Kanker Ginjal Adalah

Kanker Ginjal Adalah

 

Kanker Ginjal AdalahKanker Ginjal – Ginjal adalah organ di dalam tubuh yang berfungsi menyaring kotoran dari darah dan mengubahnya menjadi urine. Manusia memiliki dua buah ginjal yang terletak di kedua sisi pinggang di bawah tulang rusuk. Kanker biasanya menyerang salah satu ginjal saja. Kanker ginjal adalah suatu jenis kanker yang menyerang ginjal.

Kanker ginjal sebagian besar diderita oleh orang-orang yang telah berusia 50 tahun ke atas. Pada stadium awal biasanya tidak ada gejala yang dirasakan. Pada stadium lanjut, seseorang yang menderita penyakit ini dapat merasakan nyeri dan pembengkakan di sekitar area pinggang. Selain itu, gejala kanker ginjal bisa berupa:

  • Berubahnya warna urine menjadi kemerahan atau kecokelatan karena telah bercampur dengan darah.
  • Penurunan berat badan.
  • Kekurangan darah atau anemia.
  • Badan terasa lelah.
  • Nafsu makan berkurang.
  • Keluar keringat di malam hari.
  • Hipertensi atau tekanan darah tinggi.
  • Pembengkakan pembuluh darah di sekitar testis (jika kanker ginjal diderita oleh pria).
  • Demam tinggi.

Penyebab Kanker Ginjal

Sebetulnya, tingkat kejadian kanker ginjal ini sangat tinggi. Namun, sungguh mengkhawatirkan bahwa belum banyak orang yang mengetahui penyebab terjadinya kanker ini. Berikut beberapa hal yang menjadi penyebab seseorang terserang kanker ginjal.

Merokok

Orang yang memiliki kebiasaan merokok, apalagi yang sudah dalam tahap kecanduan, tentu lebih besar kemungkinannya untuk terkena kanker ginjal ini. Terlebih jika si pecandu rokok tersebut, sudah berusia di atas 30-40 tahun.

Obesitas dan hipertensi

Kanker ginjal juga sangat potensial disebabkan oleh kedua penyakit tersebut. Makanya, sebaiknya Anda lebih tanggap menjaga kesehatan tubuh Anda jika menderita kegemukan dan juga tekanan darah tinggi.

Paparan sinar radiasi

Insiden kanker ginjal juga bisa disebabkan oleh paparan sinar radioaktif, bahkan dalam kadar rendah sekalipun karena dalam jangka waktu lama, sinar radiasi tersebut akan semakin terkumpul di dalam tubuh.

Bidang pekerjaan

Waspadalah untuk Anda yang bekerja di bidang-bidang berikut: logam, percetakan surat kabar, pekerja petrokimia, pekerja arang batu bara, yang ternyata bisa meningkatkan resiko terkena kanker ginjal.

Faktor genetik

Genetik seseorang juga ternyata bisa diturunkan. Seseorang yang berada di lingkungan keluarga dengan riwayat kanker ginjal memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk terkena penyakit ini dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki riwayat tersebut dalam garis keturunan keluarganya.

Makanan dan obat

Menurut sebuah survei, konsumsi produk susu, protein hewani, dan juga lemak dalam kadar yang tinggi, namun tidak dibarengi dengan konsumsi buah dan sayuran, maka dapat menjadi faktor penting seseorang pada akhirnya mengidap kanker ginjal.

Bagaimana Cara Mencegah Kanker Ginjal ?

Bagaimana cara mencegah kanker ginjal ini ? Berikut ini kami beri solusi cara mencegah kanker:

Mengontrol tekanan darah

Untuk menghindari kanker, anda harus mengontrol tekanan darah secara rutin. Hal ini dilakukan untuk memastikan anda tidak mengalami gagal ginjal.

Suplemen bawang putih.

Sudah terbukti kalau bawang putih mampu mengurangi kanker. Jadi, untuk menghindari kanker anda juga bisa mengkonsumsi suplemen bawang putih. Selain dapat mengurangi kanker, anda juga bisa mengurangi resiko gagal ginjal dengan suplemen ini.

Berhenti merokok.

Cara mencegah kanker ginjal dengan tidak merokok. Merokok tentu saja sangat tidak baik untuk kesehatan, termasuk juga berbagai risiko yang di akibatkan rokor termasuk juga penyakit kanker. Asap rokok dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Jika Anda berhenti merokok, selain dapat mencegah terjadinya kanker, anda juga dapat mencegah terjadinya risiko gagal ginjal.

Berhenti minum alkohol.

Selain merokok dapat merusak kesehatan. Alkohol juga sangat berbahaya sekali. Minuman alkohol memaksa ginjal bekerja keras, sehingga menghindari alkohol dapat mencegah terjadinya gagal ginjal dan penyakit lainnya seperti kanker ginjal.

Kanker Ginjal Adalah

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*