Kanker Tiroid Dan Gejala

Kanker Tiroid Dan Gejala

 

 

Kanker Tiroid Dan Gejala

Kanker Tiroid – Kelenjar tiroid merupakan salah satu kelenjar yang terdapat di tubuh manusia yang merupakan kelenjar penghasil hormon yang sangat penting bagi tubuh manusia .Salah satu fungsi kelenjar tiroid mengatur kecepatan pembakaran energi dalam tubuh.Kelenjar tiroid ini juga berfungsi membuat protein dan mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon yang lain, mungkin banyak orang yang sangat asing dengan yang namanya kelenjar tiroid, termasuk salah satunya anda.

Hal ini wajar karena organ ini kurang menjadi perhatian meskipun fungsinya sama penting dengan organ lain, menurut penelitian, lokasi organ ini ada di bagian depan leher persis dibawah laring atau pita suara dan berbentuk seperti kupu-kupu.Kelenjar tiroid merupakan salah satu dari kelenjar endokrin terbesar pada tubuh manusia, kelenjar tiroid dapat mengalami perubahan akan fungsinya yang penyebabnya belum terlalu jelas namun kemungkinan berhubungan dengan faktor makanan ( kelebihan atau kekurangan yodium), sejarah paparan radiasi, peningkatan sekresi estrogen, faktor genetik atau dikarenakan berkembang dari pernyakit tiroid jinak seperti nodular gondok, hipertiroid, tiroid adenoma, terutama tiroiditis limfositik kronis.

Kanker tiroid akan terjadi ketika sel-sel dalam tiroid mengalami bermutasi (perubahan genetik), yang membuatnya berkembang biak dan tumbuh dengan cepat. Sel-sel yang abnormal ini dapat menyerang jaringan di sekitarnya dan juga menyebar ke seluruh tubuh. Penyebab mengapa sel-sel tiroid ini bermutasi masih belum diketahui dengan jelas.

Namun para ahli mengidentifikasi beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang untuk terkena kanker tiroid. Faktor-faktor risiko tersebut antara lain:

  1. Paparan radiasi, termasuk terapi radiasi terutama pada bagian tubuh atas
  2. Riwayat keluarga penderita kanker tiroid
  3. Jenis kelamin (wanita lebih sering)
  4. Pembesaran gondok kronis.

Gejala kanker tiroid

1. Benjolan di leher depan

Tepat dibawah jakun, jika ada benjolan disana, anda sebaiknya siaga. Sebab terkadang benjolan yang merupakan gejala awal timbulnya kanker tiroid bisa tumbuh perlahan atau cepat sekal.

2. Sulit bicara

Jika penyakit bergerak kejaringa sekitar, seperti pita suara, biasanya penderita akan mengalami kesulitan bicara dan suaranya berubah serak.

3. Kelenjar getah bening

Penderita kanker tiroid juga merasakan pembesaran pada kelenjar getah bening yang ada di leher, dengan sentuhan lembut, pembesaran tersebut bisa dirasakan.

4. Sulit menelan

Selain sulit berbicara, benjolan di tiroid juga menekan kerongkongan, sehingga penderita merasa kesulitan saat menelan makanan.

5. Sulit bernapas

Dalam beberapa kasus, benjolan bahkan bisa menyempitkan tenggorokan, sehingga pasien kanker tiroid juga kesulitan dalam bernapas.

6. Nyeri leher

Karena adanya benjolan dan tekanan terhadap saraf di sekitar leher, bagian tersebut terkadang terasa nyeri. Bahkan nyeri tersebut bisa menyebar sampai ke telinga.

Cara Pencegahan Kanker Tiroid

Beberapa yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker tiroid ini adalah sebagai berikut :

  1. Menjalankan Pola Hidup Sehat

Menjalankan pola hidup sehat jelas akan membuat kita sehat. Tidak hanya terbebas dari berbagai penyakit lainnya, tetapi juga terbebas dari penyakit kanker.

  1. Mencegah Asupan zat Kimia berbahaya

Hindari asupan zat-zat kimia, seperti dalam pengawet makanan, pewarna makanan, dan lain-lain. Kalaupun tidak bisa menghindari. Setidaknya kita bisa menguranginya.

  1. Membatasi Radiasi

Radiasi juga sangat berbahaya bagi kesehatan. Salah satu cara terbaik mencegah kanker thyroid adalah membatasi paparan radiasi. Empat puluh lima persen dari paparan berasal dari pemeriksaan medis, terutama CAT Scan dan sinar X – X-ray.

  1. Mendapat Kecukupan Garam

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar iodine dapat mempengaruhi timbulnya kanker tiroid. kadar iodine rendah dapat meningkat risiko kanker tiroid. Garam mungkin sumber terbesar iodine dalam diet. Jadi, cobalah untuk mencukupi kebutuhan garam perharinya.

  1. Konsumsi Anti Oksidan

Kanker tiroid dapat diturunkan dengan makanan yang banyak mengandung anti oksidan. Contoh makanan yang kaya anti onksidan adalah brokoli, wortel dan jeruk. Menambahkan lebih banyak buah dan sayuran ke dalam diet juga dapat mengendalikan berat badan. Kemungkinan terdapat hubungan antara obsesitas dan kanker tiroid. Dapatkan 4 saji atau lebih perhari.

  1. Konsumsi makanan anti kanker

Untuk pencegahan kanker tiroid Anda juga bisa mengkonsumsi makanak anti kanker. Makanan khusus kanker tiroid seperti gabungan Weil Cornell Medical College dan New York Presbyterian Hospital di New York City menemukan bahwa mineral ini menghambat pertumbuhan kanker thyroid. Sumber baik selenium lainnya ada di kepiting, dan shellfish.

Kanker Tiroid Dan Gejala

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*