Kanker Kulit Dan Gejalanya

Kanker Kulit Dan Gejalanya

 Kanker Kulit Dan Gejalanya

Kanker Kulit Kanker kulit merupakan pertumbuhan sel kanker yang tidak wajar pada kulit. Jika dibiarkan tanpa ada penanganan medis lebih lanjut, sel kanker ini bisa menyebar ke organ tubuh lain. Kanker kulit merupakan tipe kanker yang sering terjadi di Amerika. Kulit kita bekerja sebagai perisai untuk melindungi dari berbagai macam gangguan seperti kehilangan cairan, bakteri, dan benda benda asing lainnya. Bagian paling luar dari kulit yang disebut epidermis, adalah bagian terluar yang sering bersentuhan secara langsung dengan benda benda asing. Walaupun bagian ini mengalami regenerasi secara teratur, bagian ini juga sangat rentan mengalami kerusakan dari paparan sinar matahari, infeksi, dan luka. Epidermis sendiri terdiri dari berbagai macam tipe sel.

Ciri-ciri kanker kulit yang pertama adalah adanya tumor atau tompel atau benjolan yang dapat terlihat dari luar. Inilah yang menyebabkan kanker kulit cenderung memiliki risiko kematian paling sedikit, sebab ciri-cirinya bisa dikenali dengan mudah, sehingga pertolongan medis pun bisa dilakukan lebih cepat. Selain itu, kulit juga merupakan organ yang letaknya paling jauh dari organ vital utama manusia, sehingga kemungkinan penyebarannya membutuhkan waktu yang lebih lama.

Jenis benjolan pada gejala kanker kulit merupakan tanda-tanda adanya kemungkinan kanker kulit stadium awal. Bila Anda menemukan sebuah benjolan tidak wajar, artinya tiba-tiba muncul dan belum pernah dirasakan sebelumnya, maka perhatikanlah beberapa hal berikut:

  1. Bentuk benjolan yang kurang beraturan atau asimetris. Sehingga antara bentuk bagian kiri dan kanannya terlihat berbeda.
  2. Adanya batas pinggiran benjolan yang terlihat tidak rata dan cenderung memiliki tekstur yang kasar.
  3. Benjolan memiliki warna yang tidak rata atau bergradasi, misalnya warna gelap di tengah dan warna cokelat muda di bagian pinggir hingga batas tepinya.
  4. Besar diameter benjolan yang tidak wajar, bandingkan dengan diameter sebuah pensil.
  5. Bentuknya yang berubah-ubah jika diamati secara teliti. Untuk membuktikan hal ini Anda bisa mengambil foto benjolan atau tompel pada hari pertama Anda mengetahuinya. Kemudian lakukan pengambilan foto pada minggu berikutnya, amati apakah ada perubahan bentuk, warna, atau bahkan ukuran.
  6. Sementara ciri-ciri kanker kulit yang lain adalah dengan adanya benjolan yang terasa gatal atau bahkan sakit jika disentuh. Amati juga bila terdapat luka kecil pada kulit yang terus mengeluarkan darah sehingga cenderung tidak sembuh. Hal ini bisa jadi adalah gejala kanker kulit.

Cara mencegah kanker kulit

Menghindari kulit dari paparan sinar matahari

Cara yang pertama adalah dengan cara menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Jam 10.00 hingga jam 16.00 adalah waktu di mana matahari memancarkan sinar yang kuat. Jika Anda bekerja ataupun beraktivitas di luar ruangan pastikan Anda menggunakan tabir surya untuk menghindari sinar matahari secara langsung. Hal tersebut pun diungkapkan oleh beberapa ahli, yaitu seseorang yang terlalu sering terkena paparan matahari secara langsung dan terlalu lama dapat memicu pra kanker bagi kulit Anda.

Menggunakan sunscreen

Menggunakan krim sunscreen atau yang lebih sering disebut dengan tabir surya merupakan salah satu produk perawatan yang wajib ada di dalam tas Anda. Hal ini dikarenakan kandungan SPF di dalamnya mampu melindungi Anda dari bahaya sinar UV. Sebaiknya pilihlah tabir surya yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Bagi seseorang yang tinggal di iklim tropis, menggunakan tabir surya dengan SPF 15 sudah cukup untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari.

Gunakan kacamata hitam

Selain menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit tubuh, Anda juga harus menggunakan kacamata hitam untuk melindungi kulit yang berada di area mata. Hal ini dikarenakan kulit yang berada disekitar mata merupakan kulit tipis dan cukup sensitif terhadap panas. Oleh karena itu, menggunakan kacamata hitam merupakan hal yang sangat diperlukan untuk mengurangi resiko terkena kanker kulit.

Memberi nutrisi pada kulit

Cara yang satu ini merupakan hal yang paling penting Anda terapkan. Karena seseorang yang memiliki kulit kering dan kusam adalah salah satu penyebab terjadinya kanker kulit. Anda dapat memberi nutrisi pada kulit dengan mengonsumsi makanan bergizi serta menggunakan vitamin, lotion ataupun lulur alami yang dapat Anda buat sendiri di rumah.

Kanker Kulit Dan Gejalanya

This entry was posted in Obat Kanker Tradisional. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*