Gejala Kanker Usus Besar

Gejala Kanker Usus Besar

Gejala Kanker Usus BesarGejala Kanker Usus Besar wajib diketahui pasalnya penyakit kanker usus diidentikkan dengan sakit lambung biasa. Banyak yang terserang penyakit lambung mengira jika apa yang dideritanya adalah hal wajar. Anggapan tersebut yang menyebabkan penanganan kanker usus lambat. Kanker usus besar pada stadium awal sering salah terdeteksi. Pihak medis pun banyak yang mengira jika kanker usus besar hanyalah infeksi usus boasa dan usus kotor karena mengandung banyak toksin.

Salah prediksi yang dilakukan pihak medis banyak yang menuai kesalahan. Hal tersebut akan memperparah keadaan sebab jika kanker usus tidak dideteksi sejak awal, sel kanker bisa cepat menyebar ke organ pencernaan lainnya. Sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu sebenarnya kanker usus.

 

Pengertian Kanker Usus Besar

Kanker usus besar disebut juga dengan kanker kolon. Kanker ini berada di bawah pencernaan manusia. Kanker usus besar jika sudah menyebar bisa disebut juga dengan kanker rektum. Kanker rektum adalah kanker yang berada di organ beberapa inci dari usus besar. Kanker usus besar dan kanker rektum disebut dengan kanker kolorektal. Sama halnya dengan kanker lainnya. Awalnya kanker usus besar bukanlah jaringan kanker yang membahayakan. Namun diperlukan sebuah proses untuk menjadi jaringan kanker. Proses terjadinya kanker usus besar adalah sebagai berikut :

  • Kanker usus besar dimulai dengan jaringan yang kecil dan tentunya non-kanker.
  • Jaringan tersebut berbentuk gumpalan sel yang disebut dengan polip adenomatosa.
  • Semakin berkembangnya waktu, polip tersebut berkembang menjadi kanker usus besar.
  • Polip mungkin tidak bergejala. Alasan tersebutlah yang membuat dokter harus melakukan tes skrining secara rutin untuk mengetahui seberapa besar polip di usus besar dan berapa besar potensinya untuk menjadi kanker usus besar.
  • Orang yang menderita polip namun tidak melakukan skrining tidak akan tahu jika polipnya sudah menjadi kanker.

 

Gejala Kanker Usus Besar

Pada tahap awal, kanker usus besar tidak menimbulkan gejala. Bahkan di negara berkembang seperti Amerika, kanker kolorektal merupakan penyebab utama kematian seseorang yang diakibatkan oleh kanker. Memang kanker usus besar merupakan salah satu jenis kanker yang penyebarannya susah untuk dihentikan. Berikut adalah Gejala Kanker Usus Besar yang sudah masuk ke dalam tahap lanjut :

  • Kebiasaan buang air besar berubah. Saat kanker berada di dalam usus besar, kebiasaan BAB seseorang pun akan berubah. Gejala Kanker Usus Besar ini dikarenakan tumor telah menghalangi usus besar seseorang. Frekuensi BAB seseorang pun akan semakin sedikit. Saat tumor menghalangi usus besar. Orang akan susah untuk BAB.
  • Sembelit merupakan Gejala Kanker Usus Besar juga penyakit Gejala Kanker Usus Besarlainnya. Orang yang terkena sembelit pencernaannya terganggu. Untuk kasus kanker usus, penyabab sembelit adalah tumor yang ada di usus besar sehingga menahan tinja yang akan dikeluarkan. Sembelit akan muncul ketika ukuran tumor sudah besar.
  • Perut terasa penuh. Sembelit akan membuat perut terasa penuh namun tidak bisa dikeluarkan itu juga termasuk dalam Gejala Kanker Usus Besar.
  • Keluar darah saat BAB. Saat Anda BAB disertai dengan adanya darah, Anda patut khawatir dan curiga. Tinja yang disertai darah bisa menjadi Gejala Kanker Usus Besar. Perlu tes yang lebih spesifik apakah darah yang dikeluarkan akibat kanker usus atau wasir.
  • Pencernaan penderita kanker usus besar ketika terkena kanker usus menjadi bermasalah. Banyak yang terkena Gejala Kanker Usus Besar yang ditandai dengan diare terus-menerus.
  • Berat badan menurun. Gejala Kanker Usus Besar ditandai dengan berat badan menurun secara tiba-tiba. Perut yang terasa penuh dan sembelit membuat nafsu makan seseorang menurun. Diare yang terus menerus juga membuat berat badan seseorang menjadi menurun.

 

Gejala Kanker Usus Besar yang harus diwaspadai berupa darah yang keluar dari anus, diare terus menerus tanpa jeda dan sembelit. Jika Anda mengalami hal tersebut sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter sebelum tambah parah dan menjadikan penyakit fatal dalam diri Anda.

Semoga dengan Anda membaca artikel ini, Anda cukup jeli dengan Gejala Kanker Usus Besar yang mungkin Anda atau orang terdekat Anda alami. 🙂

 

Gejala Kanker Usus Besar

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*