Gejala Kanker Tenggorokan dan Jenisnya

Gejala Kanker Tenggorokan dan Jenisnya

Gejala Kanker Tenggorokan- Kanker tenggorokan atau Kanker Tiroid biasanya berkembang pada permukaan mukosa, laring, faring atau mulut. Ciri-ciri yang paling gampang dilihat pada kanker tenggorokan adalah adanya benjolan atau bintil di leher. Gejala kanker tenggorokan yang muncul bervariasi tergantung dari jenis kanker tiroid itu sendiri. Meskipun penyakit ini bisa dibilang jarang, namun ada baiknya kita mengenal gejala-gejala awal kemunculan kanker tiroid.

Gejala Kanker Tenggorokan- Meskipun semua benjolan bukan kanker, tapi benjolan di hidung patut anda waspadai karena merupakan tanda awal gejala kanker tenggorokan. Kanker ini biasanya dimulai dari hidung lalu menyebar ke seluruh tubuh. Kemudian akan terlihat bejolan di dasar leher dan menyebar ke kelenjar getah bening di leher. Jika benjolan berlangsung lebih dari satu minggu maka anda wajib berkonsultasi dengan spesialis. Benjolan ini memang tidak meyakitkan tapi cenderung akan membesar dan menyebabkan kanker tenggorokan.

Gejala kanker tenggorokan berikutnya adalah munculnya perubahan suara atau suara anda menjadi serak. Apabila ini berlangsung lebih dari seminggu maka anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter yang tepat. Ada baiknya anda mencari seorang Otolaryngologist. Otolaryngologist adalah spesialis di bidang kepala dan leher yang dapat mengenali perubahan vokal atau kemunculan kanker. Pemeriksaan dapat dilakukan tanpa banyak rasa sakit. Tidak semua perbahan suara merupakan gejala kanker tenggorokan, tapi tak ada salahnya untuk waspada.

Gejala kanker tenggorokan lainnya adalah sulitnya menelan makanan padat, bahkan dalam kondisi tertentu makanan cair pun sulit tertelan.  Makanan akan menetap pada suatu posisi dikerongkongan dimana pada saat anda berusaha menelan, makanan itu terkadang bisa begerak naik atau turun. Jika kondisi ini berlangsung terus selama seminggu maka anda wajib memeriksakan ke dokter.

Gejala kanker tenggorokan selanjutnya masih dalam ruang lingkup masalah menelan makanan. Ketika ada rasa sakit yang konstan di telinga, ini bisa jadi  tanda ada tumor di tenggorokan. Biasanya gejala ini muncul bersamaan dengan gejala- gejala kanker tenggorokan yang disebutkan diatas. Apabila ini muncul bersamaan: ada rasa sakit di telinga saat menelan dan muncul benjolan di leher maka anda harus segera memeriksakan diri ke dokter spesialis. Bagaimana pun juga mengetahui gejala penyakit  lebih dini lebih baik daripada mengobati ketika sudah terlanjur parah.

gejala kanker tenggorokan dan jenisnya

gejala kanker tenggorokan dan jenisnya

Gejala Kanker Tenggorokan- Jenis kanker tenggorokan

Kanker tenggorokan adalah istilah umum yang berlaku untuk kanker yang berkembang di tenggorokan (kanker faring) atau kotak suara (laring kanker).

1. Kanker nasofaring dimulai pada nasofaring – bagian tenggorokan di belakang hidung. Kanker nasofaring adalah penyakit yang ganas, sel kanker terbentuk dalam jaringan nasofaring. Nasofaring adalah bagian atas dari faring (tenggorokan) di belakang hidung. Faring adalah tabung hampa sekitar 5 inci panjang yang dimulai di belakang hidung dan berakhir di bagian atas trakea (tenggorokan) dan esofagus (tabung yang berlangsung dari tenggorokan ke perut).  Air dan makanan melewati faring dalam perjalanan ketrakea atau esofagus. Lubang hidung mengarah ke nasofaring. Sebuah pembukaan pada setiap sisi nasofaring mengarah ke telinga. Kanker nasofaring paling sering dimulai di sel skuamosa yang melapisi orofaring (bagian tenggorokan di belakang mulut).

2. Kanker oropharyngeal dimulai di orofaring – bagian tenggorokan tepat di belakang mulut yang mencakup amandel. Kanker oropharyngeal, seandainya baru-baru ini anda menemukan gumpalan pucat di dalam mulut anda yang tidak mau hilang, dan tentu saja lain dari biasanya. Apa yang anda alami mungkin sebuah pertanda dari kanker mulut dan tenggorokan yang lebih dikenal dengan sebutan oropharyngeal cancer.

3. Kanker hypopharyngeal (kanker laryngopharyngeal) dimulai di hipofaring (laryngopharynx) – bagian bawah tenggorokan, tepat di atas kerongkongan dan tenggorokan.
Tentang kanker pada laring atau hipofaring
Kanker dapat dimulai pada setiap bagian dari laring atau hipofaring . Kanker terjadi di laring atau hipofaring ketika sel-sel normal berubah dan tumbuh tak terkendali , membentuk suatu massa yang disebut tumor . Tumor bisa jinak ( bukan kanker ) atau ganas ( kanker , yang berarti dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh ) .

4. Kanker glotis dimulai pada pita suara.
5. Kanker supraglotis dimulai di bagian atas laring dan termasuk kanker yang mempengaruhi epiglotis,    yang merupakan bagian dari tulang rawan yang menghalangi makanan dari masuk ke tenggorokan.
6. Kanker subglottic dimulai di bagian bawah kotak suara, di bawah pita suara.

Gejala Kanker Tenggorokan- Kanker tenggorokan adalah jenis kanker yang umum terjadi saat ini. Bahkan baru-baru ini, bintang film kawakan Hollywood Michael Douglas membuat pernyataan mengejutkan yang mengatakan bahwa penyakit kanker tenggorokan yang dideritanya akibat oral seks.

Gejala Kanker Tenggorokan dan Jenisnya

 

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*