Makanan Penyebab Kanker

Makanan Penyebab Kanker

Makanan Penyebab Kanker

Di zaman kehidupan saat ini, cukup sulit tentunya untuk memilih makanan yang memang benar-benar sehat. Hal ini disebabkan karena tingginya polusi saat ini menyebabkan makanan sehat menjadi tidak sehat. Selain itu, banyaknya aneka macam olahan makanan menyebabkan kita sering kesulitan memilih makanan yang bukan merupakan makanan penyebab kanker yang dimakan setiap hari. Jadi, apa saja yang perlu kita lakukan? Tentu saja mengenali terlebih dahulu karakteristik yang dapat menyebabkan kanker.

Kanker disebabkan oleh makanan yang mengandung banyak gula buatan, diolah dengan suhu tinggi dan digoreng beberapa kali dengan minyak jelantah, serta makanan yang tidak matang secara sempurna. Jika melihat kriteria makanan penyebab kanker tersebut, tentu saja itu adalah yang sering kita temui sehari-hari. Lalu bagaimana cara menghindari berbagai macam olahan tersebut?

  • Mengubah gaya hidup, dengan benar-benar memperhatikan cara mengolah makanan
  • Mulai mengkonsumsi makanan sehari-hari pencegah kanker
  • Olahraga secara teratur
  • Memulai diet sehat mengatur pola makan

Setelah mengetahui cara menghindari berbagai macam olahan makanan penyebab kanker, tentu saja sekarang saatnya mengenal daftar makanan penyebab kanker jika dimakan setiap hari, yaitu sebagai berikut:

 

  1. Donat

Donat jika kita melihat cara pengolahannya adalah makanan yang mengandung gula, karbohidrat (tepung), dan minyak. Tiga jenis olahan pemicu kanker yang tergabung dalam satu jenis makanan. Padahal, donat adalah makanan penyebab kanker yang sangat digemari oleh banyak orang mulai dari anak-anak hingga dewasa. Namun ada baiknya bagi Anda untuk tidak setiap hari mengkonsumsi donat terutama bagi anak Anda.

 

  1. Daging bakar

Daging bakar ternyata masuk dalam salah satu makanan penyebab kanker usus dan penyebab kanker lambung yang menyerang sistem pencernaan. Daging yang diolah dengan cara dibakar kurang matang secara sempurna, sehingga dapat memicu munculnya zat-zat mutagenik yang dapat memberikan efek buruk bagi tubuh. Selain itu, daging bakar juga tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil dikarenakan kematangan yang tidak sempurna dapat memasukkan bakteri ke dalam tubuh.

 

  1. Aneka daging olahan (sosis, cornet, nugget, dll)

Aneka daging olahan ternyata sangat berbahaya, hal ini dikarenakan pada daging olahan terdapat kandungan natrium nitrit yang dapat membentuk nitrosamin pada tubuh dan memicu sel-sel kanker menjadi ganas. Mengapa pada daging olahan menggunakan natrium nitrit? Ya, untuk memberikan warna merah segar. Sehingga ketika Anda membuka kemasan Anda melihat daging tersebut terlihat baik dan segar. Ada baiknya untuk mulai membatasi konsumsinya.

 

  1. Kripik kentang

Jika Anda salah satu penggemar kripik kentang, jangan senang dulu. Ternyata kripik kentang masuk dalam nominasi makanan penyebab kanker yang dimakan setiap hari. Selain mengandung zat karsinogenik, kripik kentang juga mengandung lemak yang diperoleh dari proses penggorengan. Terlebih jika penggunaan minyak jelantah pada saat proses menggoreng akan lebih membahayakan tubuh. Hal ini dikarenakan minyak jelantah mengandung kadar kolesterol tinggi yang menjadi penyebab kanker prostat pada pria.

 

  1. Makanan kaleng

Makanan kaleng sangat berbahaya bagi tubuh. Memang pada dasarnya produsen sudah memikirkan bagaimana agar makanan yang tersimpan di dalam kemasan kaleng tidak berbahaya bagi tubuh. Namun tentunya semua itu ada masanya. Bagaimanapun makanan yang tersimpan dalam kaleng akan mengalami perubahan kandungan zat, sehingga ada baiknya agar Anda mengurangi konsumsi makanan kaleng. Selain itu, jika memang Anda terpaksa harus mengkonsumsi makanan kaleng, perhatikan kemasannya. Jangan membeli makanan kaleng yang kemasannya rusak, penyok. Karena hal tersebut dapat mencemari makanan yang ada di dalam kaleng.

 

  1. Buah dan sayur yang tercemar pestisida

Makanan Penyebab KankerBuah dan sayur yang tercemar oleh pestisida dapat memicu terjadinya kanker. Kandungan racun pada tubuh akan semakin meningkat dan memicu hormon-hormon yang merugikan tubuh. Selain itu, dengan tercemarnya tubuh kita karena buah dan sayur yang mengandung pestisida, sel-sel tubuh juga akan mengalami kerusakan. Oleh karena itu, mencuci bersih buah dan sayur sebelum Anda konsumsi akan memperkecil resiko tubuh tercemar oleh pestisida.

 

  1. Tepung terigu

Tepung terigu adalah bahan dasar makanan yang kaya akan karbohidrat. Jika Anda ingin mengurangi resiko terkena kanker payudara, mulai kurangi makan-makanan yang terbuat dari tepung terigu. Karbohidrat yang ada di dalam tepung terigu dapat meningkatkan kadar gula darah pada tubuh, yang mana peningkatan kadar gula ini dapat memicu sel tumor dan kanker berkembang semakin pesat terutama kanker hati, kanker usus, dan kanker lambung.

 

  1. Kedelai

Kedelai memang menyehatkan. Namun ternyata, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh American Cancer Society menyebutkan bahwa konsumsi kedelai berlebih ternyata menjadi makanan penyebab kanker payudara. Bagaimana bisa? Kandungan hormon estrogen phytochemical yang ada di dalam kedelai inilah yang dapat memicu terjadinya kanker payudara, terutama pada wanita.

 

Demikianlah ulasan mengenai makanan penyebab kanker yang dimakan setiap hari. Semoga semakin meningkatkan kewaspadaan kita terhadap apa yang kita konsumsi dan dampak jangka panjang pada tubuh kita. Semakin banyak bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh kita, maka resiko terkena penyakit kanker. Tetap hidup sehat, dan mari bersama-sama mengurangi resiko kanker.

 

 

Makanan Penyebab Kanker

This entry was posted in Obat Kanker Tradisional. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*