Kanker Hati Dan Gejalanya

Kanker Hati Dan Gejalanya

Kanker Hati – Kanker hati merupakan kanker kelima yang paling umum diderita oleh pria dan kanker ketujuh yang diderita oleh wanita. Kasus kanker hati banyak ditemui di negara-negera berkembang, terutama di wilayah Asia Tenggara dan Timur, Afrika Tengah dan Barat. Pada tahun 2008, ditemukan 694.000 kasus kematian akibat kanker hati dan menjadikan kanker ketiga penyebab kematian di dunia. Di Indonesia sendiri, terdapat 13.238 kasus kanker hati dan 112.825 kasus kematian akibat kanker hati pada tahun 2008.

Kanker hati atau yang juga dikenal dengan hepatoma diawali dengan gejala seperti sakit di bagian perut, mengalami penurunan berat badan dan jika diraba bagian atas kanan perut akan terasa ada benjolan. Mereka yang terinfeksi virus hepatitis B atau C rentan terkena kanker hati.

Kanker Hati Dan Gejalanya

Kanker Hati Dan Gejalanya

Berikut gejala awal kanker hati :

1.Urine berwarna gelap

Meningkatkan kandungan bilirubin pada darah akibat kanker hati akan diteruskan ke urine. Hal ini menyebabkan urine berwarna kuning gelap atau cokelat. Jika Anda memperhatikan perubahan warna urine, segera periksakan diri dan cari tahu apa yang salah pada kesehatan. Bisa jadi ada kanker yang tumbuh pada hati Anda.

2.Ascitis

Ascitis adalah adanya cairan yang berkumpul di perut. Ini adalah salah satu gejala awal kanker hati. Perut yang terasa mual dan kembung serta diikuti oleh pembengkakan lever adalah salah satu indikasi awal adanya kanker lever.

3.Sakit perut

Pembengkakan dan pembesaran lever akan menyebabkan terasa sakit pada perut. sakit perut juga bisa muncul ketika fungsi lever terganggu. Jika Anda mengalami sakit perut yang tak normal disertai dengan pembengkakan lever, kemungkinan Anda memiliki penyakit lever atau kanker.

4.Gatal-gatal

Jangan salah, gatal-gatal juga bisa menjadi salah satu tanda lever bermasalah. Tanda yang atu ini seringkali diabaikan dan disalahartikan sebagai penyakit lain. Gatal-gatal pada kulit disebabkan oleh meningkatnya bilirubin pada tubuh. Fungsi lever yang terganggu akan meningkatkan produksi bilirubin dan menyebabkan gatal-gatal pada kulit.

5.Lever membengkak

Hati atau lever terletak pada bagian perut sebelah kanan atas agak ke tengah. Jika lever membengkak, maka posisinya akan melebar hingga ke bagian tengah perut. Jika Anda merasa aneh atau sakit pada bagian itu, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Ini adalah salah satu gejala awal penting yang menunjukkan adanya kanker.

6.Lelah

Jika Anda selalu merasa lelah berkepanjangan dan diikuti dengan gejala lain seperti yang sudah disebutkan atau penurunan fungsi lever, Anda boleh curiga bahwa Anda memiliki kanker hati. Meski rasa lelah bisa menjadi gejala banyak penyakit lainnya, namun kelelahan yang terus-menerus juga sering terlihat pada pasien kanker hati.

7.Mual dan muntah

Mual dan muntah memang bisa menjadi pertanda bagi penyakit lain, mulai dari yang ringan seperti masuk angin hingga penyakit yang berbahaya. Namun jika Anda sering mual atau muntah tanpa sebab yang jelas, segera cek kesehatan lever Anda. Mual dan muntah bisa menjadi gejala lever bermasalah. Muntah biasanya juga dianggap sebagai salah satu pertanda kanker hati.

8.Penurunan berat badan

Hati adalah organ penting yang membantu tubuh menjaga metabolisme. Hati yang bermasalah bisa terlihat ketika seseorang mengalami penurunan berat badan. Penurunan berat badan juga disebut sebagai salah satu gejala awal kanker hati yang penting.

9.Kulit dan mata berwarna kuning

Kulit dan mata berwarna kuning sebenarnya bukan penyakit, melainkan sebuah penanda bahwa lever sedang bermasalah. Fungsi hati yang bermasalah menyebabkan produksi bilirubin meningkat dan mempengaruhi warna kulit serta mata. Selama ini kulit dan mata yang berwarna kuning diketahui sebagai gejala awal kanker hati.

Kanker Hati Dan Gejalanya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*