Jenis Jenis Penyakit Kanker Ganas

Jenis Jenis Penyakit Kanker Ganas

Jenis Jenis Penyakit Kanker –Jenis jenis penyakit kanker yang pernah terjadi di dunia ini cukup banyak. Bahkan, mungkin ada jenis penyakit kanker yang muncul namun tidak diketahui namanya. Kali ini kita akan membahas macam macam kanker yang ada di dunia, terutama yang tingkat kejadiannya tinggi di dunia.Tahukah anda kalau 12% seluruh kematian disebabkan oleh kanker dan pembunuh nomor 2 setelah penyakit kardiovaskular. Wah, ini benar-benar mengerikan. Itu mengapa sangat penting sekali untuk mengenal lebih jauh, mengendalikan dan mencegahnya sejak dini.

JENIS JENIS PENYAKIT KANKER

Berikut ini adalah jenis jenis penyakit kanker yang paling ganas dan sulit untuk disembuhkan, menurut penelitian Nation Cancer Institue (NCI) :

  1. Kanker Paru-Paru

Jenis jenis penyakit kanker -Penyakit kanker paru-paru adalah pembunuh nomor satu di Amerika Serikat. Penyebab utamanya adalah penggunaan produk tembakau dan merokok, kanker jenis ini paling banyak menyerang orang berusia 55-65 tahun.

  1. Kanker Usus Rektum
Jenis Jenis Penyakit Kanker Ganas

Jenis Jenis Penyakit Kanker Ganas

Kanker usus besar tumbuh di jaringan usus besar, sedangkan kanker rektum tumbuh di beberapa sentimeter di usus besar dekat anus. Kebanyakan kasus diawali dengan gumpalan kecil sel jinak atau polip dan dari waktu ke waktu tumbuh menjadi kanker.

  1. Kanker Payudara

Kanker payudara adalah kanker yang terpopuler nomor dua di Amerika Serikat setelah kanker kulit. Kanker ini juga dapat menyerang pria. Terdapat hampir 2.000 kasus kanker payudara pada pria antara tahun 2003 hingga 2008. Sel kanker biasanya terbentuk di dalam saluran yang mengalirkan susu ke puting susu atau kelenjar yang memproduksi susu. Hampir 40.000 orang diperkirakan meninggal akibat kanker payudara pada tahun 2010.

  1. Kanker Pankreas
Jenis Jenis Penyakit Kanker Ganas

Jenis Jenis Penyakit Kanker Ganas

Jenis jenis penyakit kanker -Kanker Pankreas muncul di jaringan pankreas yang membantu pencernaan dan mengatur metabolisme. Deteksi dan penaganann sejak dini akan sulit dilakukan, hal ini karena gejala pada penyakit kanker pankreas sangat sulit dikenali gejala atau tanda-tanda awalnya, menyebar secara diam-diam dan menyebar dengan sangat cepat. Penyakit Kanker Pankreas diperkirakan merenggut 37. 000 jiwa pada tahun 2010.

  1. Kanker Prostat

Jenis jenis penyakit kanker -Kanker ini merupakan penyebab utama kematian karena kanker nomor dua pada pria setelah kanker paru-paru dan bronkial serta menjadi momok menakutkan bagi kaum pria, karena menyerang organ reproduksi pria. Kanker prostat biasanya mulai tumbuh perlahan-lahan di kelenjar prostat, kelenjar yang menghasilkan cairan mani untuk mengangkut sperma.

  1. Kanker Darah atau Leukimia

Ada banyak jenis leukemia atau kanker darah dan semuanya menyerang jaringan tubuh yang membentuk darah seperti sumsum tulang dan sistem limfatik. Kanker darah mengakibatkan kelebihan produksi sel darah putih yang abnormal.

  1. Limfoma non-Hodgkin
Jenis Jenis Penyakit Kanker Ganas

Jenis Jenis Penyakit Kanker Ganas

Jenis jenis penyakit kanker -Mungkin ada yang belum mengetahui secara detil apa yang dimaksud dengan penyakit Limfoma non-Hodgkin, mari kita bahas sekilas mengenai salah satu jenis kanker yang termasuk ke dalam kategori kanker ganas ini. Kanker ini menyerang limfosit, sejenis sel darah putih dan ditandai oleh kelenjar getah bening yang membengkak, demam dan mengalami penurunan berat badan. Ada beberapa jenis limfoma non-Hodgkin dan dikategorikan berdasar kecepatan tumbuhnya dan jenis limfosit yang terkena. Limfoma non-Hodgkin lebih mematikan daripada limfoma Hodgkin dan diperkirakan telah membunuh lebih dari 20.000 orang pada tahun 2010.

  1. Kanker Hati dan Saluran empedu Intrahepatik

Jenis jenis penyakit kanker -Kanker hati adalah salah satu bentuk kanker yang paling umum di seluruh dunia, tetapi jarang ditemui di Amerika Serikat. Kanker ini erat kaitannya dengan kanker saluran empedu intrahepatik yang menyerang saluran yang membawa empedu dari hati ke usus kecil. Hampir 19.000 orang Amerika diperkirakan mati karena kaner hati dan saluran empedu intrahepatik pada tahun 2010.

  1. Kanker Ovarium

Kanker ovarium adalah penyebab kematian akibat kanker nomor empat pada wanita antara tahun 2003 hingga 2007. Usia rata-rata perempuan yang didiagnosis mengidap kanker ini adalah 63 tahun. Kanker ini lebih mudah diobati tapi lebih sulit dideteksi pada tahap awal.

   10. Kanker Esophageal

Jenis Jenis Penyakit Kanker Ganas

Jenis Jenis Penyakit Kanker Ganas

Jenis jenis penyakit kanker -Kanker ini dimulai dalam sel-sel yang melapisi esofagus, yaitu tabung yang membawa makanan dari tenggorokan ke perut, dan biasanya terjadi di bagian bawah kerongkongan. Pria lebih mungkin meninggal dari pada perempuan karena kanker esophagus antara tahun 2003 hingga 2007. Kanker ini diperkirakan membunuh 14.500 orang pada tahun 2010.

Itulah sajian informasi jenis jenis penyakit kanker yang paling mematikan. Semoga bermanfaat dan menjadi sumber informasi bagi anda untuk selalu waspada terhadap bahaya penyakit kanker.

Jenis Jenis Penyakit Kanker Ganas

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*