Kanker Paru Paru Stadium 2

Kanker Paru Paru Stadium 2

 

Kanker Paru Paru kini menjadi ancaman bagi perokok aktif maupun perokok pasif.  Paru-paru yang seharusnya berisi dengan udara justru terisi dengan asap, sehingga efek ringan dari merokok adalah akan terkena batuk dan juga sesak nafas. Bahaya rokok memang sering diabaikan oleh perokok, hal tersebut dikarenakan mereka sudah ketergantungan dengan rokok. Selain itu, banyak perokok yang memilih untuk tidak makan dibandingkan dengan tidak merokok. Kanker paru paru ini tidak boleh diabaikan sebab dari tahun ke tahun angkanya semakin meningkat. Kanker paru-paru jika sudah stadium lanjut akan sulit untuk diatasi dan disembuhkan. Seperti yang kita ketahui, paru-paru merupakan organ vital bagi kehidupan manusia. Jika paru-paru terkena kanker, akibatnya adalah paru-paru tersebut tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik sehingga kualitas hidup manusia tersebut menjadi menurun.

Kanker Paru Paru Stadium 2Stadium Kanker Paru paru

  • Stadium 1. Kanker masih berada di dalam paru-paru dan belum menyebar ke kelenjar getah bening di sekitarnya. Besarnya tumor pada tahap ini masih di bawah 5 cm.
  • Stadium 2. Tumor berukuran apa saja yang sudah menyebar pada bagian-bagian lain seperti kelenjar getah bening, rongga dada, diafragma, atau lapisan yang membungkus paru-paru. Selain itu, kanker juga tergolong stadium 2 jika telah berukuran lebih dari 5 cm.
  • Stadium 3. Pada tahap ini, ada sel kanker yang telah menyebar ke kelenjar getah bening yang berada jauh dari paru-paru atau tumor yang ada di paru-paru sudah sangat besar dan menyerang organ lain di dekat paru-paru.
  • Stadium 4. Kanker sudah menyebar ke paru-paru sebelah atau organ tubuh lain yang jauh dari paru-paru seperti otak dan hati, atau cairan yang mengandung sel kanker mungkin sudah muncul di sekitar jantung atau paru-paru.

Gejala Kanker Paru Paru

Kanker paru paru biasanya tidak menimbulkan tanda dan gejala pada tahap awal. Tanda dan gejala kanker paru paru terjadi hanya ketika kondisinya telah memburuk.

Tanda dan gejala kanker paru paru antara lain:

  • Batuk yang terus menerus
  • Perubahan pada batuk kronis
  • Sakit dada yang nyeri dan dalam ketika batuk atau tertawa
  • Nafas pendek dan bengek seperti orang asma
  • Dahak berdarah, berubah warna dan makin banyak
  • Sering mengalami infeksi yang berulang, seperti radang paru dan bronkitis
  • Suara serak/parau.
  • Ujung jari membesar dan terasa sakit
  • Berat badan menurun dan kehilangan nafsu makan
  • Pertumbuhan dada yang tidak normal pada laki-laki
  • Emosi yang tidak stabil, mood berubah-ubah, lesu, depresi
  • Nyeri pada tulang
  • Sakit kepala

Penyebab Kanker Paru paru

Kanker paru paru biasanya terjadi akibat :

Perokok Aktif

Insiden kanker paru paru sangat berkorelasi dengan merokok, sekitar 90% dari kanker paru-paru timbul sebagai akibat penggunaan tembakau. Di antara mereka yang merokok dua bungkus atau lebih per hari, satu dari tujuh akan meninggal karena kanker paru-paru.

Perokok Pasif

Penelitian telah menunjukkan bahwa seorang bukan perokok yang tinggal dengan perokok memiliki peningkatan 24% risiko untuk mengembangkan kanker paru paru.

Kontaminasi Zat Kimia

Bila pekerjaan Anda tergolong pekerjaan yang berkaitan dengan penggunaan zat kimia berisiko tinggi, seperti asbes, radon gas, dan lainnya dapat mengakibatkan sel dalam paru-paru Anda abnormal.

Predisposisi Famili

Mayoritas kanker paru paru berhubungan dengan merokok, namun ada fakta bahwa tidak semua perokok akhirnya mengembangkan kanker paru-paru, genetik individu juga turut mempengaruhi.

Penyakit paru-paru

Penyakit kronis paru obstruktif (PPOK), terkait dengan4-6 kali peningkatan risiko untuk pengembangan kanker paru paru.

Polusi udara

Polusi udara dari kendaraan, industri, dan pembangkit listrik dapat meningkatkan kemungkinan mengembangkan kanker paru pada individu yang terpapar. Para ahli percaya bahwa kontak yang terlalu lama ke udara yang sangat tercemar, dapat membawa risiko perkembangan kanker paru-paru yang sama dengan perokok pasif.

Kanker Paru Paru Stadium 2

This entry was posted in Obat Kanker Tradisional. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*