Kanker Tulang Ini Penyebabnya !

Kanker Tulang Ini Penyebabnya !

Kanker Tulang ­-Kanker tulang dapat terjadi pada tulang manapun dalam tubuh, misalnya kanker tulang belakang dll, tetapi paling sering mempengaruhi tulang lengan dan kaki. Ada beberapa jenis kanker tulang. Beberapa jenis kanker tulang terjadi terutama pada anak-anak, sementara yang lain mempengaruhi sebagian besar orang dewasa.

Istilah “kanker tulang” tidak termasuk kanker yang dimulai di tempat lain dalam tubuh dan menyebar (bermetastasis) ke tulang. Sebaliknya, kanker tersebut dinamai dari mana kanker itu dimulai, misalnya kanker payudara yang telah menyebar ke tulang. Kanker tulang juga tidak termasuk kanker darah, seperti multiple myeloma dan leukemia, yang dimulai di sumsum tulang.

Kanker Tulang Ini Penyebabnya !

Kanker Tulang Ini Penyebabnya !

Penyebab kanker tulang

Penyebab pasti kanker tulang belum diketahui, namun kondisi ini diduga disebabkan adanya perubahan atau mutasi di dalam struktur DNA yang mengendalikan pertumbuhan sel sehingga sel-sel tersebut terus tumbuh di luar kendali. Penumpukan sel-sel ini kemudian membentuk tumor yang dapat menyerang struktur tulang di dekatnya atau bahkan menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Berikut ini beberapa faktor yang diduga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker tulang:

  • Paparan radiasi tinggi dari suatu pengobatan yang pernah dialami penderita, misalnya radioterapi.
  • Pernah memiliki riwayat suatu jenis kanker mata yang disebut retinoblastoma saat kecil.
  • Pertumbuhan tulang yang cepat pada pubertas.
  • Menderita penyakit Paget, yaitu suatu kondisi yang dapat menyebabkan tulang lemah.
  • Menderita penyakit hernia umbilitikus sejak lahir.

Gejala Kanker Tulang

Gejala kanker tulang diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Rasa nyeri atau sakit.

Biasanya rasa nyeri atau sakit dirasakan pada bagian tulang belakang seperti leher atau juga tulang punggung. Rasa sakit ini juga terkadang dirasakan menyebar ke seluruh tubuh atau anggota badan lainnya.

2. Badan terasa lemah dan lesu.

Gejala ini disebabkan oleh gangguan pada impuls dari tulang belakang. Apabila kanker sudah menyebabkan peradangan besar pada tulang belakang, maka otak kita tidak akan mampu berkomunikasi baik dengan kaki. Akiatnya, akan terasa sulit untuk berjalan, meraih sesuatu atau memegang.

3. Inkontinensia.

Kanker tulang belakang dapat menyebabkan inkontinnsia. Gejala ini sangat mirip dengan kelemahan, karena tekanan pada saraf tertentu pada tulang belakang yang bertanggung jawab untuk mengontrol kinerja kandung kemih dan usus. Jika impuls terganggu, dapat menyebabkan seseorang kehilangan kontrol kandung kemih mereka, usus, atau bahkan keduanya.

4. Kelumpuhan.

Seiring dengan perkembangan kanker tulang belakang, seseorang mungkin akan mengalami kelumpuhan. Tergantung pada beratnya kanker, kelumpuhan bisa diisolasi untuk 1 anggota badan. Ukuran dan lokasi pertumbuhan menentukan jumlah kelumpuhan, karena kanker bisasampai ke saraf.

5. Kepekaan berkurang.

Kanker tulang belakang bisa mempengaruhi sensasi sentuhan. Karena sumsum tulang belakang adalah saraf pusat, peradangan atau tekanan di daerah ini dapat menyebabkan pengurangan sensasi. Objek mungkin tidak lagi merasa panas atau dingin untuk disentuh. Serupa dengan ketidakmampuan otak untuk berkomunikasi dengan anggota badan, dan anggota badan menjadi tidak sepenuhnya berkomunikasi dengan otak.

Pencegahan Kanker Tulang

Walaupun belum diketahui penyebab pastinya, kita masih dapat melakukan beberapa langkah pencegahan agar bisa terhindar dari penyakit ini dengan memahami bagaimana proses timbulnya kanker. Biasanya, kanker muncul karena adanya radikal bebas dan zat karsinogen dalam tubuh. Karena itu, pencegahan yang dapat dilakukan secara umum adalah dengan menerapkan pola hidup sehat seperti menjauhi rokok dan alkohol, menghindari makanan yang mengandung banyak lemak dan zat karsinogen, mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung antioksidan dan mineral penting lainnya, serta melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur (terutama bagi yang memiliki faktor resiko yang tinggi untuk terkena kanker).

Kanker Tulang Ini Penyebabnya !

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*