Kanker Mata (Retinoblastoma)

Kanker Mata (Retinoblastoma)

Kanker Mata -Retinoblastoma adalah kanker pada mata yang umumnya dialami oleh anak-anak, namun dapat juga dialami oleh orang dewasa. Retinoblastoma menyerang selaput jala mata atau retina yang terletak pada dinding mata sebelah dalam. Retinoblastoma dapat menyerang salah satu atau kedua mata. Kebanyakan penyakit ini terjadi pada anak-anak di bawah usia 5 tahun.

Ada masalah genetik yang menyebabkan pertumbuhan sel yang seharusnya terkendali menjadi tidak terkendali. Walaupun demikian, dampak penyakit itu bisa ditekan dengan deteksi dini. Kanker mata yang ditemukan pada stadium awal dapat disembuhkan. Bahkan, 90% kasus kanker mata yang terdeteksi dini dan mendapatkan penanganan memadai mampu disembuhkan dengan maksimal. Sesungguhnya, kondisi mata bisa dipertahankan bila ukuran kanker mata masih di bawah 0,5 cm. Kendati gejala spesifik penyakit kanker mata pada anak cukup sulit dikenali, namun ada tanda-tanda umum yang mesti diwaspadai sebagai gejala kanker mata.

Kanker Mata (Retinoblastoma)

Kanker mata dapat terjadi karena berbagai faktor yang mempengaruhi yaitu :

  • Faktor keturunan .Faktor genetik menyebabkan beberapa keluarga memiliki resiko lebih tinggi untuk menderita kanker tertentu bila dibandingkan dengan keluarga lainnya. Disamping itu juga adanya masalah genetik yang menyebabkan pertumbuhan sel yang seharusnya terkendali menjadi tidak terkendali.
  • Faktor Lingkungan
  • Faktor Makanan yang mengandung bahan kimia.Makanan juga dapat menjadi faktor risiko penting lain penyebab kanker. Contoh jenis makanan yang dapat menyebabkan kanker adalah : – Zat pewarna makanan – Logam berat seperti merkuri yang sering terdapat pada makanan laut yang tercemar seperti: kerang, ikan, dsb. – Berbagai makanan (manis,tepung) yang diproses secara berlebihan.
  • Virus
  • Infeksi
  • Radikal bebas. Radikal bebas adalah suatu atom, gugus atom, atau molekul yang mempunyai elektron bebas yang tidak berpasangan dilingkaran luarnya.

Gejala Kanker Mata ( retinoblastoma)

  • Adapun gejala-gejala yang dapat ditemukan pada penderita kanker mata ialah sebagai berikut:
  • Pasien kanker mata jika terkena flash fotografi akan menemukan titik putih pada pupil mata
  • Pada kelopak mata akan muncul benjolan yang jelas, akan mempengaruhi pemglihatan, pada taraf parah akan muncul ulserasi benjolan
  • Tekanan intraokular, mata sakit, sakit kepala, kehilangan penglihatan, dll (gejala ini sebagian besar retinoblastoma, melanoma koroid, dll);
  • Mata sakit biasanya disertai air mata, gangguan proptosis atau gerakan mata, penglihatan menurun, dan masalah-masalah lainnya (Gejala-gejala ini sebagian besar tumor orbital, seperti tumor kelenjar lakrimal, optik glioma saraf, dll)
  • Pandangannya menjadi kabur pada salah satu mata.
  • Terdapatnya floaters atau bintik-bintik merah di bagian mata.
  • Penderita juga mengalami kehilangan penglihatan perifernya.
  • Bola mata terlihat juling/melotot dan seperti akan keluar.

Pencegahan Kanker Mata

Pencegahan kanker mata kanker mata harus mulai memahami, termasuk pemahaman tentang gejala dini kanker mata, jenis dan faktor risiko. Dan untuk mengembangkan kebiasaan yang baik, menghindari kontak dengan faktor risiko kanker mata. Langkah-langkah pencegahan kanker mata utama adalah sebagai berikut:

  • Pengobatan tepat waktu: Jika kemunculan gangguan penglihatan, nyeri mata, kemerahan mata, merobek, atau mata melotot berlebihan dan gejala lainnya muncul, harus pengobatan tepat waktu, untuk mengidentifikasi penyebabnya. Dalam rangka untuk mengecualikan kemungkinan penyakit ganas.
  • Pemeriksaan berkala: kelompok risiko kanker mata harus mengembangkan program pemeriksaan rutin, seperti anggota keluarga dekat beresiko kanker mata, pasien yang menderita penyakit mata.
  • Hindari kontak dengan mata disebabkan faktor risiko kanker: Hindari kontak yang terlalu lama untuk bahan kimia, hindari paparan sinar matahari, menghindari paparan virus tertentu (seperti manusia papillomavirus HPV)

Selain cara-cara di atas, anda juga bisa mencegah kanker mata dengan mengkonsumsi suplemen anti kanker. Ada banyak suplemen anti kanker yang bagus, namun yang paling kami rekomendasikan adalah suplemen anti kanker S-Lutena atau Super Lutein yang sudah terbukti berkhasiat mencegah pertumbuhan kanker. Selain sangat efektif juga sangat aman dan terlebih lagi suplemen ini halal untuk dikonsumsi.

S-Lutena dikenal sebagai obat anti kanker nomor satu, dan bertahun-tahun telah dipercaya oleh masyarakat Jepang sebagai obat anti kanker yang terbukti secara efektif menyelesaikan masalah tanpa masalah. Salah satu keunggulan dari S Lutena adalah bebas dari efek samping karena kandungan komponennya berasal dari bahan-bahan alami.

Kanker Mata (Retinoblastoma)

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*