Kanker Tulang Dan Penyebabnya

Kanker Tulang Dan Penyebabnya

 

Kanker tulang primer adalah di mana kanker tumbunya berasal tulang . Kanker tulang adalah jenis kanker langka . Kanker tulang memiliki beberapa jenis yang berbeda. Perawatan yang dapat dianggap termasuk operasi, kemoterapi dan radioterapi . Antara jenis pengobatan yang dilakukan dengan tingkat kesembuhan kanker tergantung pada berbagai faktor termasuk jenis kanker tulang, daerah tumbuhnya kanker dan stadium kanker.

Tulang adalah salah satu jaringan pada tubuh kita . Jaringan tulang keras terbuat dari serat kolagen yang memiliki sifat kuat dan elastis, dan mineral. Ada dua jenis sel dalam jaringan tulang keras yang membentuk tulang, yaitu oseoblas dan osteoklas. Osteoblas  membuat dan menetapkan materi tulang Sementara osteoklas menyerap atau melarutkan partikel tulang . Sel-sel ini terus aktif aktif sepanjang hidup . Kedua sel tersebut  bekerja secara seimbang dalam proses perkembangan dan pembentukan tulang, memperbaiki kerusakan dan menjaga struktur tulang. Selain sel pembentuk tulangkeras, ada juga sel pembentuk tulang rawan, yaitu kondrosit. Kondrosit adalah sel yang membuat tulang rawan , jaringan yang menutupi ujung tulang pada sendi. Pada sebagian tulang besar, terdapat sumsum tulang, dimana berbagai jenis sel darah diproduksi.

Kanker Tulang Dan Penyebabnya

Penyebab Kanker Tulang

Kelainan Tulang

Kanker tulang dapat timbul karena terdapat kelainan pada tulang tersebut. Kelainan itu seperti penyakit paget bone.

Radioterapi

DNA sel – sel tulang dapat rusak karena pengobatan radioterapi.Dan sel – sel yang rusak tersebut dapat menjadi kanker pada tulang.

Genetik predisposisi

Kanker tulang dapat di sebabkan oleh kelainan gen yang diturunkan oleh orang tua.

Jenis kelamin

Laki – laki lebih besar resiko terkena kanker tulang, karena laki – laki lebih tinggi dari perempuan.

Tinggi badan

Kanker tulang sangat di pengaruhi oleh tinggi badan.Orang yang memiliki badan yang tinggi lebih beresiko karena perkembangan pada tulang lebih cepat dari orang yang memiliki tubuh kurang tinggi.

Lingkungan

Lingkungan dapat menyebabkan kanker tulang, ini dikarenakan udara lingkungan tercemar oleh berbagai virus dan bakteri.Paparan dari pestisida dan fluoride dan perawatan radioterapi dapat memicu tumbuhnya sel kanker pada tulang.

Pembengkakan

Pembengkakan yang terjadi akibat patah tulang saat kecelakaan dapat memicu timbulnya sel kanker.

Warna kulit

Anak yang memiliki kulit putih lebih beresiko terkena kanker tulang daripada anak berkulit gelap.

DNA

Jumlah DNA yang berubah juga dapat memicu terdapatnya sel kanker pada tulang.

Mutasi Gen

Mutasi gen yang menyebabkan perubahan genetic memicu timbulnya sel kanker.

Apa Saja Gejala Kanker Tulang ?

  1. Rasa nyeri atau sakit.

Biasanya rasa nyeri atau sakit dirasakan pada bagian tulang belakang seperti leher atau juga tulang punggung. Rasa sakit ini juga terkadang dirasakan menyebar ke seluruh tubuh atau anggota badan lainnya.

  1. Badan terasa lemah dan lesu.

Gejala ini disebabkan oleh gangguan pada impuls dari tulang belakang. Apabila kanker sudah menyebabkan peradangan besar pada tulang belakang, maka otak kita tidak akan mampu berkomunikasi baik dengan kaki. Akiatnya, akan terasa sulit untuk berjalan, meraih sesuatu atau memegang.

  1. Inkontinensia.

Kanker tulang belakang dapat menyebabkan inkontinnsia. Gejala ini sangat mirip dengan kelemahan, karena tekanan pada saraf tertentu pada tulang belakang yang bertanggung jawab untuk mengontrol kinerja kandung kemih dan usus. Jika impuls terganggu, dapat menyebabkan seseorang kehilangan kontrol kandung kemih mereka, usus, atau bahkan keduanya.

  1. Kelumpuhan.

Seiring dengan perkembangan kanker tulang belakang, seseorang mungkin akan mengalami kelumpuhan. Tergantung pada beratnya kanker, kelumpuhan bisa diisolasi untuk 1 anggota badan. Ukuran dan lokasi pertumbuhan menentukan jumlah kelumpuhan, karena kanker bisasampai ke saraf.

  1. Kepekaan berkurang.

Kanker tulang belakang bisa mempengaruhi sensasi sentuhan. Karena sumsum tulang belakang adalah saraf pusat, peradangan atau tekanan di daerah ini dapat menyebabkan pengurangan sensasi. Objek mungkin tidak lagi merasa panas atau dingin untuk disentuh. Serupa dengan ketidakmampuan otak untuk berkomunikasi dengan anggota badan, dan anggota badan menjadi tidak sepenuhnya berkomunikasi dengan otak.

Kanker Tulang Dan Penyebabnya

This entry was posted in Obat Kanker Tradisional. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*