Kanker Paru-Paru Stadium 4

Kanker Paru-Paru Stadium 4

Kanker Paru-ParuKanker paru-paru adalah salah satu jenis kanker yang paling bisa dicegah. Paling tidak terdapat 80-90 persen kasus kanker paru-paru yang berhubungan dengan kebiasaan merokok.Pada tahap awal, tidak ada tanda atau gejala kanker paru-paru yang jelas. Tapi kemudian gejala seperti batuk secara berkelanjutan hingga mengalami batuk darah, selalu merasa kehabisan napas, kelelahan tanpa alasan,dan penurunan berat badan akan muncul.

Kanker paru-paru merupakan salah satu jenis kanker yang berbahaya dan dapat menyebabkan kematian. Sesuai dengan namanya, kanker ini menyerang organ pernapasan, yaitu paru-paru. Seorang perokok dan orang-orang yang sering menghirup polusi seperti pekerja pabrik tekstil memiliki risiko besar terkena kanker paru-paru. Risiko kanker paru-paru meningkat seiring dengan waktu dan jumlah rokok yang telah dihabiskan. Berikut gejala kanker par-paru

Kanker Paru-Paru Stadium 41. Kesulitan bernafas, seperti kehabisan nafas / sesak nafas

Anda bisa terengah-engah dan kehabisan napas ketika melakukan banyak kegiatan. Namun berhati-hatilah jika Anda mudah kehabisan napas tanpa alasan apapun atau ketika Anda tak melakukan kerja berat. Jika kehabisan napas menjadi hal yang sering terjadi pada Anda, itu bisa jadi salah satu pertanda kanker paru-paru. Kehabisan bernapas adalah salah satu gejala kanker paru-paru yang disebabkan oleh kebiasaan merokok.

2. Batuk yang memburuk dan tidak pernah sembuh

Jangan remehkan batuk, siapa saja bisa mengalami batuk, karena penyakit ini wajar dialami oleh banyak orang. Namun batuk bisa akan hilang dalam hitungan hari. Jika batuk terus bertahan lebih dari satu minggu dan seringkali muncul saat udara dingin, sebaiknya waspada. Itu bisa jadi berkaitan dengan penyakit paru-paru atau gejala awal kanker paru-paru.

3. Sering sakit

Kesehatan yang buruk dan berkali-kali mengalami sakit adalah salah satu gejala kanker paru-paru yang disebabkan oleh kebiasaan merokok. Jika Anda memiliki kebiasaan merokok, Anda akan sering merasa lelah, depresi, penurunan berat badan, dan rasa sakit pada lutut. Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter dan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk mengetahui apa penyebab sakit tersebut.

4. Napas berbunyI

Napas yang berbunyi saat tidur adalah salah satu gejala yang harus diwaspadai. Ini merupakan salah satu gejala kanker paru-paru yang seringkali disalahartikan sebagai masalah tidur. Meski begitu, jika masalah ini terus muncul bahkan ketika masalah tidur sudah diatasi, sebaiknya konsultasikan pada dokter dan periksa kesehatan pernapasan Anda.

5. Sakit pada bagian tertentu

Rasa sakit pada bagian tertentu pada tubuh bisa jadi dipicu oleh kanker paru-paru. Salah satunya adalah rasa sakit pada bagian dada, pundak, punggung, dan lengan. Hal ini terjadi karena kanker paru-paru menyebabkan masalah pernapasan dan menekan saraf pada bagian-bagian tubuh tertentu.

6. Bronchitis

Bronchitis adalah salah satu gejala kanker paru-paru yang jarang terjadi. Biasanya ini terjadi pada perokok. Jika Anda sering merasa sakit dan tak sehat karena bronchitis sebaiknya waspada karena itu bisa jadi memicu munculnya kanker paru-paru.

7. Suara berubah

Suara bisa berubah serak dan tak menyenangkan ketika Anda mengalami demam atau flu. Namun ini juga merupakan salah satu gejala kanker paru-paru yang sering disalahartikan. Kanker paru-paru akan mempengaruhi kotak suara sehingga sangat mungkin akan menyebabkan suara Anda berubah. Jika suara Anda berubah dalam waktu yang lama, bahkan ketika pilek atau flu sudah sembuh, sebaiknya periksakan ke dokter dan lakukan rontgen paru-paru.

Pengobatan kanker paru-paru sangat tergantung pada jenis kanker yang diderita. Tingkat penyebaran kanker dan kondisi kesehatan si penderita juga berpengaruh pada metode pengobatan dan penanganan yang dilakukan.

Operasi pengangkatan kanker bisa dilakukan jika sel kanker belum menyebar secara luas ke bagian tubuh yang lainnya. Jika kondisi kesehatan tidak memungkinkan untuk dilakukan operasi pengangkatan, cara penanganan yang lainnya bisa diterapkan. Proses penghancuran sel kanker dengan cara radioterapi bisa dijalankan.

Kanker paru-paru umumnya tidak menimbulkan gejala sebelum sel-sel kanker tersebut menyebar ke bagian besar paru-paru atau ke bagian tubuh lainnya. Kesembuhan tergantung kepada penyebaran kanker dan kapan diagnosis kanker diketahui. Makin awal diagnosis yang dilakukan, kemungkinan pengobatan untuk berhasil juga menjadi lebih tinggi.

Kanker Paru-Paru Stadium 4

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*