Kanker Tiroid Stadium 4

Kanker Tiroid Stadium 4

 

Kanker Tiroid Stadium 4Kanker TiroidKanker tiroid sendiri adalah pertumbuhan sel abnormal di dalam kelenjar tiroid. Kanker tiroid merupakan sejenis kanker yang cukup jarang terjadi dan biasanya mudah disembuhkan jika diketahui sejak awal.

Kanker tiroid biasanya terjadi pada orang yang berusia antara 35-39 tahun dan juga pada usia 70 tahun ke atas. Wanita lebih berisiko mengalami kanker tiroid dua hingga tiga kali lipat dibandingkan pria. Meski alasan pasti kenapa hal ini terjadi masih tidak diketahui, tapi ada kemungkinan berkaitan dengan perubahan hormon pada sistem reproduksi wanita.

Kanker tiroid terbagi menjadi empat jenis, yaitu:

  • Karsinoma papiler. Ini adalah jenis kanker tiroid yang paling umum (sekitar 60 persen kasus kanker tiroid) dan biasanya memengaruhi wanita pada usia di bawah 40 tahun.
  • Karsinoma folikuler. Jenis ini terjadi sekitar 15 persen dari seluruh kasus kanker tiroid dan cenderung terjadi pada orang-orang lanjut usia.
  • Karsinoma medular tiroid. Jenis ini terjadi sekitar 5-8 persen dari seluruh kasus kanker tiroid, tapi kanker tiroid jenis ini bisa turun-menurun di dalam satu keluarga, ini yang membedakan dengan jenis kanker tiroid lainnya.
  • Karsinoma tiroid anaplastik. Ini jenis kanker tiroid yang paling jarang dan paling agresif. Kondisi ini hanya terjadi pada 5 persen dari kasus kanker tiroid yang ada dan umumnya terjadi pada orang pada usia 60 tahun ke atas.

Gejala Umum Dari Kanker Tiroid

Kanker karsinoma tiroid

Karsinoma tiroid papiler menunjukkan pembesaran bertahap massa leher, massa tidak menimbulkan rasa sakit, akan ada berbagai tingkat suara serak. Kanker tiroid papiler sering ditemukan secara tidak sengaja oleh pasien atau dokter, sehingga waktu perawatan biasanya terlambat, dan sering salah didiagnosis sebagai lesi jinak. Pasien dengan kanker tiroid papiler, fungsi tiroid tidak berubah, namun beberapa pasien mungkin hadir dengan hipertiroidisme.

Karsinoma tiroid folikular

Sebagian besar pasien adalah manifestasi pertama tumor tiroid, tumor tumbuh lebih cepat, tekstur media massa, sakit, permukaan tidak mulus, aktivitas yang baik. Setelah invasi jaringan tiroid tetap berdekatan, dinyatakan sebagai suara serak, beberapa pasien mungkin mengalami gejala metastasis.

Karsinoma tiroid meduler

Kebanyakan pasien pertama kali didiagnosis, manifestasi utama nodul tiroid keras menyakitkan, kelenjar getah bening lokal, jika invasi saraf laring berulang, mungkin ada suara serak. USG tidak hanya dapat mengamati ukuran tumor tiroid, lokasi dan jumlah, tetapi juga menemukan bahwa situasi di sekitar kelenjar getah bening.

Kanker tiroid anaplastik

  • Sebagian besar pasien menunjukkan massa leher progresif, tapi tidak sebelum timbulnya gondok, benjolan keras, dan meningkat pesat;
  • Gondok, mungkin berhubungan dengan metastasis jauh;
  • Ada riwayat nodul tiroid selama bertahun-tahun, namun peningkatan tajam tiba-tiba massa tiroid dan menjadi keras seperti batu.

Cara Pencegahan Kanker Tiroid

Beberapa yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker tiroid ini adalah sebagai berikut :

Menjalankan Pola Hidup Sehat

Menjalankan pola hidup sehat jelas akan membuat kita sehat. Tidak hanya terbebas dari berbagai penyakit lainnya, tetapi juga terbebas dari penyakit kanker.

Mencegah Asupan zat Kimia berbahaya

Hindari asupan zat-zat kimia, seperti dalam pengawet makanan, pewarna makanan, dan lain-lain. Kalaupun tidak bisa menghindari. Setidaknya kita bisa menguranginya.

Membatasi Radiasi

Radiasi juga sangat berbahaya bagi kesehatan. Salah satu cara terbaik mencegah kanker thyroid adalah membatasi paparan radiasi. Empat puluh lima persen dari paparan berasal dari pemeriksaan medis, terutama CAT Scan dan sinar X – X-ray.

Mendapat Kecukupan Garam

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar iodine dapat mempengaruhi timbulnya kanker tiroid. kadar iodine rendah dapat meningkat risiko kanker tiroid. Garam mungkin sumber terbesar iodine dalam diet. Jadi, cobalah untuk mencukupi kebutuhan garam perharinya.

Konsumsi Anti Oksidan

Kanker tiroid dapat diturunkan dengan makanan yang banyak mengandung anti oksidan. Contoh makanan yang kaya anti onksidan adalah brokoli, wortel dan jeruk. Menambahkan lebih banyak buah dan sayuran ke dalam diet juga dapat mengendalikan berat badan. Kemungkinan terdapat hubungan antara obsesitas dan kanker tiroid. Dapatkan 4 saji atau lebih perhari.

Kanker Tiroid Stadium 4

This entry was posted in Obat Kanker Tradisional. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*