Kanker Kelenjar Getah Bening

Kanker Kelenjar Getah Bening

Kanker Kelenjar Getah Bening -Kanker kelenjar getah bening atau limfoma adalah kanker ganas yang berkaitan dengan sistem limfatik. Sistem limfatik merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh dan bertugas dalam membentuk pertahanan alamiah tubuh melawan infeksi dan kanker. kanker kelenjar getah bening atau Limfoma adalah sejenis kanker yang tumbuh akibat mutasi sel limfosit (sejenis sel darah putih) yang sebelumnya normal, seperti halnya limfosit normal, limfosit ganas dapat tumbuh pada bebagai organ dalam tubuh termasuk kelenjar getah bening, limpa, sumsum tulang, darah ataupun organ lain.

Ada dua jenis kanker kelenjar getah bening atau sistem limfotik yaitu penyakit hodgkin dan limfoma non-hodgkin (NHL). Kanker kelanjar getah bening atau limfoma adalah sekelompok penyakit keganasan yang bekaitan dan mengenai sistem limfatik. Sistem limfatik merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh yang membentuk pertahanan alamiah tubuh melawan infeksi dan kanker.

Kanker Kelenjar Getah Bening

Kanker Kelenjar Getah Bening

Cairan limfatik adalah cairan putih menyerupai susu yang mengandung protein lemak dan limfosit yang semuanya mengalir ke seluruh tubuh lewat pembuluh limfatik. Ada dua macam sel limfosit yaitu sel B dan T. Sel B berfungsi membantu melindungi tubuh melawan bakteri dengan membuat antibodiyang memusnahkan bakteri.

Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening

Berikut ini ialah Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening :

  1. Faktor keturunan
  2. System kekebalan tubuh yang lemah
  3. Toksin lingkungan atau makanan yang bayak mengadung herbisida serta pengawet makanan dan juga pewarna kimia.
  4. Kurangnya berolahraga
  5. Minum-minuman yang mengandung alkohol
  6. Kurang minum air putih
  7. Merokok, serta gaya hidup yang kurang sehat

Beberapa penyebab yang lainnya adalah :

  1. Infeksi

Mekanisme pembengkakan kelenjar getah bening akibat infeksi adalah dengan cara peningkatan jumlah sel darah putih (limfosit) dengan cara multiplikasi sebagai respons atas adanya zat asing ke dalam tubuh (antigen).

  1. Virus

Reaksi pertahanan terhadap infeksi yang umum diakibatkan oleh virus biasanya berupa demam yang menyertai pembengkakan kelenjar getah beningnya.

  1. Peradangan

Mekanisme peradangan terjadi selama infeksi kelenjar getah bening oleh zat-zat asing. Peradangan merupakan suatu bentuk sel darah putih yang mati oleh zat asing.

  1. Kanker

Mekanisme penyusupan sel-sel kanker pada kelenjar getah bening juga sering menyebabkan pembengkakan. Bahkan, kelenjar getah bening yang bengkak bisa menjadi keras dan bisa menyebar ke kelenjar getah bening di tempat-tempat yang lain.

  1. Kanker darah

Kanker darah mungkin tidak terlihat seperti kanker biasa yang membuat kelenjar getah bening bengkak. Akan tetapi, pada kanker darah, produksi limfosit di kelenjar getah bening sangat banyak dan tidak terkontrol. Keadaan ini kita sebut sebagai limfoma atau leukemia.

Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening

Berikut ini ialah gejala kanker kelenjar getah bening :

  1. Pembengkakan kelenjar getah bening pada daerah leher, ketiak atau pangkal paha
  2. Penurunan berat badan secara drastis
  3. Rasa lelah yang terus menerus
  4. Batuk-batuk dan sesak napas
  5. Gatal-gatal
  6. Demam tanpa sebab
  7. Keringat dingin pada malam hari

Kanker Kelenjar Getah Bening

Bila Anda divonis terkena kanker kelenjar getah bening, jangan takut. Faktanya, kanker kelenjar getah bening bisa disembuhkan dengan pengobatan dan perawatan yang benar. Seperti penyakit-penyakit kanker pada umumnya, kanker kelenjar getah bening bisa diobati dengan cara-cara medik dan nonmedik. Secara medik, pengobatan kanker bisa dilakukan dengan cara kemoterapi, radiasi, transplantasi, operasi, dan terapi eksperimental. Secara nonmedis dengan menggunakan S-Lutena atau Super Lutein. S-Lutena merukan suplemen kesehatan dari Jepang yang dibuat dari buah dan sayur yang kaya akan vitamin. S-Lutena sangat bergizi dan dapat memenuhi kebutuhan gizi bagi tubuh Anda.

Kanker Kelenjar Getah Bening

This entry was posted in Obat Kanker Tradisional. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*