Penyakit Kanker – Berbahaya

Penyakit Kanker – Berbahaya

Penyakit kanker atau neoplasma ganas adalah penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk:

  • tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal)
  • menyerang jaringan biologis di dekatnya.
  • bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik, disebut metastasis.

Tiga karakter ganas inilah yang membedakan kanker dari tumor jinak. Sebagian besar kanker membentuk tumor, tetapi beberapa tidak, seperti leukemia. Cabang ilmu kedokteran yang berhubungan dengan studi, diagnosis, perawatan, dan pencegahan kanker disebut onkologi.

Penyakit Kanker dapat menyebabkan banyak gejala yang berbeda, bergantung pada lokasi dan karakter keganasan, serta ada tidaknya metastasis. Diagnosis biasanya membutuhkan pemeriksaan mikroskopik jaringan yang diperoleh dengan biopsi. Setelah didiagnosis, kanker biasanya dirawat dengan operasi, kemoterapi, atau radiasi.

Penyakit Kanker - Berbahaya

Penyakit Kanker – Berbahaya

 

Kebanyakan penyakit kanker menyebabkan kematian. Kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang. Kebanyakan kanker dapat dirawat dan banyak disembuhkan, terutama bila perawatan dimulai sejak awal. Banyak bentuk penyakit kanker berhubungan dengan faktor lingkungan yang sebenarnya bisa dihindari. Merokok dapat menyebabkan banyak kanker daripada faktor lingkungan lainnya. Tumor (bahasa Latin; pembengkakan) menunjuk massa jaringan yang tidak normal, tetapi dapat berupa “ganas” (bersifat kanker) atau “jinak” (tidak bersifat kanker). Hanya tumor ganas yang mampu menyerang jaringan lainnya ataupun bermetastasis. Penyakit Kanker dapat menyebar melalui kelenjar getah bening maupun pembuluh darah ke organ lain.

Secara umum penyakit kanker ada dua macam, yaitu penyakit kanker Yang berbentuk benjolan yang padat atau solid dan tipe yang tidak membentuk benjolan. Penyakit kanker tipe solid misalnya pada kanker payudara, kanker usus, kanker rahim dan 1ainnya. Yang bukan tipe solid misalnya pada kanker darah atau leukemia..

Penyakit Kanker dapat menyerang siapa saja, baik lelaki maupun perempuan ; bayi baru lahir sampai pada usia senja ; golongan ekonomi lemah maupun kaya; tidak memandang ras maupun suku bangsa. Semua bisa kena. Pada tubuh, kanker dapat menyerang semua organ tubuh, mulai dari kulit hingga ujung kaki; mulai dari kulit hingga tulang. Prinsipnya semua organ tubuh manusia bisa terserang kanker, seperti kanker otak, kanker mata, kanker hidung, kanker mulut, kanker leher, kanker paru, kanker usus, kanker rahim, kanker tulang, kanker kulit, kanker ginjal, kanker kelenjar getah bening dan lainnya. Masing-masing kanker mempunyai sifat yang khusus, sehingga gejala maupun pengobatannya juga ada kekhususan masing-masing.

Penyakit kanker apabila segera terdeteksi sejak dini, insya Allah bisa dengan mudah untuk diatasi baik dengan pengobatan secara medis kimiawi maupun secara herbal alami. Dan kami melalui web ini selain akan memaparkan berbagai gejala penyakit kanker atau gejala kanker, kami juga akan meberikan tips bagaimana mengatasi dan mengobati kanker secara alami dengan menggunakan herbal-herbal pilihan.

Pencegahan dan pengobatan secara alami saat ini diyakini sebagai alternatif yang cukup menjanjikan dalam menterapi penyakit kanker. Bahkan dalam beberapa kasus, penanganan penyakit kanker secara alami bisa lebih praktis dan tentu lebih murah. Hasilnya pun sungguh menakjubkan. Tidak sedikit para penderita penyakit kanker yang bisa disembuhkan dengan perantaran pengobatan secara alami.

Kebanyakan kanker dikenali karena tanda atau gejala tampak atau melalui screening. Kedua metode ini tidak menuju ke diagnosis yang jelas, yang biasanya membutuhkan sebuah biopsi. Beberapa kanker ditemukan secara tidak sengaja pada saat evaluasi medis dari masalah yang tak berhubungan.

Karena kanker juga dapat disebabkan adanya metilasi pada promotor gen tertentu, maka deteksi dini dapat dilakukan dengan menguji gen yang menjadi biomarker untuk kanker. Beberapa jenis kanker telah diketahui status metilasi biomarker-nya. Misalnya untuk kanker payudara dapat digunakan biomarker BRCA, sedangkan untuk kanker kolorektal dapat menggunakan biomarker Sox17.

Bahaya yang ditimbulkan penyakit kanker adalah organ-organ vital tidak dapat berfungsi dengan baik jika penyakit kanker semakin ganas, bisa saja terjadi komplikasi dengan penyakit lainnya. Pola hidup sehat menjadi alternatife untuk menghindari penyakit kanker yang mematikan ini, mencegah lebih baik dari pada mengobati, hargai hidup anda karena hidup hanya satu kali.

 

Penyakit Kanker – Berbahaya

 

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*