Kanker Usus Penyebab Dan Gejalanya

Kanker Usus Penyebab Dan Gejalanya

 

Kanker Usus Penyebab Dan GejalanyaKanker UsusKanker usus merupakan kanker umum yang terjadi di bagian pencernaan, selain kanker lambung dan kanker esophagus. Sebagian besar pasien kanker usus berusia di atas 40 tahun, terdapat sekitar 15% penderita yang berusia 30 ke bawah, dan lebih sering di temukan pada laki-laki.

Penyebab kanker usus besar ini juga belum bisa diketahui secara pasti, akan tetapi menurut informasi dari doktersehat.com ada beberapa hal yang diduga kuat berpotensi memunculkan penyakit ganas ini, yaitu: cara diet yang salah (terlalu banyak mengkonsumsi makanan tinggi lemak dan protein, serta rendah serat), obesitas (kegemukan), pernah terkena kanker usus besar, berasal dari keluarga yang memiliki riwayat kanker usus besar, pernah memiliki polip di usus, umur (risiko meningkat pada usia di atas 50 tahun), jarang melakukan aktivitas fisik, sering terpapar bahan pengawet makanan maupun pewarna yang bukan untuk makanan, dan merokok.

Ada beberapa tanda dan gejala kanker usus besar yang timbul :

Darah Pada Tinja

Ini adalah tanda utama atau gejala kanker usus besar maupun kanker lainnya. Selain ada darah, biasanya tekstur tinja pada penderita kanker usus juga berubah menjadi lebih panjang dan tipis.

Anemia

Akibat terlalu banyak darah yang keluar melalui tinja, tubuh pun berisiko mengalami anemia. Penderita kanker usus yang mengalami anemia pun akhirnya merasa lebih lemas dan warna kulit tubuh berubah pucat. Ini juga merupakan gejala kanker usus besar.

Kelelahan

Wajar saja sebenarnya jika Anda kelelahan setelah beraktivitas. Tetapi jika rasa lelah itu disertai dengan gejala kanker usus besar yang lain, sebaiknya Anda waspada. Sebab seperti yang sudah disebutkan, lelah biasanya dipicu dari anemia.

Penurunan Berat Badan

Selain anemia dan kelelahan, penderita kanker usus juga akan mengalami penurunan berat badan secara drastis. Padahal penderita tidak sedang menjalani diet atau program penurunan berat badan.

Masalah Buang Air Besar

Diare, sembelit, atau yang lain adalah hal-hal yang membuat jadwal buang air besar bermasalah. Tetapi jangan sepelekan kondisi itu jika Anda mengalaminya disertai dengan gejala kanker usus besar yang lain.

Perut Tidak Nyaman

Tanda berikutnya seseorang positif terserang kanker usus adalah kerap merasakan nyeri, sakit, inflamasi, dan kembung di area perut. Sebab perasaan tidak nyaman tersebut diduga berasal dari sel kanker yang menginvasi tubuh.

Obesitas

Untuk kasus orang yang obesitas, biasanya bagian perutnya membuncit ketika terserang kanker usus. Jadi sebelum terlambat, sebaiknya turunkan berat badan karena obesitas juga disebut sebagai salah satu faktor risiko kanker usus.

Berikut ini cara mencegah kanker usus:

  1. Waspadai Konsumsi Aspirin

Cara mencegah kanker usus dengan mewaspadai konsumsi aspirin. Aspirin merupakan obat terkenal di dunia medis. Sama terkenalnya dengan obat paracetamol dan juga obat antibotik. Aspirin merupakan obat yang digunakan untuk meredakan nyeri yang diderita. Misalnya sakit gigi dan juga sakit kepala. Mulai sekarang berhati-hatilah dalam mengkonsumsi obat. Hal tersebut dikarenakan banyak penyakit kronis yang dihasilkan dari efek mengkonsumsi aspirin.

  1. Jangan Merokok

Cara mencegah kanker usus dengan tidak merokok. Merokok merupakan penyebab dari kanker usus besar. Banyak orang yang tahu akan bahaya merokok namun mereka masih saja melakukannya. Zat nikotin yang ada di dalam rokok tidak akan bisa diuraikan oleh usus. Oleh sebab itu zat nikotin akan menempel pada usus dan menjadi toksin yang berbahaya bagi usus.

  1. Mengomsumsi makanan yang tinggi serat

Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat. Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung serat hingga lebih dari 15 gram serat setiap hari. Serat dapat mengontrol kecepatan makanan ketika melewati sistem pencernaan dan mencegah kanker usus.

Kanker Usus Penyebab Dan Gejalanya

This entry was posted in Obat Kanker Tradisional. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*