Kanker Getah Bening

Kanker Getah Bening

 

Kanker Getah Bening – Kelenjar getah bening merupakan bagian terpenting sistem kekebalan tubuh manusia, membantu tubuh mengenali dan melawan kuman, infeksi, serta zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh.

Kanker Getah Bening

Kanker Getah Bening

Gejala Umum Kanker Getah Bening

Untuk mencegah kanker getah bening semakin waktu kian meningkat, maka dibutuhkan kiat-kiat pencegahan dan deteksi sejak dini, sehingga penderita bisa memperoleh penanganan dan pengobatan yang tepat sejak dini. Deteksi dini gejala kanker kelenjar getah bening dapat dilakukan dengan beberapa langkah:

  • Bagian tubuh yang sering dihinggapi penyakit mematikan ini adalah organ terdapat kelenjar limfa. Gejala yang terdeteksi di daerah ketiak atau leher mengalami pembesaran sejenis benjolan dan lama kelamaan akan mengalami pembengkakan. Tidak di dua area itu saja, tapi bisa juga menyerang daerah pangkal paha.
  • Sistem limfatik yang terserang oleh adanya kanker dapat menggerogoti tubuh penderita yang mengakibatkan berat badan mengalami penurunan drastis
  • Penderita mengalami rasa kecapekan yang amat sangat tinggi, tidak seperti orang sehat lainnya. Rasa letih berlangsung lama
  • Sistem pernapasan mengalami penyempitan pada bagian paru-paru sehingga menyebabkan batuk dan dada terasa sesak
  • Di beberapa kasus, penderita diserang demam yang cukup tinggi tanpa ada penyebab pasti
  • Sering mengalami keringat dingin pada malam hari
  • Ciri lain pada awal-awal gejalanya adalah nafsu makan berkurang

Setiap orang yang divonis menderita kanker getah bening tentulah akan khawatir dan bahkan berputus asa karena kanker jenis ini dapat berakibat kematian. Kanker getah bening sendiri merupakan kanker ganas yang sangat berkaitan dengan sistem limfatik.Gejala umum yang biasanya terjadi pada penderita kanker getah bening ini dapat berupa terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening di leher, pangkal paha atau ketiak.

Memang, penyebab pasti munculnya kanker getah bening belum diketahui, namun sejumlah penelitian menunjukkan bahwa penyakit ini sangat berkorelasi dengan infeksi dari berbagai organisme seperti virus, riketsia, protozoa, bakteri, dan lainnya. Infeksi tersebut kemudian menyebar ke kelenjar getah bening dan pada akhirnya menyebabkan kanker.

Beberapa penyebab penyakit kanker getah bening :

  • Karena faktor keturunan atau faktor ginetik
  • Terjadinya penurunan kekebalan tubuh dalam tubuh
  • Mengkonsumsi makanan yang menggunakan bahan pengawet, memiliki kandungan herbisida dan juga makanan makanan yang mengandung zat pewarna berbahan kimia.
  • Sering mengkonsumsi minuman minuman yang memiliki kandungan alkohol
  • Sangat jarang meluangkan waktu untuk berolahraga
  • Kurangnya mengkonsumsi air putih
  • Seseorang yang merupakan perokok pasif
  • Gaya hidup yang kurang sehat, kurang istirahat, dan tidak memperhatikan makanan yang di konsumsi.

Setelah Anda mengetahui penyebab kanker getah bening dan juga gejala kanker kelenjar getah bening, Anda juga harus tahu apa yang akan terjadi jika penyakit tersebut tidak segera diobati. Salah satunya adalah pembentukan asbes, sekumpulan nanah yang muncul karena adanya infeksi. Jika asbes tersebut juga tidak kunjung diobati, maka akan terjadi kerusakan yang cukup terasa pada organ-organ vital dalam tubuh Anda. Selain itu berbagai masalah penyebab kanker getah bening jika tidak segera diobati juga bisa mengakibatkan terinfeksinya aliran darah atau yang diistilahkan dengan bakteremia. Gangguan ini bisa mengakibatkan kegagalan organ dan yang paling parah adalah kematian. Faktanya, kanker getah bening bisa disembuhkan dengan pengobatan dan perawatan yang benar.Seperti penyakit-penyakit kanker pada umumnya, kanker getah bening bisa diobati dengan cara-cara medik dan nonmedik.

 

Kanker Getah Bening

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*