Pengobatan Kanker Lambung

Pengobatan Kanker Lambung

Pengobatan Kanker Lambung

Pengobatan Kanker Lambung – Kanker lambung adalah jenis kanker yang menggerogoti lambung, yaitu organ di dalam rongga perut manusia yang menjadi salah satu bagian dari sistem pencernaan. Kanker ini adalah Suatu jenis penyakit kanker yang terjadi di perut, berasal dari sel epitel dinding perut dan dapat terjadi diberbagai bagian perut (daerah antral pylorus paling banyak, diikuti oleh daerah fundic kardia, Lambung sedikit lebih kecil), invasi ke dalam dan berbagai bagian lambung. Penyakit ini dapat diidap oleh orang-orang pada segala usia, meskipun sebagian besar penderitanya sudah berusia 55 tahun ke atas.

Tujuan utama pengobatan kanker adalah menyembuhkan penyakit tersebut sampai tuntas hingga ke akar-akarnya. Metode yang digunakan biasanya bergantung pada tingkat keparahan penyakit dan kondisi kesehatan pasien secara umum. Pada kasus kanker lambung yang tidak dapat disembuhkan, pengobatan biasanya bertujuan membuat pasien senyaman mungkin dengan mengurangi gejala yang dirasakannya. Diperkirakan hingga 30% pasien kanker ini bisa diobati hingga sembuh. Berikut ini adalah tiga jenis pengobatan utama pada kasus kanker lambung:

 

  1. Radioterapi

Tujuan radioterapi adalah untuk membunuh sel-sel kanker. Pada radioterapi, metode Pengobatan Kanker Lambung dilakukan dengan menggunakan pancaran energi radiasi. Biasanya metode Pengobatan Kanker Lambung dengan radioterapi diterapkan pada kasus kanker lambung stadium tinggi dengan gejala pendarahan.

Sebelum operasi, Pengobatan Kanker Lambung dengan radioterapi bisa dilakukan untuk memperkecil ukuran tumor lambung sehingga lebih mudah diangkat. Sedangkan radioterapi yang dilakukan setelahnya bertujuan membunuh sel-sel kanker yang mungkin masih tersisa, sekaligus mencegah kanker berkembang kembali.

Pelaksanaan Pengobatan Kanker Lambung dengan radioterapi biasanya dilakukan secara rutin tiap minggu. Dalam satu minggu, biasanya ada lima kali sesi pengobatan selama lima hari dan masing-masing sesi berlangsung selama beberapa menit. Batas waktu pengobatan radioterapi tergantung pada tujuan dan tingkat keparahan. Sebagai contoh, untuk meredakan gejala pada kasus kanker lambung stadium tinggi umumnya berlangsung hingga dua minggu. Sedangkan untuk mencegah kanker datang kembali, umumnya berlangsung hingga lima minggu.

 

  1. Kemoterapi

Kemoterapi merupakan Pengobatan Kanker Lambung untuk membunuh sel-sel kanker melalui pemberian sejumlah obat-obatan. Obat-obatan ini dapat berbentuk tablet yang diminum, infus, atau kombinasi keduanya.Pengobatan Kanker Lambung

Pada kanker lambung, Pengobatan Kanker Lambung dengan kemoterapi yang dilakukan sebelum operasi biasanya bertujuan untuk menyusutkan tumor, meredakan gejala yang dirasakan pasien, atau memperlambat penyebaran kanker. Kemoterapi juga bisa diberikan pascaoperasi untuk mencegah kanker kembali.

Sama seperti radioterapi, waktu pelaksanaan kemoterapi dibagi menjadi beberapa sesi. Ada yang hanya berlangsung selama tiga minggu atau beberapa bulan dengan pemberian dosis tertentu secara konstan.

 

  1. Operasi

Jenis operasi Pengobatan Kanker Lambung yang dilakukan tergantung dari tingkat keparahan penyebaran kanker itu sendiri. Misalnya apabila kanker yang terdiagnosis masih dalam tahap awal dan baru berkembang di dinding lambung, maka prosedur yang disebut reseksi endoskopi bisa dilakukan. Melalui Pengobatan Kanker Lambung ini dokter tidak perlu membedah pasien dan cukup memasukkan alat endoskop ke lambung melalui mulut dan kerongkongan. Dengan alat khusus yang dilengkapi kamera ini, dokter dapat mengangkat kanker dari lapisan lambung dan menyisakan jaringan yang masih sehat.

Pengobatan Kanker Lambung dengan operasi yang masih termasuk dalam pengobatan kanker ini stadium rendah adalah gastrektomi parsial. Namun, dalam prosedur ini, dokter akan melakukan pembedahan pada perut pasien untuk mengangkat bagian lambung yang terinfeksi kanker. Gastrektomi parsial umumnya dilakukan jika kanker masih berada di lambung bagian bawah dan belum menyebar ke bagian tengah dan atas. Lebih jauh dari gastrektomi parsial adalah gastrektomi total. Prosedur ini dilakukan jika kanker telah menyebar ke bagian tengah dan atas. Pada kasus ini dokter akan terpaksa mengangkat seluruh lambung pasien dan langsung menghubungkan usus halus dengan ujung saluran kerongkongan. Pengangkatan kelenjar getah bening yang diduga telah digerogoti oleh kanker juga akan dilakukan. Pengobatan Kanker Lambung ini juga berguna untuk mencegah kanker kambuh lagi.

 

 

 

Pengobatan Kanker Lambung

This entry was posted in Obat Kanker Tradisional. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*