Mencegah Kanker Paru-Paru

Mencegah Kanker Paru-Paru

 

Mencegah Kanker Paru-Paru

Mencegah Kanker Paru-Paru

Mencegah Kanker Paru-Paru -Kanker paru-paru merupakan salah satu kanker paling umum di dunia yang dapat mempengaruhi setiap orang dan sulit untuk diobati. Itu sebabnya kita harus berusaha mencegah dari penyakit yang mengerikan ini. Untungnya, kanker paru-paru juga merupakan salah satu jenis kanker yang dapat dicegah. Dengan menghindari faktor risiko tertentu pencegahan kanker paru-paru dapat secara signifikan mengurangi resiko terkena kanker jenis ini.

Gejala yang timbul pada penyakit kanker paru-paru tergantung pada letak pertumbuhan dan tingkat penyebaran tumor. Banyak kasus kanker paru yang tidak menunjukan gejala pada awalnya. Berikut adalah gejala penyakit kanker paru-paru : Mulai batuk-batuk sampai berminggu-minggu dan kadang-kadang sampai menahun sehingga suara menjadi parau.

Beberapa gejala penyakit kanker yang menyerang paru-paru di bawah ini:

  • Batuk tiada henti. Batuk normal akan sembuh setelah Anda beristirahat dan minum obat selama beberapa hari. Namun berbeda dengan batuk yang disebabkan oleh pertumbuhan sel kanker, batuk menjadi lebih lama sembuh dan semakin lama semakin memburuk
  • Batuk berdahak yang memburuk, mengalami perubahan warna dan semakin banyak.
  • Napas menjadi pendek-pendek dan lama kelamaan mengalami sesak napas merupakan gejala sel kanker telah berkembang semakin besar pada sistem pernapasan.
  • Sakit kepala yang terjadi secara medadak
  • Kelelahan kronis. Biasanya terjadi setelah seseorang melakukan aktivitas berat, namun kelelahan yang terjadi secara tiba-tiba merupakan gejala dari penyakit kanker.
  • Menghilangnya selera makan
  • Suara terdengar serak
  • Terjadinya pembengkakan di area wajah dan leher

Cara Mencegah Kanker Paru-Paru

Berikut ini adalah cara-cara mencegah kanker paru-paru antara lain :

Menghindari kebiasaan merokok

Sudah jelas sekali bahwa merokok itu tidak baik untuk kesehatan. Seperti yang tertera pada bungkus rokok, merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya, termasuk kanker paru-paru. Bukan hanya berbahaya untuk diri sendiri, kebiasaan merokok juga berdampak buruk bagi orang-orang di sekitar perokok yang juga ikut menghirup asap rokok. Meski bukan perokok aktif, tetapi perokok pasif, tetap saja berisiko terkena kanker paru-paru. Jadi, cobalah untuk menghindari merokok untuk langkah mencegah kanker paru-paru.

Menghindari asap rokok

Selain menghindari kebiasaan merokok, kita juga harus menghindari asap rokok sebagai cara mencegah kanker paru-paru. Seperti yang telah dijelaskan pada poin 1 bahwa perokok pasif juga mempunyai risiko terkena kanker paru-paru. Agar tehindari dari asap rokok di tempat-tempat umum, penggunaan masker bisa dijadikan sebagai pilihan atau paling tidak hindarilah sebisa mungkin tempat-tempat umum yang terdapat banyak perokok disana.

Menghindari paparan zat kimia berbahaya

Cara mencegah kanker paru-paru berikutnya adalah dengan cara menghindari paparan zat kimia berbahaya, termasuk zat radioaktif. Zat kimia berbahaya merupakan salah satu penyebab timbulnya kanker paru-paru.

Menghindari konsumsi alkohol

Konsumsi alkohol juga sangat berbahaya. Selain kebiasaan merokok, kebiasaan mengonsumsi alkohol juga bisa bisa memicu munculnya kanker paru-paru. Bukan hanya kanker paru-paru saja, kebiasaan mengonsumsi alkohol juga dapat menyebabkan kanker tenggorokan. Oleh karena itu, hindari kebiasaan mengonsumsi alkohol untuk mencegah kanker paru-paru. Tidak hanya untuk mencegah kanker paru paru yang bisa anda hindari dari alkohol ini, tetapi juga kanker lainnya seperti kanker payudara, kanker otak, dan lain-lain.

Mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran

Jalani pola hidup sehat dengan cara mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang memiliki kandungan zat antioksidan dapat berguna untuk mencegah kanker paru-paru. Zat antioksidan berguna untuk menangkal radikal bebas yang kerap kali dikaitkan dengan kanker.

Olahraga

Kegiatan olahraga juga bisa mencegah kanker termasuk untuk mencegah kanker paru-paru. Aktif bergerak bisa menjauhkan diri dari penyakit berbahaya, termasuk kanker. Tidak hanya penyakit kanker kulit yang bisa anda cegah termasuk juga kanker lainnya, seperti kanker serviks, kanker ovarium dan lainnya.

Konsumsi herbal pencegah kanker

Untuk mencegah kanker paru-paru ini, anda juga bisa mengkonsumsi obat herbal kanker yang bisa mencegah kanker paru paru.

Demikian artikel mengenai cara mencegah kanker paru-paru. Semoga artikel mengenai cara mencegah kanker paru paru diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Mencegah Kanker Paru-Paru

This entry was posted in Obat Kanker Tradisional. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*