Penyakit Tumor Ganas Berbahaya

Penyakit Tumor Ganas Berbahaya

Penyakit Tumor Ganas – Penyakit Tumor Ganas disebut sebagai maligna yang artinya adalah lebih buruk dan beresiko besar menyebabkan kematian dengan ditandai suatu karakteristik atau gejala seperti anaplasia, invasif dan juga metastatis. Penyakit tumor ganas adalah penyakit kanker, dan penyakit kanker belum tentu berbentuk seperti penyakit tumor. Dimana sel-sel pada penyakit kanker yang menyerang serta merusak ke bagian jaringan dan juga organ di dekat tumor atau invasif. Sel-sel penyakit kanker yang bisa melepaskan diri mereka dari penyakit tumor ganas dan kemudian mulai memasuki jaringan sistem limfatik atau juga aliran darah. Penyakit kanker yang menyebar dari penyakit tumor asli untuk bisa membentuk suatu penyakit tumor yang baru pada bagian lain dari dalam tubuh, istilahnya disebut dengan metastatis. Perbedaan yang lain antara penyakit tumor jinak dengan tumor ganas adalah bahwa tidak berkapsul.

Munculnya penyakit tumor berawal dari tidak normalnya pertumbuhan sel pada jaringan atau organ dalam tubuh. Ketidaknormalan itu menyebabkan berbagai masalah yang berakibat buruk pada tubuh kita. Ditinjau berdasarkan tingkat keparahannya, penyakit tumor ada dua jenis yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Penyakit tumor jinak ini pertumbuhannya tidak cepat. Berbeda dengan tumor ganas yang sangat cepat menyebar dan mengancam nyawa penderitanya. Dilihat dari jenisnya, penyakit tumor ada yang bersarang di kulit maka disebut dengan tumor kulit. Ada yang disebut dengan kanker payudara karena tumbuhnya di payudara.

Penyakit Tumor Ganas Berbahaya

Juga ada penyakit tumor rahim dimana penyakit ini menyerang bagian intim wanita. Jenis lainnya adalah kanker pankreas yang menyerang bagian pankreas manusia. Ada pula kanker otak yang bisa menyerang otak pada anak, remaja, atau usia dewasa. Selain itu, masih ada lagi penyakit tumor paru, tumor kolon, dan jenis tumor lainnya.

Tumor ganas disebut kanker. Kanker memiliki potensi untuk menyerang dan merusak jaringan yang berdekatan dan menciptakan metastasis. Berbeda dengan tumor jinak tidak menyerang tissue berdekatan dan tidak menyebarkan benih (metastasis), tetapi dapat tumbuh secara lokal menjadi besar. Mereka biasanya tidak muncul kembali setelah penyingkiran melalui operasi.

Hampir semua sel neoplasma berasal dari satu sel yang mengalami mutasi karsinogenik. Sel tersebut mengalami proses evolusi klonal yang akan menambah resiko terjadinya mutasi ekstra pada sel desendens mutan. Sel-sel yang hanya memerlukan sedikit mutasi untuk menjadi ganas diperkirakan bersumber dari tumor jinak. Ketika mutasi berakumulasi, maka sel dari tumor jinak itu akan menjadi tumor ganas atau sering disebut kanker.

CIRI CIRI PENYAKIT TUMOR GANAS

  • Bekas tumbukan pada suatu tempat yang tidak kunjung sembuh, lebam terus dan bisa menjadi kanker.
  • Tumbuhnya daging di luar/dalam tubuh, di tempat yang tidak semestinya.
  • Rasa nyeri pada tempat yang tidak diketahui penyebabnya, terasa nyeri ini berarti tumor sudah mulai berkembang tetapi belum tentu tumor sepenuhnya (tergantung penyebab nyeri, makanan, rangsangan dari luar).
  • Jika ditekan, seperti tonjolan daging, kelenjar. Karena tidak selalu diketahui tempatnya, jadi walaupun kecil sekali tetapi tidak semua tonjolan berarti tumor.
  • Munculnya benjolan yang tumbuh membesar pada bagian tubuh tertentu.
  • Terjadinya penebalan jaringan, Pendarahan atau keluarnya zat cair dalam tubuh.
  • Nyeri haid yang rutin juga berkepanjangan pada wanita, Kehilangan berat badan secara cepat.

Penyebab Penyakit Tumor Ganas

Mutasi DNA yang terakumulasi dalam tubuh merupakan penyebab utama terjadinya penyakit tumor ganas ini. Akan tetapi ada beberapa faktor yang dapat memicu timbulnya sel tumor ganas tersebut antara lain :

  • Ketergantungan pada rokok.
  • Mengkonsumsi minuman beralkohol.
  • Kegemukan/obesiatas.
  • Gaya hidup yang tidak sehat.
  • Zat kimia yang berbahaya yang terdapat pada lingkungan sekitar yang diserap oleh tubuh.
  • Sinar radiasi matahari yang tidak kuat ditahan oleh jaringan kulit.
  • Faktor keturunan atau genetik.
  • Bisa juga oleh radiasi berbahaya seperti radiasi nuklir.

PENGOBATAN PENYAKIT TUMOR

Pengobatan penyakit tumor secara medis dilakukan dengan mengangkat tumor yang ada pada tubuh pasien. Biasanya pengobatan ini dilakukan dengan pembedahan atau operasi.Sementara, metode lain pengobatan penyakit tumor adalah kemoterapi. Kemoterapi merupakan sebuah cara untuk menyembuhkan penyakit tumor dengan melarutkan sel-sel tumor tersebut. Namun, pada upaya ini memiliki efek samping yaitu bisa ikut merontokkan rambut dan merusak kulit pasien. Hal itu disebabkan kuatnya efek dari kemoterapi yang dilakukan.Metode pengobatan medis lainnya adalah dengan menggunakan terapi sinar laser. Pengobatan ini biasa dilakukan pada tumor payudara dan tumor prostat. Pengobatan medis terbaru yang mulai diperkenalkan untuk menyembuhkan penyakit tumor/kanker adalah dengan menggunakan terapi gen. Dalam metode ini, pertumbuhan sel kanker dihentikan pertumbuhannya dengan mengubah komposisi sel.

Penyakit Tumor Ganas Berbahaya

This entry was posted in Obat Kanker Tradisional. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*