Kanker Serviks Penyembuhan

Kanker Serviks Penyembuhan

Kanker Serviks -Kanker serviks atau yang disebut juga sebagai kanker mulut rahim merupakan salah satu penyakit kanker yang paling banyak ditakuti kaum wanita. Berdasarkan data yang ada, dari sekian banyak penderita kanker di Indonesia, penderita kanker serviks mencapai sepertiga nya. Dan dari data WHO tercatat, setiap tahun ribuan wanita meninggal karena penyakit kanker serviks ini dan merupakan jenis kanker yang menempati peringkat teratas sebagai penyebab kematian wanita dunia.

Kanker serviks adalah kanker yang muncul pada leher rahim wanita. Leher rahim sendiri berfungsi sebagai pintu masuk menuju rahim dari vagina. Pada usia berapa pun, semua wanita bisa menderita kanker serviks. Tapi penyakit ini cenderung memengaruhi wanita yang aktif secara seksual antara usia 30-45 tahun. Kanker serviks sangat jarang terjadi pada wanita berusia di bawah 25 tahun.

Pada tahap awal, kanker serviks biasanya tidak memiliki gejala. Gejala kanker serviks yang paling umum adalah pendarahan pada vagina yang terjadi setelah berhubungan seks, di luar masa menstruasi, atau setelah menopause. Meski terjadi pendarahan, belum berarti Anda menderita kanker serviks. Untuk memastikan penyebab kondisi Anda, segera tanyakan kepada dokter. Jika dicurigai terdapat kanker serviks, rujukan menemui dokter spesialis akan diberikan.

Faktor keturunan merupakan penyebab kanker serviks yang harus diwaspadai. Seperti penyakit kanker-kanker yang lain, kanker serviks juga bisa diturunkan pada generasi keluarga selanjutnya. Bila seorang ibu pernah mengalami kanker serviks dan melahirkan seorang anak, maka anak tersebut memiliki resiko terkena kanker serviks serupa lebih tinggi daripada wanita lain. Penyebab kanker serviks lainnya yang paling banyak adalah karena Human Papilloma Virus (HPV), yang menyerang sel-sel kulit mrs. v. Beberapa infeksi kulit karena virus ini bisa sembuh karena daya tahan tubuh yang tinggi, namun bila terkena virus HPV ganas, tentu hal ini tidak bisa diatasi begitu saja dengan kekebalan alami tubuh.

Kanker Serviks PenyembuhanPenyebab Kanker Serviks

Penyebab kanker serviks lainnya adalah penggunaan obat-obatan kontrasepsi seperti pil KB dapat meningkatkan resiko seorang wanita terkena penyakit kanker serviks ini. Untuk itu, jika ingin menunda kehamilan, bicarakan solusi tepat dengan seorang dokter ahli agar usaha penundaan kehamilan tidak berakibat buruk pada kesehatan. Kanker serviks juga bisa disebabakan seorang wanita yang hamil dan melahirkan saat ia masih berusia dini, atau di bawah 17 tahun. Sebab, mereka sangat beresiko tinggi untuk terkena penyakit kanker serviks.

Selain itu, diet juga merupakan salah satu yang bisa menyebabkan seorang wanita beresiko tinggi terkena kanker serviks, khususnya kanker serviks. Diet yang salah adalah diet yang tidak memperhatikan gizi, kurang konsumsi buah dan sayur yang dipercaya memiliki zat anti kanker yang sangat bagus bagi tubuh. Selain itu menjaga kebersihan alat kelamin merupakan hal yang sangat mutlak bagi seorang wanita. Bakteri apapun bisa merugikan kesehatan wanita dan mampu meningkatkan resiko terkena kanker serviks.

Pengobatan Kanker Serviks

Pengobatan untuk kanker serviks tergantung pada beberapa faktor, seperti stadium kanker, serta riwayat kesehatan. Berikut beberapa pengobatan kanker serviks yang dapat dilakukan :

1. Bedah

Pembedahan untuk mengangkat rahim (histerektomi) biasanya digunakan untuk mengobati tahap awal kanker serviks. Sebuah histerektomi sederhana melibatkan pengangkatan kanker, serviks dan uterus. Histerektomi sederhana biasanya pilihan hanya jika kanker berada pada tahap yang sangat awal.

2. Radiasi

Terapi radiasi dilakukan untuk membunuh sel-sel kanker. Terapi ini dapat diberikan secara eksternal dengan menggunakan radiasi sinar eksternal atau internal (brachytherapy) dengan menempatkan alat yang diisi dengan bahan radioaktif dekat leher rahim Anda.

3. Kemoterapi

Kemoterapi menggunakan obat untuk membunuh sel kanker. Obat kemoterapi dapat digunakan terpisah atau dikombinasi dengan satu sama lain. Biasanya disuntikkan ke pembuluh darah, dan mereka akan menyebar di seluruh tubuh Anda untuk membunuh pertumbuhan sel, termasuk sel-sel kanker.

Metode radiasi dan kemoterapi dapat dikombinasikan. Dosis rendah kemoterapi sering digabungkan dengan terapi radiasi, karena kemoterapi dapat meningkatkan efek radiasi. Dosis tinggi kemoterapi digunakan untuk mengendalikan kanker serviks stadium lanjut yang mungkin tidak dapat disembuhkan.

Kanker Serviks Penyembuhan

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*