Kanker Tiroid Adalah

Kanker Tiroid Adalah

 

Kanker Tiroid AdalahKanker tiroid sendiri adalah pertumbuhan sel abnormal di dalam kelenjar tiroid. Kanker tiroid merupakan sejenis kanker yang cukup jarang terjadi dan biasanya mudah disembuhkan jika diketahui sejak awal. Kanker tiroid biasanya terjadi pada orang yang berusia antara 35-39 tahun dan juga pada usia 70 tahun ke atas. Wanita lebih berisiko mengalami kanker tiroid dua hingga tiga kali lipat dibandingkan pria. Meski alasan pasti kenapa hal ini terjadi masih tidak diketahui, tapi ada kemungkinan berkaitan dengan perubahan hormon pada sistem reproduksi wanita.

Gejala utama dari kanker tiroid adalah munculnya benjolan atau pembengkakan pada bagian depan dari leher, lebih tepatnya di bawah jakun, dan biasanya tidak terasa sakit. Tapi pada tahapan awal, kanker tiroid jarang menimbulkan gejala dan cenderung tidak ada gejala sama sekali.

Sedangkan gejala lain dari kanker tiroid biasanya muncul setelah kanker memasuki stadium lanjutan, seperti:

  • Sakit tenggorokan.
  • Kesulitan dalam menelan.
  • Perubahan suara atau menjadi serak dan tidak membaik setelah beberapa minggu.
  • Rasa sakit pada bagian leher.
  • Pembengkakan kelenjar getah bening di bagian leher.

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua benjolan yang muncul pada kelenjar tiroid disebabkan oleh kanker tiroid. Hanya sekitar lima persen dari benjolan pada kelenjar tiroid yang disebabkan oleh kanker.

Penyebab sebenarnya kanker tiroid masih belum diketahui. Namun, faktor risiko telah ditemukan dan mencakup sebagai berikut:

  • Umur: Kebanyakan dari mereka yang terdiagnosis dengan kanker tiroid tidak berumur lebih dari 55 tahun. Bahkan, sekitar 2% pasien adalah remaja dan anak-anak.
  • Jenis Kelamin: Kanker tiroid mengenai lebih banyak perempuan daripada laki-laki. Rata-rata, setidaknya 47.000 wanita terkena dibandingkan dengan kurang dari 20.000 laki-laki. Kejadian ini juga lambat terjadi pada pria, yang sering terdiagnosis ketika mereka sudah berumur sekitar 60 hingga 70 tahun.
  • Pola makan: Kanker tiroid lebih sering terjadi di negara-negara dengan makanan yang sangat kekurangan yodium, yaitu mineral yang membantu fungsi tiroid secara tepat dengan penggunaan kalori yang benar. Sel folikel memerlukan yodium, yang diperoleh dari aliran darah.
  • Genetika dan riwayat keluarga: Karsinoma tiroid meduler familial terjadi ketika penyebab karsinoma tiroid meduler tersebut adalah kerusakan pada gen. Mereka yang terdiagnosis dengan familial adenomatosa poliposis (FAP – polip ganda pada dinding usus besar dan rektum/saluran pembuangan) memiliki risiko lebih tinggi terhadap kanker usus besar dan kanker tiroid.
  • Penyakit lain: sindrom Cowden adalah penyakit langka yang disebabkan oleh cacat gen PTEN. Kondisi ini ditandai dengan hamartoma (pertumbuhan jinak) dalam jumlah banyak. Sementara itu, akromegali terjadi ketika terdapat hormon pertumbuhan yang berlebihan pada tubuh.
  • Paparan radiasi: Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dewasa yang terkena radiasi ketika mereka masih muda memiliki risiko lebih tinggi mengalami kanker tiroid di kemudian hari. Tingkat, keparahan, dan lama kontak, bagaimanapun juga akan mempengaruhi kemungkinan risiko ini.

Setelah mengetahui penyebab penyakit kanker tiroid, maka kita juga harus mengetahui cara mencegahnya. Pencegahnya penyakit kanker tiroid adalah dengan cara mencukupi kebutuhan yodium dan enzim, melakukan olahraga rutin, makan makanan yang baik seperti rumput laut, ikan, minyak ikan, daging merah, susu, garam beryodium dan tiram untuk penderita hipotiroid dan untuk mencukupi kebutuhan yodium untuk tubuh kita.

Pengobatan yang dilakukan pada kanker tiroid sangat bergantung kepada jenis dan stadium dari kanker yang Anda derita. Tim dokter dari berbagai spesialisasi mungkin perlu memeriksa Anda untuk menentukan jenis pengobatan yang terbaik dan paling sesuai dengan kondisi Anda saat itu.

Beberapa jenis kanker, seperti karsinoma papiler, karsinoma folikuler, dan sebagian karsinoma tiroid meduler, memiliki peluang yang lebih baik untuk sembuh. Kanker tiroid jenis ini ditangani dengan cara operasi pengangkatan kelenjar tiroid, dan mungkin digabungkan dengan radioterapi.

Kanker Tiroid Adalah

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*