Kanker yang Masih Dapat Disembuhkan

Kanker yang Masih Dapat Disembuhkan

Kanker yang Masih Dapat Disembuhkan

Meskipun kanker merupakan penyakit yang mematikan dan membutuhkan pengobatan yang lama, bukan berarti penyakit ini tidak dapat disembuhkan. Harapan akan kesembuhan selalu terbuka bagi mereka yang mencoba. Banyak kasus pengidap kanker akhirnya berhasil sembuh setelah menjalani pengobatan dengan tekun. Pengidap kanker memang seolah berlomba dengan waktu. Semakin cepat kanker ditemukan dan ditangani, kemungkinan untuk sembuh juga semakin besar.

Menurut data World Health Organization (WHO), 50% penyakit kanker dapat disembuhkan secara kuratif tanpa kambuh lagi. Sekali lagi, itu bergantung pada jenis kanker dan stadium. Masalahnya adalah masyarakat Indonesia belum paham betul mengenai manfaat deteksi dini penyakit melalui medical check-up sedangkan gejala awal kanker kadang tak disadari oleh para penderitanya.

Jika didagnosis pada stadium 1, kemungkinan bertahan hidup untuk 5 tahun masih besar, yaitu sekitar 90%. Jika naik ke stadium 2, kemungkinannya turun menjadi 70%. Semakin tinggi stadiumnya, semakin rendah kemungkinannya untuk sembuh. Pada kanker stadium 4, kemungkinan bertahan hidup sampai 5 tahun hanya 20%. Artinya, hanya 2 dari 10 pasien yang bisa bertahan hidup sampai 5 tahun. Saat ini ada berbagai macam pengobatan untuk kanker, yaitu pembedahan, kemoterapi, radioterapi, hormonal, serta imunoterapi. Efektifitas terapi ini sangat bergantung pada jenis dan tingkat keparahan kanker. Banyak kasus pasien kanker yang masih dapat disembuhkan dengan terapi, asal penyakitnya masih dalam stadium awal.

Semua orang pasti setuju bahwa kanker merupakan penyakit yang berbahaya serta mematikan. Begitu sel kanker menyebar di seluruh tubuh, maka akarnya akan bertumbuh dan membuat penyakit ini bercokol dengan dahsyat di dalam tubuh. Oleh karena itu penyakit ini terkadang membuat penderitanya merasa pesimis untuk sembuh.

Namun, tahukah kamu bahwa saat penyakit ini dideteksi secara dini maka kemungkinan untuk sembuh dari kanker sangatlah besar? Berikut adalah beberapa jenis kanker yang masih dapat disembuhkan ketika sudah diketahui sejak awal.

 

  1. Kanker serviks

Kanker serviks merupakan salah satu jenis kanker yang masih dapat disembuhkan secara efektif dan disembuhkan. Terutama jika kamu sebelumnya melakukan tes papsmear yang bisa mendeteksi munculnya sel kanker sejak dini. Selan itu jenis sel kanker serviks termasuk paling lambat untuk bertumbuh dan menyebar sehingga jika diketahui dan diobati sejak dini bisa disembuhkan.

 

  1. Kanker payudara

Jenis yang pertama adalah ductal carcinoma in situ (DCIS) dimana sel kanker payudara berkembang di saluran payudara. Kemudian yang kedua adalah lobular carcinoma in situ (LCIS) atau sel kanker tumbuh di kelenjar payudara. Kanker yang masih dapat disembuhkan ketika sel kanker masih seukuran kacang atau sekitar 2 cm.

 

  1. Kanker testis

Kanker testis merupakan kanker yang masih dapat disembuhkan ketika masih dalam tahap awal dan belum menyebar ke bagian tubuh lainnya. Biasanya, untuk menghentikan penyebaran sel kanker maka dokter akan menghapus testis yang terdeteksi tumor. Lalu dilanjut dengan radiasi atau kemoterapi, maka sel kanker akan hilang secara efektif.

 

  1. Kanker prostat

Kanker yang masih dapat disembuhkan berikutnya yaitu kanker prostat. Pria yang terkena kanker prostat masih bisa hidup dengan normal, tanpa komplikasi. Deteksi sejak dini yang digabung dengan operasi maupun radiasi akan membuat sel kanker ini rontok. Dan bagi yang sudah sampai di stadium lanjut, pengobatan kanker prostat bisa memperpanjang usia hingga 5 sampai 10 tahun ke depan.

 

  1. Kanker kulit

Kanker kulit atau melanoma dianggap sebagai jenis kanker yang memiliki tingkat harapan hidup tinggi pada penderitanya. Awalnya kanker kulit dimulai dengan munculnya bercak besar, gelap, berbentuk aneh, serta timbul. Nah, ini juga termasuk kanker yang masih dapat disembuhkan ketika kamu mengalami hal ini sebaiknya segera periksakan ke dokter agar bisa diobati dengan efektif dan tidak menyebar ke bagian tubuh lain.

 

  1. Kanker tiroid

Kelenjar tiroid terletak di leher yang kemudian menghasilkan hormon untuk membakar kalori atau mengontrol detak jantung. Papiler atau jenis yang paling umum dari kanker tiroid akan tumbuh secara perlahan. Saat membesar dan dokter mengobatinya dengan cara operasi, maka sel kanker akan hilang.

 

Deteksi kesehatan sejak dini sangat diperlukan untuk mengetahui potensi penyakit apa saja yang bisa muncul, begitu pula dengan kanker. Jadi, rajin-rajinlah mengontrol kesehatan tubuhmu ya!

 

 

Kanker yang Masih Dapat Disembuhkan

This entry was posted in Obat Kanker Tradisional. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*