Kanker Ginjal Adalah

Kanker Ginjal Adalah

Kanker Ginjal Adalah

Kanker Ginjal Adalah

Kanker Ginjal – Kanker Ginjal adalah kondisi medis yang ditandai dengan kelainan pertumbuhan dari sel-sel kanker pada ginjal. Ginjal adalah sepasang struktur berbentuk seperti kacang yang berperan dalam menyaring dan mengeluarkan produk sisa dari darah, membentuk urin untuk dieksresikan keluar dari dalam tubuh dalam prosesnya. Biasanya, hanya satu ginjal yang terkena kanker. Tedapat tiga tipe utama dari kanker ginjal. Karsinoma sel renal adalah bentuk paling sering yang tercatat hampir 90% dari kasus kanker ginjal. Sel-sel kanker pada tipe ini berasal dari sel yang melapisi tubulus renalis pada ginjal. Karsinoma sel transisional, bentuk yang lebih jarang dari kanker ginjal, berkembang dari sel-sel transisional yang melapisi ginjal dan secara umum terjadi pada pria lebih tua di atas usia 50 tahun.

Tipe ke tiga dari kanker ginjal adalah bentuk yang jarang dari kanker ginjal yang terjadi pada anak-anak, dikenal sebagai tumor Wilm. Penyebab pasti dari kanker ginjal belum diketahui. Pembedahan biasanya dilakukan untuk mengangkat bagian ginjal yang terkena. Tidak seperti kanker lainnya, kemoterapi dan terapi radias biasanya tidak berpengaruh baik dalam penanganan kanker ginjal dan biasanya tidak digunakan. Akan tetapi, terapi radiasi dapat digunakan untuk mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh kanker. Karena kanker ginjal menyebar dengan mudah, terutama pada paru-paru, diagnosis dan penanganan dini diperlukan untuk meningkatkan angka kesembuhan.

PENYEBAB

Seperti halnya kanker pada manusia lainnya, kanker ginjal merupakan penyakit umum yang mempengaruhi orang usia lanjut dengan hampir dua dari tiga orang yang didiagnosis di atas usia 65 tahun. Kanker ginjal jarang terjadi pada orang di bawah usia 50.Dalam kebanyakan kasus, tidak ada penyebab yang dapat diidentifikasi untuk penyakit ini, meskipun ada beberapa faktor risiko yang terkait:

  • Perokok memiliki sekitar dua kali lipat risiko dari non-perokok.
  • Kontak dengan bahan kimia tertentu. Pekerja yang melakukan kontak dengan bahan kimia seperti pewarna aniline (senyawa organik buatan yang digunakan dalam pekerjaan kulit dan kayu) dan logam berat memiliki risiko lebih tinggi.
  • Penyakit ginjal stadium akhir yang memerlukan dialysis (pengobatan yang melakukan beberapa hal yang dilakukan oleh ginjal sehat).
  • Asupan obat penghilang rasa sakit kronis, seperti parasetamol, dan obat anti pembengkakan tanpa steroid (NSAID) seperti ibuprofen dan aspirin.
  • Kanker ginjal bawaan. Sebagian besar dari mereka yang terkena penyakit memiliki bentuk kanker ginjal yang sporadis atau bukan bawaan dari kanker ginjal. Suatu bentuk bawaan dari penyakit terjadi pada sebagian kecil pasien (kurang dari lima persen dari total) karena adanya gen yang rusak. Kondisi yang diwariskan ini mempengaruhi seseorang terkena kanker ginjal yang meliputi sindrom von Hippel-Lindau (VHL) [kelainan bawaan yang ditandai dengan pembentukan tumor dan kantung berisi cairan (kista) di berbagai bagian tubuh], tuberous sclerosis (penyakit genetik multi-sistem langka yang menyebabkan tumor tidak berbahaya tumbuh di otak dan organ penting lainnya seperti ginjal, jantung, mata, paru-paru, dan kulit), sindrom Birt-Hogg-Dube (kondisi bawaan yang terkait dengan beberapa tumor kulit, kista paru-paru yang tidak berbahaya, dan suatu peningkatan risiko baik tumor ginjal dan kanker ginjal yang tidak berbahaya), dan sel jernih bawaan non-VHL dan kanker sel ginjal papiler.

GEJALA

Mayoritas dari mereka dengan kanker ginjal didiagnosis ketika mereka sedang diteliti untuk keluhan lain, meskipun mereka tidak memiliki gejala khusus yang terkait dengan penyakit. Kanker ini didiagnosis dengan cara ini biasanya berjumlah kecil dan berada pada tahap dini.Di sisi lain, sekitar sepertiga dari semua orang dengan penyakit ini akan terdeteksi lambat dengan penyakit sudah berada pada stadium lanjut.Tanda-tanda kemungkinan terkena kanker sel ginjal meliputi:

  1. Darah dalam urin
  2. Terdapat sebuah massa di perut
  3. Rasa sakit di satu sisi yang tidak kunjung sembuh
  4. Kehilangan nafsu makan atau berat badan tanpa alasan yang diketahui
  5. Anemia (jumlah darah rendah)

Kanker Ginjal Adalah

This entry was posted in Obat Kanker Tradisional. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*