Kanker Kulit Dan Penyebabnya

Kanker Kulit Dan Penyebabnya

 

Kanker KulitKanker kulit merupakan pertumbuhan sel kanker yang tidak wajar pada kulit. Jika dibiarkan tanpa ada penanganan medis lebih lanjut, sel kanker ini bisa menyebar ke organ tubuh lain. Kanker kulit merupakan tipe kanker yang sering terjadi di Amerika. Sebanyak satu dari lima penduduk di Amerika diketahui terinfeksi oleh jenis kanker satu ini, menurut Skin Cancer Foundation.

Kanker Kulit Dan Penyebabnya

Ada 4 jenis penyakit kanker kulit, yaitu:

  • Jenis ini paling mematikan dan dapat menyebar dengan cepat di seluruh tubuh. Ditandai denga munculnya titik-titik baru seperti tahi lalat atau titik lama yang mengalami perubahan bentuk, ukuran dan warna.
  • Nodular Melanoma. Jenis ini berkembang denan cepat, tetapi kenampakannya berbeda dengan Melanoma pada umumnya. Titik yag terbentuk pada kulit berstruktur keras dan tak lama kemudian akan berdarah dan berkerak.
  • Basal Cell Carcinoma. Jenis ini paling tidak berbahaya dibandingkan jenis yang lain. ditandai denga kulit yang mengeras atau kering dan bersisik. Berkembang dengan lambat pada daerah yang sering terpapar sinar matahari.
  • Squamous Cell Carcinoma. Ditandai dengan penebalan kulit dan titik berwarna kemerahan. Bagian ini dapat berdarah dengan mudah dan menjadi seperti bisul. Pertumbuhanya dalam hitungan bulan, pada area yang biasa terpapar sinar matahari secara lagsung. Jenis terakhir ini banyak diderita pada usia 50 tahun ke atas.

Penyakit Kanker Kulit, Apa Penyebabnya ?

  1. Sering di luar ruangan.

Jika tipe kulit anda termasuk kategori yang sensitif terhadap radiasi sinar UV, maka kulit anda cenderung lebih mudah terbakar dan melepuh ketika terkena paparan sinar matahari. Apalagi jika anda banyak menghabiskan waktu ruangan terbuka tanpa memakai pelindung seperti sunblock. Hal ini membuat anda berisiko untuk terkena penyakit kanker kulit.

  1. Kekurangan Melanin.

Melanin adalah pigmen yang terdapat pada makhluk hidup. Pada manusia, melanin memiliki peran dalam memberikan warna pada mata, rambut, dan kulit, dan bermanfaat melindungi kulit dari paparan sinar UV. Kurangnya melanin akan menyebabkan kulit menjadi putih dan tampak pucat, sehingga pada akhirnya akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit kanker kulit.

  1. Penggunaan tanning bed.

Istilah tanning bed memang tidak populer di Indonesia, namun sangat populer di negara-negara barat terutama Amerika. Tanning bed merupakan alat yang berfungsi untuk membantu kulit menjadi kecoklatan, dan prosesnya mirip seperti seseorang yang berjemur di pantai, di bawah panasnya sinar matahari. Namun demikian, alat ini bisa meningkatkan risiko seseorang untuk terkena melanoma, penyakit kanker kulit yang terbilang mematikan. Orang yang sering menggunakan tanning bed, 74 persen lebih mungkin untuk terkena melanoma dibandingkan dengan orang yang tidak pernah menggunakannya.

Gejala Kanker Kulit Apa Saja ?

Ada beberapa penyebab dan faktor resiko lainnya yang menjadi penyebab kanker kulit dapat dialami oleh seseorang diantaranya sebagai berikut :

  • Ada beberapa penyebab dan faktor resiko lainnya yang menjadi penyebab kanker kulit dapat dialami oleh seseorang diantaranya sebagai berikut
  • Adanya luka atau koreng yang sulit sembuh walaupun sudah diobati. Dengan ciri khasnya ditandai dengan pinggir koreng menebal dan terasa keras bila disentuh dan mudah berdarah. Koreng dapat terjadi dibagian tubuh manapun pada permukaan kulit
  • Adanya perubahan pada warna tahi lalat
  • Terdapat benjolan kecil-kecil pada kulit yang tidak merata, jika diraba terasa keras.
  • Terjadi kelainan pada kuku seperti perubahan warna, penipisan kuku, warna kuku membiru pucat, luka borok, dan lainnya
  • Bercak kecoklatan pada kulit ditandai dengan permukaan kulit yang kasar dan seperti bersisik
  • Adanya bercak hitam pada telapak kaki dan tangan yang menebal

Namun karena ketidaktahuan penderitanya dikarenakan gejala yang muncul pada awalnya mirip dengan penyakit kulit ringan. Kebanyakan kasus yang ditemui, mereka datang sudah berada pada kondisi stadium lanjut ditandai dengan kerusakan-kerusakan pada daerah kulit yang sulit diobati dan sudah memiliki anak sebar di beberapa bagian tubuh.

Beberapa langkah praktis bisa mencegah seseorang dari serangan kanker kulit. Pencegahan dapat dilakukan dengan mengindari paparan sinar matahari secara langsung yang berlebihan (gunakan tabir surya, topi, payung), menghindari bahan kimia yang bersifat karsinogen pada kulit, dan hindari radiasi ionisasi seperti sinar X yang berlebihan.

Kanker Kulit Dan Penyebabnya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*