Kanker Darah Dan Pengobatannya

Kanker Darah Dan Pengobatannya

 

Kanker Darah Dan Pengobatannya

Kanker darah adalah salah satu penyakit kanker yang banyak terjadi di kalangan masyarakat. Jika penyakit ini sudah menyerang, maka nyawa Anda bisa menjadi taruhannya saat Anda tak segera mengatasinya. Penyakit kanker darah ini akan menyebabkan fibrinogen sulit menggumpalkan darah karena darah mengalir dengan derasnya.

Sehingga, ketika Anda luka dan mengeluarkan darah, darah akan sulit untuk berhenti. Akibatnya, Anda pun bisa mengalami kekurangan darah yang bisa saja menjadi faktor meregangnya nyawa Anda. Untuk itu, tak ada salahnya Anda menyimak informasi seputar gejala, penyebab, dan cara mengatasinya.

Penyebab kanker darah belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa faktor yang memicu munculnya kanker darah pada manusia. Berikut beberapa penyebab kanker darah adalah :

Paparan Kimia

Penyebab kanker darah adalah terkenan paparan kimia. Bila kemungkinan, hindari situasi yang melibatkan bahan kimia berbahaya dalam kegiatan sehari-hari anda. Ini mencakup dan tidak hanya terbatas pada pestisida, benzena (hadiah kimia dalam gas tanpa timbal). Jika anda harus terkena bahan kimia, berusahalah untuk meminimalkan ko0ntak dengan kulit secara langsung dan memakai masker untuk mencegah ingalasi (penghitupan zat kimia). Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun yang mengandung antiseptik.

Radiasi

Penyebab kanker darah adalah paparan radiasi yang mengenai tubuh secara terus-menerus. Paparan radiasi tingkat tinggi juga merupakan faktor resiko umum penyebab kanker darah. Paparan radiasi ini tidak hanya mencakup individu yang terkena radiasi akibat dari pekerjaan, namun juga meliputi individu yang menjalani prosedur medis seperti kemoterapi dan terapi radiasi.

Kebiasaan Yang Tidak Sehat

Penyebab kanker darah adalah merokok dan mengkonsumsi alkohol dalam jumlah tinggi. Rokok memiliki zat karsinogen yang dapat memacu pertumbuhan sel kanker dengan cepat, sehingga dapat mempercepat berkembangan kaker dalam tubuh kita. Selain itu juga terdapat HCN (hidrogen sianida) pada rokok yang sering di gunakan oleh para agen intelegen dalam melakukan penyandaraan bahkan untuk melindungi dirinya sendiri. Zat ini dapat menyebabkan luka iritasi pada jaringan tubuh Anda, penyebab kanker darah. HCN merupakan gas yang tidak berbau, dalam bentuk cairan HCN tidak berwarna atau bnerwarna biru pucat ketika berada pada suhu kamar. HCN juga mudah terbakar dan mudah berdifusi pada jaringan tubuh kita.

Virus

Penyebab kanker darah adalah virus, Tidak hanya zat kimia dan radiasi saja yang dapat menjadi penyebab kanker darah pada manusia, ternyata virus juga dapat menjadi penyebab kanker darah. Virus yang dapat menyebabkan kanker darah adalah virus yang terdiri dari satu benang tunggal RNA bukannya DNA, penyebab kanker darah. Setelah melakukan infeksi pada sel virus ini akan mengkopi dirinya dan membentuk dna dengan RNA-nya dengan menggunakan enzim reverse transcriptase.

Cara Pengobatan Kanker Darah

Saat ini ada beberapa terapi pengobatan kanker darah / leukemia yang bisa dilakukan untuk mengurangi dampak dari leukimia. Beberapa diantaranya adalah:

Kemoterapi

Pengobatan kanker darah adalah dengan terapi kemoterapi. Ada beberapa cara di mana pasien mendapatkan penyembuhan melalui pelaksaan kemoterapi, bisa melalui mulut, disuntik pada pembuluh darah balik (intravena), dan disuntik langsung ke cairan cerebrospinal. Akan tetapi seperti sudah diketahui secara umum, pengobatan kanker darah dengan jalan kemoterapi seringkali menjadi pilihan yang sebenarnya tidak diinginkan oleh kebanyakan pasien. Efek samping yang ditimbulkan pasca kemoterapi malah menjadi beban penderitaan yang lain bagi si pasien.

Terapi Radiasi

Pengobatan kanker darah adalah dengan cara terapi radiasi. Cara kerja pengobatan kanker darah / leukimia ini adalah dengan menggunakan sinar berenergi tinggi untuk membunuh sel kanker. Sebuah alat berukuran cukup besar akan diarahkan ke berbagai bagian tubuh penderita kanker yang memiliki tumpukan sel leukemia seperti limpa, otak dan bagian lainnya. Biasanya cara ini dilakukan sebelum proses transplantasi sumsum tulang.

Terapi Biologi

Pengobatan kanker darah adalah dengan cara terapi biologi. Terapi biologi digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh penderita terhadap kanker. Pada umumnya, pengobatan kanker darah initerapi biologi menggunakan media suntik ke pembuluh darah balik. Penanganan terapi biologi berbeda-beda tergantung dengan tipe kanker yang sedang dihadapi. Untuk pasien yang terkena leukemia limfositik kronis, terapi yang cocok digunakan adalah antibodi monoklon.

Pengobatan kanker darah ini bertujuan untuk meningkatkan sistem kekebalan dengan membunuh sel-sel leukemia. Sedangkan bagi pasien dengan tipe leukemia myelo kronis, terapi yang dilakukan menggunakan suatu bahan bernama interferon. Bahan ini berfungsi untuk memperlambat pertumbuhan se-sel leukemia pada tubuh.

Transplantasi Sel Induk

Pengobatan kanker darah adalah dengan cara transplantasi sel induk. Transplantasi-sel-indukdengan transplantasi sel induk, pasien bisa diobati menggunakan obat berdosis tinggi, radiasi atau bahkan gabungan dari keduanya. Selama ini pemberian dosis obat yang tinggi akan menghancurkan tidak hanya sel leukemia-nya saja, namun juga dengan sel-sel normal yang ada pada sumsum tulang. Kemudian, sel-sel sehat akan ditransfer ke dalam tubuh penderita melalui tabung fleksibel yang dipasang di pembuluh darah balik besar pada bagian dada dan leher pasien.

Sel-sel induk dari hasil transplantasi ini akan menghasilkan sel-sel baru yang terus tumbuh. Pasien yang menggunakan transplantasi sel induk diwajibkan untuk menginap di rumah sakit selama beberapa minggu. Hal ini dilakukan agar para petugas medis bisa selalu memantau kondisi pasien dengan baik. Biasanya proses ini berlangsung sampai sel-sel induk berhasil memproduksi sel darah putih dalam jumlah yang normal.

Kanker Darah Dan Pengobatannya

This entry was posted in Obat Kanker Tradisional. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*