Kanker Lambung Dan Gejala

Kanker Lambung Dan Gejala

Kanker lambung merupakan salah satu penyakit kanker yang sangat mematikan. Kanker ini menyerang lambung manusia yang pada akhirnya lambung tersebut tidak dapat berfungsi secara sempurna. Kanker lambung ini dapat menyebabkan kematian. Beberapa orang menyebut kanker lambung dengan sebutan kanker perut karena terkadang kanker ini juga menyarang beberapa organ yang berada di dalam perut.

Kanker lambung dapat penyerang siapa saja, baik laki – laki, wanita, anak – anak, remaja, sampai orang tua. Kanker lambung lebih sering terjadi pada laki – laki yang berusia diatas 40 tahun. Kanker ini biasanya lebih banyak menyerang orang yang sudah lanjut usia, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa anak – anak dan usia remaja dapat terjangkit kanker ini.

Kanker Lambung Dan Gejala

Apa resiko yang paling umum dari kanker lambung?

  • Faktor lingkungan: di berbagai wilayah, tingkat kejadian kanker lambung berbeda.
  • Faktor makanan: kadaluarsa makanan, makanan yang tidak baik, sayur asin, ikan dan daging yang diawetkan, konsumsi garam yang terlalu banyak, dapat meningkatkan resiko terkena kanker lambung.
  • Faktor genetik: menurut survei epidemiologi kanker lambung lebih cenderung disebabkan oleh faktor genetik.
  • Faktor kekebalan tubuh, pada kanker lambung, fungsi kekebalan tubuh memiliki prevelansi lebih tinggi.

Gejala Kanker Lambung Stadium Awal

  1. Perut bagian atas tidak nyaman

Gejala kanker lambung ini dirasakan oleh semua penderita kanker lambung , lebih dari 70% gejala kanker lambung stadium awal adalah penderita merasakan bagian atas perut tidak nyaman ini merupakan gejala umum yang sering terjadi. Pada saat tenang biasanya akan timbul, sebalikya disaat melakukan aktifitas rasa tidak nyaman itu menghilang, hasil dari penyesuaian makanan dan minuman tidak efektif

  1. Nyeri, perut terasa panas / terbakar

Menunjukkan penderita kanker lambung stadium awal didalam aktivitas hidupnya sering merasakan lambung tidak nyaman. Nyeri atau perut terasa sakit, dengan meminum obat rasa sakit dapat diatasi. Beberapa penderita kanker lambung setelah saat memasukkan makanan akan timbul gejala distensi abdomen, sendawa dan lainnya. Dengan timbulnya gejala kanker lambung ini setelah dilakukan deteksi kemungkinan dapat terjadi kesalahan diagnosa menjadi radang lambung.

  1. Penurunan berat badan dan cepat lelah

Gejala kanker lambung ini dalam waktu singkat muncul dan disertai dengan penurunan nabsu makan. Penurunan nabsu makan merupakan salah satu gejala kanker lambung stadium awal, karena tidak merasakan sakit pada bagian lambung maka penderita tidak terlalu memperhatikan.

Jika penderita kanker lambung telah terjangkit cukup lama, maka penderita kanker lambung dalam aktifitas hidupnya dapat timbul gejala pendarahan gastrointestinal. Gejala kanker lambung yang paling sering timbul adalah hematemesis (muntah darah), melena ( pengeluaran feses atau tinja yang berwarna hitam seperti ter dan berisi darah yang telah dicerna), olkutisme darah.

Mencegah Kanker Lambung

Ada beberapa cara untuk mencegah kanker lambung pada tubuh kita.Hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah kanker lambung bersarang di tubuh kita:

Rutin melakukan olahraga

Olahraga memang banyak manfaat nya untuk tubuh kita ,olahraga juag dapat di lakukan dengan cara mencegah berbagai penyakpit termasuk penyakpit kanker lambung ini.sesibuk apapun rutinitas kita tapi sempatkanlah untuk berolahraga.Olahraga yang di lakukan tidak harus olehraga yang menguras banyak tenaga,uang,ataupun waktu,Kita dapat melakukan olehraga yang ringan-7ringan saja,seperti lari pagi,bersepeda,atau jalan sehat di sekitar rumah kita.olah raga ringan seperti itupun dapat mencegah penyakit kanker lambung.sebaiknya olahraga kita lakukan dengan rutin.

Perbanyak minum air putih

Sebagian besar kandungan di dalam tubuh kita adalah berupa cairan atau mineral.Mineral merupakan hal yang sangat di butuhkan tubuh,salah satunya yang dapat kita lakukan untuk mencegah kanker lambung dengan cara mencukupi kebutuhan mineral tubuh kita,dengan cara mengkonsumsi air putih yang banyak.Air putih juga dapat membantu membuang kotoran atau zat berbahaya yang terdapat dalam lambung sehingga lambung dapat terhindar dari penyakit kanker lambung.Air putih yang di minum sebaiknya adalah air putih yang steril dan sudah di masak hingga matak.masaklah air khingga mendidih,setelah bener-benar mendidih barulah air putih boleh kita minum.

Makan Buah dan Sayur

Buah-buahan dan sayuran memang banyak mengandung vitamin dan zat lainnya yang di butuhkan oleh tubuh kita.akan tetapi konsumsi buah dan sayuran juga harus diimbangi dengan asupan makanan yang bergizi lainnya seperti daging sapi,ikan,dan daging ayam.Buah-buahan yang baik untuk kesehatan lambung adalah pisang dan pepaya.kandungan kalium pada pisang dan pepaya sangat baik untuk lambung kita,sedangkan sayuran yang baik untuk kesehatan lambung salah satunya adalah kentang dan brokoli.kandungan karbohidrat pada kentang juga baik untuk menjaga kesehatan lambung, selain itu kentang juga merupakan sumber energi bagi tubuh.

Kanker Lambung Dan Gejala

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*