperti merkuri yang sering terdapat pada makanan laut yang tercemar seperti: kerang, ikan, dsb.
  • Berbagai makanan (manis,tepung) yang diproses secara berlebihan.
  1. Faktor Lingkungan

Merokok meningkatkan resiko penyebab kanker paru-paru, mulut, laring (pita suara), dan kandung kemih. Faktor lingkungan lainnya, yaitu Sinar Ultraviolet matahari serta radiasi ionisasi (yang merupakan karsinogenik) digunakan dalam sinar rontgen dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga nuklir dan ledakan bom atom hingga menjangkau jarak sangat jauh.

  1. Diet

Asupan tinggi lemak dikaitkan dengan kanker payudara, usus besar, ovarium, ginjal, paru-paru, dan endometrium; asupan serat yang rendah dikaitkan dengan tingkat resiko terkena kanker usus besar yang lebih tinggi; peningkatan asupan fitoestrogen dapat dikaitkan dengan tingkat resiko kanker payudara yang lebih rendah.

Penyebab Kanker , Apa Saja ?

  1. Faktor Terserang Virus

Virus yang dicurigai dapat menjadi penyebab kanker antara lain :

  • Virus Papilloma;
  • Virus Sitomegalo;
  • Virus Hepatitis B;
  • Virus Epstein – Bar;
  • Virus Retro pada manusia misalnya virus HIV menyebabkan limfoma dan kanker darah lainnya

Lakukan pencegahan kanker sekarang juga dengan memulai pola hidup yang sehat.

Penyebab Kanker , Apa Saja ?

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*