Kanker Lambung Dan Pengobatannya !

Kanker Lambung Dan Pengobatannya !

 

Kanker Lambung -Jenis kanker lambung yang paling umum terjadi adalah adenocarcinoma, yaitu kondisi ketika kanker menyerang sel-sel pada lapisan dalam lambung yang memproduksi cairan seperti lendir (mukus). Selain adenocarcinoma, ada juga beberapa jenis kanker lambung lainnya meski jarang didapati pada penderita penyakit ini. Di antara jenis-jenis tersebut:

  • Tumor stroma gastrointestina (GIST), yaitu kanker yang menyerang jaringan ikat atau otot-otot dinding perut.
  • Limfoma lambung, yaitu kanker yang menyerang jaringan limfatik atau jaringan yang membantu melawan infeksi.
  • Carcinoid, yaitu kanker yang menyerang sel-sel penghasil hormon di dalam lambung.

Gejala awal kanker lambung

Perut bagian atas tidak nyaman : gejala ini dirasakan oleh semua penderita kanker lambung , lebih dari 70% gejala awal kanker lambung adalah penderita merasakan bagian atas perut tidak nyaman ini merupakan gejala umum yang sering terjadi. Pada saat tenang biasanya akan timbul, sebalikya disaat melakukan aktifitas rasa tidak nyaman itu menghilang, hasil dari penyesuaian makanan dan minuman tidak efektif

Nyeri, perut terasa panas / terbakar : menunjukkan penderita kanker lambung stadium awal didalam aktivitas hidupnya sering merasakan lambung tidak nyaman. Nyeri atau perut terasa sakit, dengan meminum obat rasa sakit dapat diatasi. Beberapa penderita kanker lambung setelah saat memasukkan makanan akan timbul gejala distensi abdomen, sendawa dan lainnya. Dengan timbulnya gejala ini setelah dilakukan deteksi kemungkinan dapat terjadi kesalahan diagnosa menjadi radang lambung.

Penurunan berat badan dan cepat lelah : gejala ini dalam waktu singkat muncul dan disertai dengan penurunan nabsu makan. Penurunan nabsu makan merupakan salah satu gejala awal dari kanker lambung, karena tidak merasakan sakit pada bagian lambung maka penderita tidak terlalu memperhatikan.

Jika penderita kanker lambung telah terjangkit cukup lama, maka penderita kanker lambung dalam aktifitas hidupnya dapat timbul gejala pendarahan gastrointestinal. Gejala yang paling sering timbul adalah hematemesis (muntah darah), melena ( pengeluaran feses atau tinja yang berwarna hitam seperti ter dan berisi darah yang telah dicerna), olkutisme darah.

Kanker Lambung Dan Pengobatannya !

Beberapa gejala kanker lambung pada tahap yang lebih parah adalah:

  • Muntah darah
  • Anemia
  • Sakit kuning
  • Hilang nafsu makan
  • Tinja berwarna hitam atau terdapat darah pada tinja
  • Tubuh terasa lelah
  • Penurunan berat badan
  • Pembengkakan pada perut

Pengobatan mengacu pada ukuran dan letak tumor di perut, stadium kanker, dan kondisi medis Anda secara keseluruhan. Pengobatan kanker lambung dapat dilakukan dengan beberapa cara:

  • Ini adalah salah satu jenis pengobatan yang cukup efektif dalam mengatasi masalah kanker lambung. Selain untuk mengangkat sel-sel kanker, metode ini juga bertujuan untuk mengurangi komplikasi kanker, seperti terjadinya penyumbatan lambung atau perdarahan akibat kanker. Proses pembedahan akan ditentukan sesuai dengan letak kanker.
  • Salah satu tujuan terapi ini untuk menghentikan terjadinya perdarahan kanker – khususnya pada pasien kanker lambung lanjutan. Terapi ini juga digunakan untuk meringankan gejala dan memperpanjang jangka waktu hidup Anda. Namun, ini mungkin akan membuat Anda kehilangan nafsu makan, mual, dan merasa nyeri di area yang mendapatkan radiasi.
  • Terapi ini digunakan sebagai terapi pembantu pasca pembedahan. Tujuannya untuk menghancurkan sisa sel-sel kanker dan mengontrol perpindahan sel kanker. Kemoterapi juga dapat membantu memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker. Seperti pada radioterapi, kemoterapi juga memiliki efek samping yang mungkin akan membuat Anda merasa mual, muntah-muntah, kehilangan nafsu makan, bahkan mengalami kerontokan rambut serta penurunan sel darah putih.

Kanker Lambung Dan Pengobatannya !

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*