Mencegah Kanker Lidah

Mencegah Kanker Lidah

 

Mencegah Kanker Lidah

Mencegah Kanker Lidah

Mencegah Kanker Lidah – Kanker lidah merupakan salah satu bentuk dari kanker mulut, keduanya berada pada daerah atau organ tubuh yang sama jika dillihat secara garis besar. Jika letak sel kanker tersebut berada pada bagian ujung lidah maka para ahli menamakannya dengan sel kanker skuamosa ujung lidah, namun jika berada pada sepertiga atau terletak pada bagian belakang lidah mereka menamakannya dengan sel kanker pangkal lidah. Kedua tipe ini memiliki sifat dan karakterisitik yang berbeda, oleh sebab itu penyebab dan langkah pengobatannya pun berbeda pula.

Mungkin selama ini banyak orang yang belum sadar akan keberadaan penyakit kanker lidah ini. Memang, kasusnya masih sangat jarang terjadi di masyarakat, namun resiko yang ditimbulkannya mengharuskan setiap orang untuk mengetahui apa itu penyakit kanker lidah, seperti apa pengobatannya dan bagaimana cara menanggulanginya dan lainnya.

Jika seorang terkena kanker lidah, ia bisa mengalami beberapa gejala – gejala yang menandakan jika ia terkena kanker lidah. Gejala – gejala tersebut meliputi:

  • Rasa sakit yang tak kunjung sembuh
  • Munculnya benjolan atau penebalan pada area lidah
  • Muncul bercak putih atau kemerahan di dalam mulut
  • gigi palsu sulit digunakan
  • sakit pada lidah yang sangat
  • kaku dan nyeri pada rahang
  • mengalami kesulitan saat mengunyah
  • timbulnya nyeri di tenggorokan

jika menemukan dan merasakan gejala-gejala tersebut dan dalam waktu yang berkepanjangan, penting bagi anda untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Lebih cepat keadaan tersebut diketahui dokter, lebih besar kesempatan anda untuk benar-benar sembuh dari kanker.

Mencegah Kanker Lidah

1. Selalu sikat dan flossing secara teratur

Risiko berkembangnya sel kanker pada mulut dapat dikurangi dengan menjaga kesehatan mulut. Kondisi mulut yang tidak sehat mengurangi sistem kekebalan tubuh dan menghambat kemampuan tubuh untuk melawan kanker. Gosoklah gigi Anda secara teratur minimal 2 kali sehari dan bersihkan gigi dengan benang khusus (flossing) cara mencegah kanker lidah.

2. Jangan merokok atau mengunyah produk tembakau

Nikotin yang terkandung dalam produk tembakau bukan hanya dapat merusak paru-paru tetapi juga mulut. Nikotin akan membuat kondisi mulut menjadi asam dan tidak sehat, sehingga dapat meningkatkan risiko kanker mulut. Berhentilah merokok atau mengunyah produk tembakau seperti bersirih menggunakan tembakau cara mencegah kanker lidah.

3. Hindari minum minuman beralkohol

Cara mencegah kanker lidah dengan menghindari alkohol. Risiko mengembangkan kanker mulut akan meningkat seiring meningkatnya kuantitas dan lamanya seseorang mengonsumsi alkohol.

4. Batasi ekspos terhadap sinar matahari

Gunakan perlindungan terhadap sinar matahari pada bibir Anda ketika berada di bawah sinar matahari cara mencegah kanker lidah. Paparan sinar matahari yang berulang dapat meningkatkan risiko kanker pada bibir, terutama bibir bagian bawah. Pilihlah produk lipstik atau pelembab bibir yang mengandung tabir surya untuk penggunaan sehari-hari.

5. Berolahraga secara teratur

Mencegah kanker lidah dengan berolahraga. Gaya hidup yang aktif dan sehat diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah kanker di seluruh tubuh, termasuk kanker mulut.

6. Makan makanan anti kanker

The American Institute for Cancer Research merekomendasikan untuk makan banyak kacang-kacangan, buah, sayuran berdaun hijau gelap, biji rami, bawang putih, anggur, teh hijau, kedelai dan tomat untuk cara mencegah kanker lidah. Diet dan pemenuhan nutrisi telah menjadi metode pencegahan kanker yang tepat.

7. Kurangi mengolah makanan dengan menggoreng

Ganti cara pengolahan makanan dengan menggoreng dan memanggang menjadi merebus atau mengukus cara mencegah kanker lidah. Gunakan bumbu sehat seperti bubuk bawang putih, jahe dan kunyit untuk menambah rasa.

8. Periksa gigi

Cara mencegah kanker lidah dengan periksa gigi. Periksakan kondisi gigi dan mulut Anda ke dokter gigi secara rutin setidaknya setiap enam bulan sekali dan meminta untuk dilakukan skrining kanker mulut agar dapat mendeteksi kanker sejak dini.

9. Melakukan pemeriksaan sendiri

Cara mencegah kanker lidah dengan melakukan pemeriksaan sendiri. Sama seperti memeriksa kemungkinan kanker payudara, kemungkinan kanker mulut juga dapat diperiksa sendiri di rumah. Caranya adalah dengan membuka mulut lebar-lebar di depan cermin dan memeriksa seluruh bagian mulut, termasuk bagian belakang dan sisi-sisi lidah.

Mencegah Kanker Lidah

This entry was posted in Obat Kanker Tradisional. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*