Indikasi Kanker Paru-Paru

Indikasi Kanker Paru-Paru

Indikasi Kanker Paru-Paru

Kanker merupakan suatu penyakit dimana ditemukan suatu massa atau sel-sel tambahan yang fungsinya berbeda dengan sel normal. Massa ini akan mengambil nutrisi yang seharusnya dipakai oleh sel normal. Selain itu, massa kanker sendiri dapat menekan organ yang terkena, menimbulkan radang pada organ sekitar dan mengganggu fungsi organ tersebut.

Kanker paru paru adalah tumor ganas atau kanker yang tumbuh dari sel-sel paru, baik salah satu atau kedua paru-paru. Tentu kita telah tahu bahwa paru-paru merupakan dua pasang organ pada dada kita yang strukturnya seperti spons yang dapat mengembang dan mengempis ketika seseorang bernafas

 

Penyebab Kanker Paru-Paru

Kanker paru-paru memiliki beberapa penyebab dan faktor risiko yang telah diketahui, antara lain:

  • Asap rokok. Saya menyebut asap rokok karena sifatnya yang lebih umum, yaitu mengenai perokok aktif maupun perokok pasif keduanya berisiko terhadap kanker paru-paru. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sekitar 1 dari 10 perokok aktif mengembangkan kanker paru-paru. Tetapi paparan asap rokok (perokok pasif dan aktif) menyebabkan hingga 9 dari 10 kasus kanker paru-paru pada pria dan sekitar 7 dari 10 kasus kanker paru-paru pada wanita.
  • Paparan asbes. Orang yang terpapar asbes memiliki risiko yang lebih besar terkena kanker paru-paru dibanding mereka yang tidak terpapar. Paparan yang dimaksud adalah paparan melalui saluran nafas atau udara.
  • Paparan zat lainnya. Kontak dengan pengolahan baja, nikel, krom dan gas batubara juga dapat menjadi faktor risiko kanker paru-paru. Paparan radiasi dan polusi udara lainnya, seperti asap diesel, juga meningkatkan risiko kanker paru-paru.

 

Indikasi Kanker Paru-Paru

Sayangnya, menurut data statistik, 33% penderita kanker paru baru datang ke dokter ketika sudah mencapai stadium tiga. Dan bahkan 40% datang ke dokter ketika kanker telah mencapai stadium 4. Artikel ini akan membahas mengenai indikasi kanker paru-paru yang perlu Anda perhatikan dan waspadai. Berikut adalah indikasi kanker paru-paru yang harus diwaspadai:

 

  1. Nyeri Dada

Indikasi kanker paru-paru ini merupakan gejala paling umum yang membuat penderita kanker paru mencari pengobatan ke dokter atau rumah sakit. Nyeri dapat timbul di dada, bahu bahkan di punggung. Sifat nyeri dada juga dapat terasa tajam, tumpul, timbul terus menerus atau malah kadang nyeri dan kadang tidak.

 

  1. Batuk-Batuk

Gejala batuk merupakan indikasi kanker paru-paru paling umum nomor dua setelah nyeri dada. Batuk yang terjadi dapat kronis atau melebihi 8 minggu. Batuk juga dapat disertai dahak atau dapat juga malah berupa batuk kering. Meski telah diobati dengan obat apotek atau pun obat tradisional, batuk tidak kunjung sembuh dan terus menetap. Perhatikan juga pola perubahan batuk. Misalnya para perokok yang biasanya batuk biasanya akan merasa bahwa pola batuknya berubah dengan mengeluarkan lebih banyak dahak atau darah.

 

  1. Nyeri Tulang

Indikasi Kanker Paru-ParuSensasi nyeri pada tulang merupakan indikasi kanker paru-paru yang umum pula. Nyeri pada tulang dapat dirasakan dimana saja, meski paling sering terasa di tulang punggung. Biasanya nyeri tulang terasa pada malam hari dan menghilang bila beaktivitas. Namun nyeri dapat timbul kapan saja. Nyeri pada tulang disebabkan karena kanker yang awalnya berada di paru menyebar ke tulang melalui aliran darah.

 

  1. Batuk Darah

Batuk yang disertai dengan keluarnya darah segar atau dahak yang bercampur dengan bercak darah juga merupakan indikasi kanker paru-paru yang umum. Batuk tidak terasa nyeri namun dapat mengeluarkan darah.

 

  1. Sesak Napas

Perubahan pola napas merupakan indikasi kanker paru-paru lainnya. Perasaan sesak dirasakan sebagai sulit menarik napas atau terasa seperti ada yang mengencangkan saluran pernapasan Anda. Indikasi kanker paru-paru ini dapat timbul karena massa tumor yang mendesak saluran napas Anda. Jangan hiraukan sesak napas yang sering timbul setelah beraktivitas seperti jalan kaki, melakukan pekerjaan rumah tangga atau bahkan pekerjaan sederhana seperti mandi atau memakai baju.

 

  1. Mengi

Suara mengi yang menyertai Anda saat menarik atau mengeluarkan napas yang terjadi pertama kali di usia dewasa haruslah dicurigai. Indikasi kanker paru-paru mengi dapat disebabkan oleh penyakit alergi seperti asma namun dapat juga disebabkan oleh kanker paru. Bila Anda mengalami indikasi kanker paru-paru mengi, janganlah berasumsi bahwa itu merupakan penyakit asma. Lebih baik berobat ke dokter agar dokter dapat mengkonfirmasi penyakit apa yang mendasari mengi tersebut.

 

 

Indikasi Kanker Paru-Paru

This entry was posted in Obat Kanker Tradisional. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*