Kanker Tenggorokan dan Penyebabnya

Kanker Tenggorokan dan Penyebabnya

Kanker Tenggorokan adalah kanker yang terjadi pada tenggorokan (farings), pita suara (laring) atau tonsil. Hal ini terjadi ketika sel di tenggorokan mengalami mutasi genetik (perubahan dalam susunan rantai basa dari sel DNA). Mutasi ini mengakibatkan proliferasi sel yang tidak terkontrol dan perpanjangan waktu hidup dari sel. Akumulasi sel-sel ini dapat membentuk tumor pada tenggorokan. Tumor disebut kanker apabila tumor tersebut bersifat ganas, yang artinya tumor tersebut dapat menginvasi jaringan-jaringan di sekitarnya dan menyebar ke organ lain. Ada 6 jenis kanker tenggorokan, tergantung dibagian tenggorokan yang mana terjadi kanker. Sebagai contoh dari kanker tenggorokan antara lain kanker nasofaring, kanker orofaring dan kanker glotis. Kebanyakan kanker tenggorokan adalah karsinoma sel gepeng (kanker yang dimulai dengan sel gepeng, tipis yang terlihat seperti sisik ikan).

penyakit kanker tenggorokan dan penyebabnya

penyakit kanker tenggorokan dan penyebabnya

Ikat pinggang ketat dapat menyebabkan kanker tenggorokan. Para ahli meyakini bahwa mengenakan ikat pinggang ketat bisa mendorong asam ke kerongkongan, merusak sel-sel dan meningkatkan risiko terjadinya kanker tenggorokan. Mereka menemukan bahwa orang-orang yang kelebihan berat badan dan mengenakan ikat pinggang ketat lebih berisiko.

para ilmuwan tersebut menemukan bahwa bahkan pada mereka yang sehat, mengenakan ikat pinggang yang ketat bisa menyebabkan “partial hiatus hernia” yang membuat kondisi “acid reflux” lebih sering terjadi.

Haitus hernia terjadi ketika bagian perut tertekan ke dada melalui pembukaan diafragma yang bisa menyebabkan kebocoran asam. Hal ini terkait dengan kanker karena asam terdorong naik ke tenggorokan dengan dikenakannya ikat pinggang yang bisa merusak sel-sel di dalam kerongkongan dan menyebabkan perubahan.

Para ilmuwan juga menemukan hal tersebut nampak lebih nyata pada mereka yang kelebihan berat badan. Ketua peneliti, Profesor Kenneth McColl dari institute of cardiovascular and medical scenes di Glasgow University mengatakan,” Mengenakan ikat pinggang yang ketat khususnya jika Anda mengalami overweight, menyebabkan kerusakan pada katup antara perut dan tenggorokan. Hal ini menyebabkan asam lambung bocor dan naik ke tenggorokan.”

Penyebab kanker tenggorokan

Kanker tenggorokan terjadi ketika sel di tenggorokan mengalami mutasi genetik. Mutasi ini menyebabkan sel tumbuh tak terkendali dan terus hidup setelah sel-sel sehat mati. Sel-sel yang terakumulasi kemudian dapat membentuk tumor di tenggorokan.

Beberapa jenis kanker sangat sulit dikenali dan tak jarang, penderita baru mengetahuinya setelah kanker mencapai tahap lanjut. Salah satunya adalah kanker tenggorokan. Ada banyak penyebab dari kanker tenggorokan, seperti merokok dan mengunyah tembakau.

Berikut adalah tanda awal dari kanker tenggorokan,

1. Kesulitan menelan

Kesulitan dalam menelan merupakan salah satu tanda awal dari kanker tenggorokan. Kanker tumbuh sebagai tumor di tenggorokan Anda. Dan jika Anda memiliki pertumbuhan lanjut di tenggorokan, itu akan menghambat perjalanan makanan atau bahkan membuat Anda sulit untuk menelan.

2. Permukaan laring terasa kasar

Anda merasa ada permukaan yang kasar di tenggorokan Anda? Perasaan tidak nyaman ini sangat sulit untuk diabaikan. Jika Anda sudah mulai mengembangkan kanker tenggorokan, Anda akan terus merasakan tanda ini.

3. Perubahan suara

Jika kanker tumbuh di sekitar pita suara, itu akan menyebabkan perubahan suara. Konsultasikan dengan dokter, segera setelah Anda melihat adanya tanda perubahan suara.

4. Batuk yang lama sembuhnya

Bila Anda menderita batuk yang terus-menerus dan kunjung hilang dan membuat suara Anda serak, Anda harus mewaspadai tanda ini. Ini adalah salah satu tanda awal dari kanker tenggorokan. Dan jika Anda mengabaikan gejala ini, Anda berisiko mengembangkan kanker.

5. Bunyi napas jadi aneh

Ketika Anda bernapas, udara melewati Anda dan kemudian dilanjutkan ke trakea. Salah satu gejala kanker tenggorokan adalah muncul suara aneh ketika bernapas.

Inilah lima tanda awal dari kanker tenggorokan. Jangan abaikan gejala awal yang Anda rasakan. Sebab, semakin cepat kanker dideteksi, semakin besar pula kesempatan seseorang untuk sembuh.

Kanker Tenggorokan dapat menyebabkan komplikasi sebagai berikutnya:

Kanker tenggorokan dapat timbul akibat proses mutasi genetik dari sel yang ada di dalam tenggorokan. Sel-sel ini terus tumbuh tak terkendali dan terus hidup meskipun sel-sel sehat mati. Kemudian, sel-sel tersebut mengakumulasi dan membentuk tumor di tenggorokan Anda. Namun, ada beberapa faktor yang turut meningkatkan risiko kanker tenggorokan, seperti :

  • Cacat pada wajah
  • Dapat menyebabkan perkembangan kanker tenggorokan
  • Kehilangan suara
  • Mengalami kesulitan untuk bicara
  • Mengalami kesulitan untuk menelan
  • Penyebaran kanker ke bagian-bagian lain pada tubuh
  • Penyumbatan jalan nafas
  • Sebuah virus yang disebut human papillomavirus (HPV)
  • Penggunaan tembakau, seperti merokok dan mengunyah tembakau
  • Mengkonsumsi alkohol dengan berlebihan
  • Kurang mengkonsumsi buah dan sayuran

Kanker Tenggorokan Dan Penyebebnya

This entry was posted in Obat Kanker Tradisional and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*