Kanker Kulit Gejalanya

Kanker Kulit Gejalanya

 

Kanker KulitKanker kulit adalah pertumbuhan sel-sel pada kulit pada taraf abnormal. Penyebab kanker kulit berbeda-beda dan tingkat keganasan kanker pun berbeda-beda. Kanker kulit paling umum terjadi pada lapisan sel skuamosa, basal dan melanosit. Kanker kulit biasanya tumbuh di epidermis (lapisan paling luar kulit), sehingga tumor (benjolan) dapat terlihat dari luar, sehingga kanker kulit merupakan jenis kanker yang paling mudah ditemukan gejalanya pada stadium awal. kanker kulit juga merupakan kanker yang paling sedikit resiko kematiannya pada penderita, ini disebabkan karena kulit jarang dapat mencapai organ-organ vital seperti jantung, paru-paru, ginjal dan batang otak pada manusia.

Penyebab kanker kulit belum dapat diketahui secara pasti tetapi ada beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya kanker kulit, antara lain: paparan sinar matahari yang berlebihan, bahan kimia yang bersifat karsinogen pada kulit, kulit kurang pigmen seperti albino dan tipe kulit putih halus dengan rambut pirang dan mata biru lebih tidak tahan pada sinar matahari, riwayat keluarga (turunan), radiasi ionisasi.

Beberapa langkah praktis bisa mencegah seseorang dari serangan kanker kulit. Pencegahan dapat dilakukan dengan mengindari paparan sinar matahari secara langsung yang berlebihan (gunakan tabir surya, topi, payung), menghindari bahan kimia yang bersifat karsinogen pada kulit, dan hindari radiasi ionisasi seperti sinar X yang berlebihan.

Kanker Kulit GejalanyaPada umumnya Kanker kulit ada 3 jenis yaitu :

  • Basal Cell Carcinoma (BCC) (BCC adalah jenis kanker kulit yang paling sering terjadi, sel basal di bawah lapisan kulit terluar.
  • Squamous Cell Carcinoma (SCC) Kanker kulit yang juga paling umum terjadi adalah SCC, yang biasa ditemukan di sel squamus. SCC mirip dengan BCC karena seringkali muncul di area yang terpapar langsung pada sinar UV seperti kulit wajah, kulit kepala, leher, tangan, lengan, dan kaki.
  • Melanoma Melanoma termasuk jenis kanker kulit yang agak jarang, namun ini adalah yang paling berbahaya. Melanoma muncul di bagian bawah epidermis.

Ciri-ciri dan gejala kanker pada kulit.

Kanker pada kulit memiliki ciri-ciri yang ada pada kulit luar yaitu adanya tompel atau benjolan atau tumor yang ada pada permukaan kulit, berikut ciri-ciri dan gejala kanker kulit:

  • Memiliki bentuk benjolan yang asimetris dan kurang beraturan dimana bentuk kanan dan kirinya terlihat tidak sama besar.
  • Adanya batas benjolan yang bentuknya tidak rata dan memiliki tekstur yang kasar.
  • Benjolan mempunyai warna yang bergradasi atau tidak rata seperti warna cokelat muda, warna gelap ditengah sampai ke batas tepinya.
  • Memiliki besar benjolan yang kurang wajar dibanding ukuran pensil.
  • Memiliki bentuk yang selalu berubah-ubah, jika diamati dengan teliti, benjolan yang ada di permukaan kulit anda akan berubah sewaktu-waktu mulai dari perubahan warna sampai pada perubahan ukuran
  • Benjolan mulai dirasakan sangat gatal atau sakit jika terjadi sentuhan.

Pencegahan Gejala Kanker Kulit

Salah satu faktor yang disalahkan untuk terjadinya gejala kanker kulit ini adalah sinar matahari yang memancarkan sinar ultraviolet secara langsung. Untuk terapi pencegahan penyakit ini, dapat dilakukan berbagai upaya yaitu :

  • Kurangi makanan yang mengandung zat kimia dan pengawet
  • Hindari kontak langsung kulit dengan sinar matahari di atas jam 9.
  • Konsumsi suplemen alami yang mengandung antioksi dan seperti terdapat pada manfaat wortel, manfaat anggur dan kacang-kacangan seperti manfaat kacang hijau.
  • Memakan rebusan herbal yang mengandung banyak antioksidan.

 

Kanker Kulit Gejalanya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*