Kanker Mulut Akibat Merokok ?

Kanker Mulut Akibat Merokok ?

Kanker Mulut – Merokok dan menggunakan produk tembakau lain menjadi penyebab sebagian besar masalah gusi pada orang dewasa. Merokok dapat meningkatkan risiko berkembangnya penyakit gusi. Tembakau menghambat aliran darah ke gusi, sehingga membuat gusi kekurangan nutrisi, oksigen dan rentan untuk terserang infeksi. Selain itu, rokok berdampak kepada kerusakan lapisan tulang dan jaringan pada gigi.

Kanker mulut merupakan jenis penyakit kanker yang berkembang di dalam rongga mulut. Serangan kanker akan muncul pada bagian-bagian yang terdapat dalam mulut mulai dari lidah, gusi, bibir, langit-langit mulut sampai sisi dinding dalam pipi juga tenggorokan dan kelenjar air ludah. Kanker mulut kebanyakan merupakan jenis kanker primer meski beberapa kasus kanker mulut bersifat sekunder dan tertular dari kanker pada kelenjar getah bening pada pangkal rahang.

Kanker mulut sebenarnya bukan jenis kanker yang populer. Dikatakan bahwa kanker ini hanya muncul dalam porsi 2% dari seluruh kasus kanker di dunia. Menurut organisasi dentalhealth, setidaknya ada 640 ribu pasien kanker mulut di tiap tahun.

Meski jumlah kasusnya tergolong rendah, tetapi dikatakan penyakit ini termasuk jenis kanker yang paling mematikan. Peringkat kematiannya berada di posisi ke 11 di dunia. Ini karena tingginya kasus kematian terhadap pasien kanker mulut di dunia.

Kanker mulut terjadi ketika sel DNA di bibir atau mulut mengalami mutasi. Mutasi ini membuat sel tetap tumbuh dan berkembang, sementara sel normal lain memiliki siklus hidup dan mati. Akumulasi sel kanker mulut ini dapat membentuk tumor. Dapat menyebar ke daerah lain di kepala dan leher serta juga dapat menyebar ke bagian tubuh lain.

Kanker mulut paling banyak berawal dari sel tipis yang melapisi bibir dan bagian dalam mulut (squamous cells). Tidak jelas apa yang menyebabkan sel ini bermutasi. Tapi dokter telah mengidentifikasi faktor yang meningkatkan risiko kanker mulut.

Kanker Mulut Akibat Merokok ?Faktor risiko Kanker Mulut

Beberapa faktor yang meningkatkan risiko kanker mulut antara lain :

  • Mengkonsumsi tembakau baik itu dengan merokok atau mengunyah tembakau
  • Mengkonsumsi alkohol
  • Terlalu banyak terkena sinar matahari pada bibir
  • Virus seksual menular yang disebut virus HPV
  • Pernah mengalami kanker sebelumnya
  • Pengobatan radiasi pada area kepala dan leher

Gejala Kanker Mulut

Berikut adalah ciri-ciri penyakit kanker mulut yang perlu anda waspadai sejak dini, sehingga anda bisa mendapat penanganan secara cepat:

Perbedaan Warna

Jika ada yang berbeda dari segi warna pada bagian mulut, maka perlu diwaspadai terutama ada perasaan aneh dan tidak nyaman pada bagian tersebut. Bagian mulut yang akan terasa berbeda warnanya biasanya terjadi pada bagian mulut, bibir, kelenjar ludah, lidah, gusi, dan langit langit mulut. Segera cek ke dokter jika perubahan warna itu terjadi secara mendadak.

Terjadi Pendarahan

Ketika gosok gigi lalu tiba tiba keluar darah dan terjadi sering, mungkin bisa menjadi ciri awal adanya kanker. Selain itu jika mulut kemudian seringkali terjadi pendarahan sebaiknya segera menghubungi dokter untuk diperiksa.

Adanya Pembengkakan

pembengkakan mendadak perlu diwaspadai, terutama jika terjadi pada bagian mulut tanpa adanya alasan tertentu yang terjadi sebelumnya. Jika pembengkakan gusi bisa terjadi karena sakit gigi, pembengkakan akibat kanker bisa terjadi juga pada bibir dan area langit langit. Pembengkakan bisa diawali dengan adanya bercak merah ata putih pada bibir atau rongga mulut dan terus membesar dan melebar.

Kehilangan Rasa

ciri lainnya dari kanker mulut adalah kehilangan rasa dari indera perasa di bagian lidah. Bagian ini sudah lumayan serius dan perlu segera di tangani ke dokter.

Sulit Mengunyah dan Menelan

gejala lainnya yaitu kesulitan dalam mengunyah makanan dan menelannya. Mulut seakan sulit digerakkan dan tidak mampu menghancurkan makanan dengan baik.

Kanker Mulut Akibat Merokok ?

This entry was posted in Obat Kanker Tradisional. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*