Kanker Lidah Stadium 1

Kanker Lidah Stadium 1

 

Kanker Lidah Stadium 1Kanker LidahKanker lidah ini belum diketahui penyebabnya secara pasti. Meski begitu, dari data medis, pria perokok merupakan golongan yang paling banyak terkena penyakit kanker lidah ini. Penyebab lainnya yang diduga sebagai pemicu kanker lidah termasuk paparan sinar ultraviolet yang berlebihan, zat radioaktif, dan juga faktor melemahnya daya tahan tubuh. Catat juga bahwa kanker lidah ini bisa disebabkan oleh faktor psikis dan genetik yang dapat memengaruhi tingkat keparahan penyakit ini.

Yang paling penting: mengetahui apa saja gejala kanker lidah untuk kemudian ditindaklanjuti. Secara umum, kanker lidah ini memiliki gejala yang tidak berbeda jauh dengan sariawan.

Perbedaannya, jika sariawan, daerah di sekitar luka akan terasa lunak. Sedangkan pada kanker lidah, daerah di sekitar luka terasa mengeras dan terasa sakit dari leher sampai ke bagian telinga. Dan berikut merupakan gejala umum yang sering terjadi pada orang-orang yang menderita kanker lidah.

  • Terjadinya sariawan dan peradangan secara terus-menerus.
  • Timbulnya bercak berwarna merah atau putih dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda akan sering mengalami mati rasa pada mulut.
  • Sering merasakan sakit di bagian leher sampai ke telinga.
  • Terjadinya peradangan dalam waktu lama pada lidah tanpa diketahui penyebabnya secara pasti.
  • Terasa nyeri ketika mengunyah makanan atau minum.

Penyebab Kanker Lidah

Beberapa kondisi dapat memicu pertumbuhan serta perkembangan yang begitu pesat di daerah mulut khususnya lidah. Baik dari hal-hal yang bersifat negatif hingga hal-hal yang bersifat medis, seperti berikut ini:

  • Penggunaan tembakau. Konsumsi rokok yang Anda lakukan setiap harinya dapat menjadi penyebab utama Anda mengidap penyakit kanker di daerah mulut. Rokok memiliki kandungan zat adiktif dan tembakau yang dapat merusak lingkungan dan menurunkan kualitas hidup seseorang.
  • Penggunaan alkohol. Sama dengan rokok, konsumsi alkohol juga dapat mengurangi usia hidup seseorang, konsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan setiap harinya dapat memicu pertumbuhan kanker di lidah, oleh karena itu, berhenti dan coba hilangkan kecanduan minum minuman beralkohol, beralihlah pada air putih.
  • Infeksi human papillomavirus
  • Genetik penderita anemia
  • Kondisi yang biasa dikenal dengan Graft Versus Host Disease
  • Melihat dari beberapa butir penyebab penyakit kanker di daerah lidah ini, dapat ditarik sebuah kesimpulan, jika persentase pengidap jenis kanker mulut kemungkinan lebih besar terjadi pada pria.

Mencegah Kanker Lidah

Selalu sikat dan flossing secara teratur

Risiko berkembangnya sel kanker pada mulut dapat dikurangi dengan menjaga kesehatan mulut. Kondisi mulut yang tidak sehat mengurangi sistem kekebalan tubuh dan menghambat kemampuan tubuh untuk melawan kanker. Gosoklah gigi Anda secara teratur minimal 2 kali sehari dan bersihkan gigi dengan benang khusus (flossing) cara mencegah kanker lidah.

Jangan merokok atau mengunyah produk tembakau

Nikotin yang terkandung dalam produk tembakau bukan hanya dapat merusak paru-paru tetapi juga mulut. Nikotin akan membuat kondisi mulut menjadi asam dan tidak sehat, sehingga dapat meningkatkan risiko kanker mulut. Berhentilah merokok atau mengunyah produk tembakau seperti bersirih menggunakan tembakau cara mencegah kanker lidah.

Hindari minum minuman beralkohol

Cara mencegah kanker lidah dengan menghindari alkohol. Risiko mengembangkan kanker mulut akan meningkat seiring meningkatnya kuantitas dan lamanya seseorang mengonsumsi alkohol.

Batasi ekspos terhadap sinar matahari

Gunakan perlindungan terhadap sinar matahari pada bibir Anda ketika berada di bawah sinar matahari cara mencegah kanker lidah. Paparan sinar matahari yang berulang dapat meningkatkan risiko kanker pada bibir, terutama bibir bagian bawah. Pilihlah produk lipstik atau pelembab bibir yang mengandung tabir surya untuk penggunaan sehari-hari.

Berolahraga secara teratur

Mencegah kanker lidah dengan berolahraga. Gaya hidup yang aktif dan sehat diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah kanker di seluruh tubuh, termasuk kanker mulut.

Makan makanan anti kanker

The American Institute for Cancer Research merekomendasikan untuk makan banyak kacang-kacangan, buah, sayuran berdaun hijau gelap, biji rami, bawang putih, anggur, teh hijau, kedelai dan tomat untuk cara mencegah kanker lidah. Diet dan pemenuhan nutrisi telah menjadi metode pencegahan kanker yang tepat.

Kanker Lidah Stadium 1

This entry was posted in Obat Kanker Tradisional. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*