Gejala Kanker Usus

Gejala Kanker Usus

 

Gejala Kanker Usus – Usus besar merupakan bagian dari sistem pencernaan yang berfungsi sebagai tempat menampung limbah makanan yang masuk ke sistem pencernaan. Sementara bagian ujung dari usus besar yang berada dekat anus disebut rektum. Kanker usus besar adalah kanker yang menyerang usus besar yang letaknya berada di bagian bawah sistem pencernaan. Kanker rectal adalah kanker yang terdapat pada beberapa inchi di bagian akhir usus besar. Banyak kasus kanker usus besar dimulai dengan ukuran kecil, benjolan sel jinak yang disebut adenomatous polyps. Polip ini biasanya menyebabkan kanker usus besar.

Sebagian besar kanker usus besar diawali tanpa dengan gejala yang jelas, atau hanya menunjukan gejala lesi prakanker. Tetapi jika lesi sudah berkembang, kemungkinan akan ada beberapa tanda dan gejala kanker usus besar yang timbul :

Gejala Kanker Usus

Gejala Kanker Usus

Darah Pada Tinja

Ini adalah tanda utama atau gejala kanker usus besar maupun kanker lainnya. Selain ada darah, biasanya tekstur tinja pada penderita kanker usus juga berubah menjadi lebih panjang dan tipis.

Anemia

Akibat terlalu banyak darah yang keluar melalui tinja, tubuh pun berisiko mengalami anemia. Penderita kanker usus yang mengalami anemia pun akhirnya merasa lebih lemas dan warna kulit tubuh berubah pucat. Ini juga merupakan gejala kanker usus besar.

Kelelahan

Wajar saja sebenarnya jika Anda kelelahan setelah beraktivitas. Tetapi jika rasa lelah itu disertai dengan gejala kanker usus besar yang lain, sebaiknya Anda waspada. Sebab seperti yang sudah disebutkan, lelah biasanya dipicu dari anemia.

Penurunan Berat Badan

Selain anemia dan kelelahan, penderita kanker usus juga akan mengalami penurunan berat badan secara drastis. Padahal penderita tidak sedang menjalani diet atau program penurunan berat badan, gejala kanker usus besar.

Masalah Buang Air Besar

Diare, sembelit, atau yang lain adalah hal-hal yang membuat jadwal buang air besar bermasalah. Tetapi jangan sepelekan kondisi itu jika Anda mengalaminya disertai dengan gejala kanker usus besar yang lain.

Perut Tidak Nyaman

Tanda berikutnya seseorang positif terserang kanker usus adalah kerap merasakan nyeri, sakit, inflamasi, dan kembung di area perut. Sebab perasaan tidak nyaman tersebut diduga berasal dari sel kanker yang menginvasi tubuh, gejala kanker usus besar.

Obesitas

Untuk kasus orang yang obesitas, biasanya bagian perutnya membuncit ketika terserang kanker usus. Jadi sebelum terlambat, sebaiknya turunkan berat badan karena obesitas juga disebut sebagai salah satu faktor risiko kanker usus, gejala kanker usus besar.

Untuk pencegahan tersebut diantara bisa dilakukan dengan :

  • Konsumsi makanan dan minuman lebih fresh/segar dan alami
  • Konsumsi makanan dengan kandungan kaya serat seperti pepaya, sayur hijau, dan lain-lain
  • Kurangi semaksimal mungkin penggunaan pengawet dan penyedap buatan
  • Hindari stress, depresi dan emosi yang tidak stabil
  • Hindari makanan yang digoreng dengan minyak bekas atau minyak goreng rusak.
  • Konsumsi kopi secara rutin juga terbukti mampu mengurangi resiko pengidap penyakit ini sebagaimana dirilis di halaman wikipedia. Namun, sebaiknya harus didahului dengan mengkonsumsi makanan ringan untuk mencegah maag kambuh (bagi yang juga menderita sakit maag)
  • Menenangkan pikiran dan menjalani hidup lebih rileks, dengan kata lain adalah bersyukur dan ikhlas.

Selain beberapa hal diatas juga pada intinya segala jenis konsumsi makanan atau minuman yang masuk kedalam tubuh harus lebih terjaga. Tidak hanya memuaskan keinginan untuk makan dan memuaskan selera, akan tetapi juga mempertimbangkan kesehatan dan dampak jangka panjang.

Jika sudah terdeteksi kanker usus maka berkonsultasilah dengan dokter tentang berbagai pantangan yang tidak boleh dimakan/minum. Namun, selain itu berkonsultasi tentan obat herbal atau alami yang bisa digunakan terapi contohnya seperti menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis. Kedua, terapi herbal menggunakan ekstrak kulit manggis masih bisa dijadikan alternatif. Kandungan aktif anti-inflamasi pada ekstrak kulit manggis juga terbukti mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Gejala Kanker Usus

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*