Pencegahan Kanker Kulit

Pencegahan Kanker Kulit

 

Pencegahan Kanker Kulit РKanker kulit biasanya tumbuh di epidermis (lapisan paling luar kulit) sehingga kanker kulit merupakan kanker yang stadium awalnya paling mudah dideteksi. Kanker jenis ini lebih banyak menyerang kulit putih dibandingkan kulit berwarna. Secara umum, kanker kulit dibagi menjadi dua kelompok yaitu non-melanotik dan melanotik (melanoma). Non-melanotik terbagi menjadi basalioma (karsinoma sel basal) dan karsinoma sel skuamosa. Basalioma  paling sering terjadi tetapi pertumbuhannya lambat.

Biasanya tumor ini timbul di kulit muka (hidung, kelopak mata, kulit bibir dan dahi). Pertumbuhannya dimulai dengan nodul kecil dengan warna kelabu merah berkilat, kadang berwarna kehitam-hitaman karena adanya pigmen. Jenis kanker ini jarang melakukan metastatis.

Pencegahan Kanker Kulit

Pencegahan Kanker Kulit

Berikut ini cara pencegahan kanker kulit :

  1. Menghindari kulit dari sinar matahari langsung

Pada jam 10 pagi hingga jam 4 sore, adalah jam-jam yang biasanya marahari memancarkan sinar yang kuat dari jam-jam lainnya. Jika memungkinkan aktivitas di luar ruangan, sebaiknya menggunakan cream atau menghindari sinar matahari langsung dengan menggunakan topi atau payung. Beberapa ahli mengatakan terkena matahari secara langsung dalam kurun waktu yang lama akan menyebabkan kerusakan pada lapisan kulit berupa keriput dan warna kulit menjadi menguning. Selain itu sinar matahari dapat menipiskan kulit dan memicu prakanker bagi kulit, pencegahan kanker kulit.

  1. Memberikan nutrisi pada kulit dengan cukup

Kulit kering dan kusam adalah salah satu ciri dari kulit yang kurang sehat, namun tidak berarti kulit kering dan kusam merupakan ancaman untuk terinfeksi kanker kulit. Jika hal ini diabaikan maka akan menjadi hal yang serius. Kekurangan vitamin pada kulit akan mengurangi kerja kulit pada tubuh. Dengan mengkonsumsi vitamin D dan makan makanan yang memang mengandung banyak vitamin lainnya seperti daging ikan salmon, susu dan juga buah-buahan seperti jeruk dan pisang, apel dan pepaya, pencegahan kanker kulit.

  1. Menggunakan sunscreen sebelum bepergian

Menggunakan cream sunscreen sebelum keluar rumah adalah salah satu cara melindungi kulit dari sinar UV matahari yang menyengat, pencegahan kanker kulit. Kandungan SPF pada sunscreen dapat melindungi kulit, karena SPF mampu menyerap sinar UV matahari dan semakin besar kandungan dalam SPF maka perlidungan yang didapat akan lebih besar. Namun bukan berarti dengan menggunakan SPF yang lebih tinggi akan memberikan perlindungan yang lebih lama.

Sebaiknya menggunakan sunscreen menyocokan dengan kebutuhan kulit dan aktivitas yang dijalani setiap harinya. Bagi yang tinggal di negara beriklim tropis menggunakan SPF 15 sudah cukup melindungi, tidak berarti harus menggunakan sunscreen dengan SPF yang lebih tinggi. Pemakaian krim SPF apapun harus secara berkala sejak pemakaian pertama pada setiap aktivitas yang dilakukan. Krim SPF biasanya memerlukan pemakaian ulang setiap 2 jam, untuk yang sudah terkena air ataupun berenang dan berkeringat pemakaian ulang sangat diwajibkan.

  1. Usahakan selalu di tempat yang teduh

Carilah tempat yang rindang jika sedang beraktivitas di luar, sehingga sinar matahari tidak langsung mengenai tubuh dan kulit, pencegahan kanker kulit. Lebih baik mengenakan pakaian yang tidak terlalu terbuka, banyak orang beranggapan mengenakan pakaian yang tipis dan pendek pada musim panas adalah hal yang tepat, padahal pada saat musim panas sinar matahari lebih menyengat dari biasanya.

  1. Waspada terhadap awan

Diketahui, bahwa meskipun sinar matahari tidak terik akan tetapi sinar matahari tetap bisa menembus awan. 80% sinar matahari dapat menembus awan, cahaya, dan kabut yang dapat merusakan kesehatan kulit. Oleh karena itu dengan memakai pakaian yang tertutup menjadikan kulit lebih terlindungi di bandingkan mengenakan pakaian yang pendek, pencegahan kanker kulit.

  1. Gunakan kacamata hitam pencegahan kanker kulit

Kulit yang berada pada sekitar daerah mata merupakan kulit yang cukup sensitif dan tipis. Oleh karena itu menutupi mata dengan kacamata hitam mengurangi resiko terkena kanker kulit karena sengat sinar matahari yang cukup tajam, pencegahan kanker kulit.

Pencegahan Kanker Kulit

This entry was posted in Obat Kanker Tradisional. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*