Pencegahan Kanker Lambung

Pencegahan Kanker Lambung

Pencegahan Kanker Lambung – Lambung adalah alat pencernaan berotot yang berbentuk seperti kantong. Bagian dalam dinding lambung berlipat-lipat. Bagian ini berguna untuk mengaduk makanan yang berasal dari kerongkongan. Dinding lambung juga menghasilkan asam klorida. Asam klorida atau asam lambung berguna untuk membunuh kuman-kuman yang masuk bersama makanan. Selain itu, di dalam lambung terdapat enzim pepsin dan renin. Enzim renin berfungsi mengendapkan protein susu menjadi kasein. Enzim pepsin berguna untuk mengubah protein menjadi asam amino. Di dalam lambung ini terjadi pencernaan secara mekanik dan kimiawi.

Kanker lambung adalah tumor ganas yang terjadi pada lambung. Kanker lambung atau dikenal sebagai gastric cancer merupakan kanker yang berawal pada bagian lambung. Secara global, kanker lambung merupakan penyebab kematian akibat kanker urutan ke-2 bagi pria maupun wanita. Kanker ini umum ditemukan di wiliayah Asia Timur.

Apa yang menyebabkan kanker lambung?

Walaupun belum dapat dipastikan apa yang menjadi penyebab kanker lambung, akan tetapi, faktor yang dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker lambung adalah:

  • Konsumsi makanan yang diasinkan serta diasapi
  • Jarang mengkonsumsi buah-buahan serta sayuran
  • Riwayat medis keluarga dimana terdapat kanker lambung
  • Infeksi yang disebabkan oleh Helicobacter pylori, sebuah bakteri yang tinggal di lapisan lendir dalam lambung.
  • Radang lambung kronis, yang mengacu pada radang lambung jangka panjang.
  • Pernicious anemia, yaitu penurunan jumlah sel darah merah yang terjadi saat saluran pencernaan tidak dapat menyerap vitamin B12 dengan baik.
  • Merokok

PENCEGAHAN KANKER LAMBUNG

Pencegahan Kanker Lambung

Pencegahan Kanker Lambung

Anda dapat mengambil langkah pencegahan kanker lambung untuk mengurangi risiko kanker lambung dengan membuat perubahan kecil kehidupan sehari-hari Anda. Di beberapa negara berkembang, penggunaan kulkas untuk menyediakan bahan makanan yang segar, dibandingkan mengkonsumsi bahan makanan yang diasinkan, telah membantu menekan angka kanker lambung dalam beberapa tahun belakangan ini. Sebagai contoh, cobalah langkah langkah pencegahan kanker lambung berikut ini :

  1. Kurangi Makan Makanan Yang Di Bakar Dan Di Goreng

Pencegahan kanker lambung dapat dimulai dengan mengurangi makanan yang dibakar atau digoreng. Makanan yang dibakar, apalagi hangus mengandung zat karsinogenik, seperti benzopyrene. Goreng-gorengan yang menggunakan minyak bekas dapat sangat berbahaya karena adanya kandungan zat karsinogenik. Kurangi konsumsi makanan bakar-bakar dan goreng-gorengan.

  1. Kembangkan Kebiasaan Makan Yang Baik

Pencegahan kanker lambung dengan mengatur pola makan. Kebiasaan makan yang tidak reguler (termasuk, makan berlebihan, terlalu cepat, terlalu panas, dll) dapat menyebabkan cedera pada lambung, yang nantinya dapat menyebabkan terjadinya kanker lambung. Juga, konsumsi garam terlalu banyak juga dapat merangsang terjadinya kanker lambung.

  1. Jangan Memakan Makanan Yang Sudah Basi

Makanan yang sudah basi atau yang sudah jamuran mengandung zat karsinogenik yang tinggi. Karena adaya toxigenic fungi, yang memproduksi nitrit dan amino sekunder. Ini dapat menyebabkan gangguan pada fungsi lambung.

  1. Makan Sayur Dan Buah

Makan lebih banyak buah dan sayuran merupakan pencegahan kanker lambung. Cobalah untuk memasukkan lebih banyak buah dan sayuran ke dalam makanan setiap hari. Memilih berbagai jenis buah-buahan dan sayuran berwarna.

  1. Jangan Merokok Atau Minum Terlalu Banyak Alkohol

Pencegahan kanker lambung dengan tidak merokok dan minum alkohol. Rokok mengandung benzopyrene, polycyclic aromatic hydrocarbon dan zat-zat karsinogen lainnya. Ini dapat menyebabkan kanker oral, esofagus dan lambung. Alkohol sendiri bukan karsinogen, tetapi spirits dapat merangsang cedera pada jaringan mukosa lambung. Jika seseorang merokok dan sering menkonsumsi alkohol, ini sangat berbahaya. Karena rokok mengandung banyak karsinogenik dan alkohol dapat meningkatkan permeabilitas sel membran, sehingga meningkatkan penyerapan karsinogen ke dalam sistem tubuh.

  1. Menjaga Berat Badan

Memelihara berat badan yang sehat langkah pencegahan kanker lambung.Orang gemuk memiliki risiko dua sampai empat kali lipat mengembangkan kanker lambung, dibandingkan dengan orang dengan berat badan normal. Orang yang paling gemuk memiliki risiko hampir sembilan kali lipat.

  1. Berkonsultasi Ke Dokter

Pencegahan kanker lambung berikutnya tanyakan kepada dokter Anda tentang risiko kanker lambung. Beberapa kondisi medis yang meningkatkan risiko kanker lambug, seperti anemia, maag dan perut polip. Jika Anda telah didiagnosa dengan salah satu kondisi tersebut, tanyakan kepada dokter bagaimana ini mempengaruhi risiko kanker lambung. Bersama Anda dapat mempertimbangkan periodik endoskopi untuk mencari tanda-tanda kanker lambung.

Pencegahan Kanker Lambung

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*