Mencegah Kanker Kulit

Mencegah Kanker Kulit

 

Mencegah Kanker Kulit -Kanker kulit banyak terjadi pada orang tua, dengan puncak insiden antara umur 51 tahun-60 tahun, pria lebih banyak dibanding wanita, dengan perbandingan sebanyak 2:1, diantaranya orang kulit putih (orang Eropa) memiliki tingkat insiden yang paling tinggi. Penyebab kanker kulit berbeda-beda dan tingkat keganasan kanker pun berbeda-beda. Kanker kulit paling umum terjadi pada lapisan sel skuamosa, basal dan melanosit. Kanker kulit biasanya tumbuh di lapisan terluar atau kulit epidermis, sehingga tumor dapat terlihat dari luar.Kanker kulit merupakan jenis kanker yang paling mudah ditemukan gejalanya pada stadium awal. Kanker kulit yang paling sedikit resiko kematian pada penderita. Karena kulit jarang dapat mencapai organ-organ vital seperti jantung, paru-paru, ginjal dan batang otak pada manusia.

Mencegah Kanker Kulit

Mencegah Kanker Kulit

CARA MENCEGAH KANKER KULIT

Mengetahui cara mencegah kanker kulit merupakan hal berharga yang harus diketahui setiap orang. Penyakit ini adalah kekhawatiran yang dapat mematikan jika tidak diobati. Sinar matahari menjadi salah satu penyebab utama dari kanker kulit, dan tentunya Anda pasti pernah mendengar semua tentang bahaya yang dapat ditimbulkan bila menghabiskan terlalu banyak waktu di bawah sinar matahari tanpa adanya perlindungan. Mengetahui risiko memang sangat penting, tetapi memahami cara menghindari dan mengurangi risiko juga merupakan hal yang tidak kalah pentingnya. Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan sederhana yang dapat Anda lakukan untuk cara mencegah kanker kulit:

  1. Memakai Sunscreen

Cara mencegah kanker kulit dengan menggunakan sunscreen. Ini merupakan hal umum yang paling sering dilakukan beberapa orang, meskipun sebagian yang lain belum begitu sadar akan pentingnya penggunaan sunscreen. Memakai tabir surya adalah sesuatu yang mutlak untuk mencegah kanker kulit. Anda harus memilih setidaknya SPF 30 untuk penggunaan sehari-hari, tapi Anda bisa memilih SPF 50 jika Anda berencana untuk berada di luar ruangan untuk waktu yang cukup lama. Ulangi penggunaan tabir surya setiap beberapa jam guna menjaga perlindungan terhadap kulit Anda sepanjang hari.

  1. Kenakan Topi

Cara mencegah kanker kulit adalah dengan menggunakan topi ketika berada di luar ruangan. Topi memang sesuatu yang sederhana, tapi benda ini dapat melakukan keajaiban dengan melindungi wajah Anda dari resiko kanker kulit. Selain itu, topi juga mampu melindungi mata Anda dari sinar matahari. Saat akan menghabiskan waktu di luar ruangan, sebaiknya kenakanlah pelindung ini, pilihan terbaik adalah topi lebar bertepi. Ada banyak pilihan topi dengan model yang lucu, jadi jangan khawatir untuk mengorbankan selera mode Anda demi keselamatan di bawah sinar matahari.

  1. Carilah Naungan

Cara mencegah kanker kulit adalah dengan mencari tempat utnuk berteduh. Ketika bernaung di tempat yang teduh, Anda tidak sepenuhnya terbebas dari sinar matahari. Itu sebabnya Anda masih perlu menggunakan tabir surya meski bernaung di tempat teduh. Akan tetapi mencari naungan adalah cara yang tepat untuk mengurangi ekspos terhadap UVA dan UVB yang berbahaya. Sesering mungkin, beristirahatlah dari sinar matahari. Payung dapat menjadi solusi yang baik saat Anda berada di pantai atau jalanan dengan matahari yang terik.

  1. Kenakan Pakaian Tertutup

Cara mencegah kanker kulit adalah dengan menggunakan pakaian yang tertutup. Saat musim panas, orang lebih cenderung untuk menggunakan kaos tipis dengan bawahan pendek. Sayangnya hal ini dapat menjadi sesuatu yang berbahaya terutama bila Anda berada di luar ruangan dalam waktu yang lama. Mengenakan pakaian tertutup adalah cara yang sangat mudah untuk memblokir sinar matahari dan menghindari resiko kanker kulit.

  1. Pakailah Kacamata Hitam

Cara mencegah kanker kulit adalah dengan menggunakan kacamata hitam. Daerah sekitar mata dan retina merupakan area wajah yang cukup sensitif dan tipis, sehingga melindunginya dari sinar matahari adalah suatu keharusan untuk mencegah terjadinya kanker kulit. Pakailah kacamata hitam yang membungkus mata dan sebagian kulit wajah Anda. Ada banyak kacamata modis yang sesuai dengan selera Anda.

  1. Diet Sehat

Cara mencegah kanker kulit adalah dengan melakukan diet sehat. Makanan tertentu yang sarat dengan nutrisi harus Anda konsumsi untuk membuat kulit tetap sehat dan tampak sempurna. Konsumsilah makanan yang mengandung Vitamin A, yang ditemukan dalam banyak buah-buahan dan sayuran. Vitamin E adalah nutrisi ramah-kulit lainnya yang bisa Anda dapatkan dari biji bunga matahari.

Anda juga harus memastikan asupan pemuatan antioksidan, yang melawan kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker kulit. Ini dapat ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, kopi, teh, coklat dan banyak makanan lainnya. Diet seimbang adalah cara mudah untuk mencegah kanker kulit serta masalah kesehatan lainnya.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kanker kulit. Sekian artikel mengenai cara mencegah kanker kulit. Semoga artikel mengenai cara mencegah kanker kulit diatas dapat bermanfaat untuk Anda.

Mencegah Kanker Kulit

This entry was posted in Obat Kanker Tradisional. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*