Kanker Mulut Ciri Ciri

Kanker Mulut Ciri Ciri

 

Kanker mulut merupakan jenis penyakit kanker yang berkembang di dalam rongga mulut. Serangan kanker akan muncul pada bagian-bagian yang terdapat dalam mulut mulai dari lidah, gusi, bibir, langit-langit mulut sampai sisi dinding dalam pipi juga tenggorokan dan kelenjar air ludah. Kanker mulut kebanyakan merupakan jenis kanker primer meski beberapa kasus kanker mulut bersifat sekunder dan tertular dari kanker pada kelenjar getah bening pada pangkal rahang.

Kanker Mulut Ciri Ciri

Gejala Kanker Mulut

Berikut adalah ciri-ciri penyakit kanker mulut yang perlu anda waspadai sejak dini, sehingga anda bisa mendapat penanganan secara cepat:

  • Perbedaan Warna; Jika ada yang berbeda dari segi warna pada bagian mulut, maka perlu diwaspadai terutama ada perasaan aneh dan tidak nyaman pada bagian tersebut. Bagian mulut yang akan terasa berbeda warnanya biasanya terjadi pada bagian mulut, bibir, kelenjar ludah, lidah, gusi, dan langit langit mulut. Segera cek ke dokter jika perubahan warna itu terjadi secara mendadak.
  • Terjadi Pendarahan; Ketika gosok gigi lalu tiba tiba keluar darah dan terjadi sering, mungkin bisa menjadi ciri awal adanya kanker. Selain itu jika mulut kemudian seringkali terjadi pendarahan sebaiknya segera menghubungi dokter untuk diperiksa.
  • Adanya Pembengkakan; pembengkakan mendadak perlu diwaspadai, terutama jika terjadi pada bagian mulut tanpa adanya alasan tertentu yang terjadi sebelumnya. Jika pembengkakan gusi bisa terjadi karena sakit gigi, pembengkakan akibat kanker bisa terjadi juga pada bibir dan area langit langit. Pembengkakan bisa diawali dengan adanya bercak merah ata putih pada bibir atau rongga mulut dan terus membesar dan melebar.
  • Kehilangan Rasa; ciri lainnya dari kanker mulut adalah kehilangan rasa dari indera perasa di bagian lidah. Bagian ini sudah lumayan serius dan perlu segera di tangani ke dokter.
  • Sulit Mengunyah dan Menelan; gejala lainnya yaitu kesulitan dalam mengunyah makanan dan menelannya. Mulut seakan sulit digerakkan dan tidak mampu menghancurkan makanan dengan baik.

Cara Mencegah Kanker Mulut

  1. Hindari Konsumsi Alkohol

Cara yang pertama adalah hindari untuk mengkonsumsi alkohol. Ini mengapa beberapa agam melarang kita untuk mengkonsumsi minuman ini. Selain karena dapat menambah dosa, mengkonsumsi alkohol juga memberi efek negatif yang sangat berbahaya bagi tubuh kita. Salah satunya memicu tumbuhnya sel kanker seperti kanker mulut. Alkohol mengandung zat di mana dapat membakar dan menjadi racun bagi tubuh kita. Ia merupakan penyebab kanker mulut dan penyebab kanker payudara paling utama.

  1. Hindari Tembakau

Cara yang kedua adalah segeralah hindari ketergantungan pada tembakau. Tidak bisa dipungkiri bahwa sebagian besar orang di dunia termasuk Indonesia yang ketergantungan pada tembakau dalam bentuk rokok misalnya. Tidak sedikit yang menganggap rokok dapat menyegarkan mulut layaknya makanan pencuci mulut. Lebih baik buang jauh – jauh pemikiran tersebut. Tembakau menjadi penyebab utama tumbuhnya sel kanker pada mulut.

  1. Lindungi Kulit (terutama mulut)

Sinar matahari langsung juga merupakan penyebab utama terjadinya kanker mulut. Gunakan lip balm dengan campuran kandungan sun cream di mana dapat melindungi bibir dari sinar matahari langsung. Khusunya bagi anda yang memang gemar beraktivitas di luar ruangan. Tidak hanya mulut, bagian kulit lainnya juga wajib dilindungi sun cream bila beraktivitas di luar ruangan. Gunakan masker berada di tempat berpolusi atau pada saat naik motor

  1. Mengkonsumsi makanan Bernutrisi

Banyak mengkonsumsi makanan bernutrisi juga menjadi cara mudah menghindari kanker mulut. Cara keempat ini memang terkadang tidak disadari bisa berlansgsung begitu saja. Sering memakan banyak buah – buahan segar dan sayuran segar salah satunya. Selain memberi nutrisi pada tubuh, buah – buahan segar dan sayuran segar yang dikonsumsi juga membantu menyehatkan mulut kita. Terutama pada buah dan sayur yang memang dapat membantu menyehatkan gigi seperti strawberry, apel, dan lain – lain.

  1. Tidak Malas Menyikat Gigi

Sejak dulu gerakan menyikat gigi dua kali sehari merupakan gerakan yang selalu dupublikasi melalui iklan di televisi maupun acara kesehatan. Ini tentu ada benarnya karena mulut kita perlu dibersihkan dengan menyikat gigi dua kali sehari. Lakukan kegiatan menyikat gigi dengan durasi dua menit dan satu kali kumur – kumur setelah bangun tidur dan setelah makan malam. Ini berfungsi untuk mengusir kuman pada mulut. Jangan lupa untuk mengganti sikat gigitiga bulan sekali.

Kanker Mulut Ciri Ciri

This entry was posted in Obat Kanker Tradisional. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*