Kanker Kulit Dan Penyebabnya

Kanker Kulit Dan Penyebabnya

 

Kanker Kulit Dan PenyebabnyaKanker kulit terjadi ketika DNA, molekul yang ditemukan dalam sel-sel kulit yang mengkode informasi genetik, menjadi rusak dan tubuh tidak dapat memperbaiki kerusakan. Sel-sel yang rusak mulai tumbuh dan membelah tak terkendali.

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan kanker kulit :

Riwayat keluarga

Bila ayah, ibu, atau saudara anda memiliki riwayat kanker kulit, maka anda juga bisa memiliki risiko terkena penyakit tersebut. Sedangkan pada kerabat yang lebih jauh seperti kakek dan nenek atau sepupu, dan mereka didiagnosa terkena kanker kulit, maka anda juga bisa berisiko terkena kanker kulit, namun prosentasenya tidak sebesar yang terjadi pada keluarga kandung.

Sering di luar ruangan

Jika tipe kulit anda termasuk kategori yang sensitif terhadap radiasi sinar UV, maka kulit anda cenderung lebih mudah terbakar dan melepuh ketika terkena paparan sinar matahari. Apalagi jika anda banyak menghabiskan waktu ruangan terbuka tanpa memakai pelindung seperti sunblock. Hal ini membuat anda berisiko untuk terkena kanker kulit.

Kekurangan Melanin

Melanin adalah pigmen yang terdapat pada makhluk hidup. Pada manusia, melanin memiliki peran dalam memberikan warna pada mata, rambut, dan kulit, dan bermanfaat melindungi kulit dari paparan sinar UV. Kurangnya melanin akan menyebabkan kulit menjadi putih dan tampak pucat, sehingga pada akhirnya akan meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit.

Penggunaan tanning bed

Istilah tanning bed memang tidak populer di Indonesia, namun sangat populer di negara-negara barat terutama Amerika. Tanning bed merupakan alat yang berfungsi untuk membantu kulit menjadi kecoklatan, dan prosesnya mirip seperti seseorang yang berjemur di pantai, di bawah panasnya sinar matahari. Namun demikian, alat ini bisa meningkatkan risiko seseorang untuk terkena melanoma, kanker kulit yang terbilang mematikan. Orang yang sering menggunakan tanning bed, 74 persen lebih mungkin untuk terkena melanoma dibandingkan dengan orang yang tidak pernah menggunakannya.

Cara mencegah kanker kulit

Menghindari kulit dari paparan sinar matahari

Cara yang pertama adalah dengan cara menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Jam 10.00 hingga jam 16.00 adalah waktu di mana matahari memancarkan sinar yang kuat. Jika Anda bekerja ataupun beraktivitas di luar ruangan pastikan Anda menggunakan tabir surya untuk menghindari sinar matahari secara langsung. Hal tersebut pun diungkapkan oleh beberapa ahli, yaitu seseorang yang terlalu sering terkena paparan matahari secara langsung dan terlalu lama dapat memicu pra kanker bagi kulit Anda.

Menggunakan sunscreen

Menggunakan krim sunscreen atau yang lebih sering disebut dengan tabir surya merupakan salah satu produk perawatan yang wajib ada di dalam tas Anda. Hal ini dikarenakan kandungan SPF di dalamnya mampu melindungi Anda dari bahaya sinar UV. Sebaiknya pilihlah tabir surya yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Bagi seseorang yang tinggal di iklim tropis, menggunakan tabir surya dengan SPF 15 sudah cukup untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari.

Gunakan kacamata hitam

Selain menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit tubuh, Anda juga harus menggunakan kacamata hitam untuk melindungi kulit yang berada di area mata. Hal ini dikarenakan kulit yang berada disekitar mata merupakan kulit tipis dan cukup sensitif terhadap panas. Oleh karena itu, menggunakan kacamata hitam merupakan hal yang sangat diperlukan untuk mengurangi resiko terkena kanker kulit.

Memberi nutrisi pada kulit

Cara yang satu ini merupakan hal yang paling penting Anda terapkan. Karena seseorang yang memiliki kulit kering dan kusam adalah salah satu penyebab terjadinya kanker kulit. Anda dapat memberi nutrisi pada kulit dengan mengonsumsi makanan bergizi serta menggunakan vitamin, lotion ataupun lulur alami yang dapat Anda buat sendiri di rumah.

Kanker Kulit Dan Penyebabnya

This entry was posted in Obat Kanker Tradisional. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*